Rabu, 12 Desember 2012

Moh.Firman.hadi_JNR1B_Kepemimpinan_Tugas5

 
 
Judul Penelitian :
"Menganalisis Kepemimpinan Drs. KH. M Sobron Zayyan MA ketua Ponpes Al- Qur'aniyyah "

Peneliti :
Nama   : Mohamad Firman Hadi
NIM    : 1112051100038
 
        I.         I . Latar Belakang
 
Seiring berjalannya waktu dan perubahan zaman, sosok seorang pemimpin yang ideal sulit sekali ditemui, akan tetapi itu tidak menutup kemungkinan adanya pemimpin yang ideal diabad ini. Kita dapat melihat dari berbagai definisi tentang kepemimpinan yang tumbuh dan berkembang menjadi sebuah ilmu kepempinan yang tertuang kedalam berbagai literature dengan berbagai sudut pandang dan perspektifnya.
        Untuk menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah butuh perjuangan yang keras hingga dia dapat dikatakan seorang pemimpin karena disini dia adalah sebagai ujung tombak dari perubahan sosial.Masyarakat  cenderung mendefinisikan seorang pemimipin yang ideal harus mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi, Integritas, dan intensitas.
 Menurut Kartono, Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya disatu bidang, sehingga ia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas tertentu demi pencapaian tujuan.
Menurut Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan, Pemimpin adalah seseorang dengan wewenang kepemimpinannya mengarahkan bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari pekerjaannya dalam mencapai tujuan.
Menurut Robert Tanembaum, Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasikan, mengarahkan, mengontrol para bawahan yang bertanggung jawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi demi mencapai tujuan perusahaan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Pemimpin yaitu seorang yang memiliki kelebihan, sehingga dia mempunya kekuasaan dan kewibawaan untuk mengarahkan dan membimbing bawahannya, sehingga dapat mengarahkan mereka ke arah pencapaian tujuan yang telah disepakati. Pemimpin menciptakan suatu perubahan yang paling efektif dalam penampilan kelompoknya. Pemimpin merupakan orang yang menempati peranan sentral atau posisi dominan dan pengaruh dalam suatu kelompok. Dengan demikian inti dari pengertian pemimpin adalah peranan kunci, dominasi serta pengaruh.
      II.            I I . Pertanyaan Pokok
Bagaimana pola kepemimpinan yang diterapkan oleh Drs. KH. M Sobron Zayyan MA serta bagaimana peran dalam organisasi masyarakat?
 
    III.         I I I .    Metode Penelitian
Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan berdiskusi dan menggali berbagai informasi serta pengetahuan dari sosok kepemimpinan beliau. Penelitian yang dilakukan dengan cara wawancara dan mencari informasi lewat internet yang pada:
Lokasi Penelitian         : PONPES AL-QUR'ANIYYAH
                                       Jl. Panti Asuhan,Kp.Ceger-JurtimNo 16,Rt 03/12-Pd.Aren-TangSel-Banten
Waktu                         :Selasa, 11 Desember 2012 ( pukul 13.30 s/d  14.30 WIB).
 
    IV.         I V .    Gambaran Subjek Penelitian
Drs. KH. M Sobron Zayyan MA adalah sesosok pemimpin yang sangat di hormati dan disegani baik didalam keluarga maupun dimasyarakat. Beliau merupakan pemimpin sekaligus pengasuh Ponpes Al Qur-aniyah yang terletak di Pondok Aren Tangerang Selatan. Dalam kepemimpinannya dipesantren beliau sangat dikagumi baik oleh santrinya maupun anggota pengurus pesantren, sebagai pemimpin beliau sering dijadikan panutan dan teladan bagi semua santrinya.
Sejak beliau masih berusia 4 tahun ayahnya telah meninggal. Usai menuntut ilmu hingga tingkat SLTA beliau mengasah kemampuan seni membaca Al-Qurannya yang dikombinasikan dengan tajwid, makhroj dan naghom. Guna meningkatkan karir qori dan ilmu keagamaan, beliau belajar ke Ustadz Muhassar Barran, Ust Abdullah, H M Nasir, KH Husein Husin Ulujami, Drs KH Moh Ali Ulujami Jaksel, KH Muhsin Salim MA dan lainnya.
Selain menjadi pemimpin pesantren kegiatan beliau lainnya yaitu berdakwah ke masjid-masjid  dan mengisi berbagai acara yang bertema kan islam. Beliau bercita-cita pesantren yang dibangun dengan keringat dan semangat , dan dukungan dari seua pihak yang turut serta mendirikan pesantren ini dapat menjadi sebuah pesantren yang nantinya punya nama besar, berkwalitas tinggi serta berkapasitas layaknya Pondok Pesantren Modern Darus Salam Gontor Ponorogo Madiun Jatim yang kesohor sejak lama itu. "Teman-teman dan saya di Yayasan Pendidikan Islam al Qur-aniyah ingin gema dan pengaruh Yayasan Pendidikan Islam Ponpes Al Qur-aniyah mampu membahana ke seantero wilayah NKRI" ucap beliau.
 
V.      Analisis
Drs. KH. M Sobron Zayyan MA adalah seorang inspirator dan juga motivator yang menjadi panutan bagi masyarakat , Pola kepemimpinan yang beliau terapkan kepada santri dan masyarakat sekitar bisa dapat diterima dengan baik karena beliau menggunakan pendekatan-pendekatan religious yang  cocok dengan demografi penduduk yang erat dengan suasana keislaman.
Selain itu metode yang beliau terapkan bisa diterima oleh masyarakat karena pengaplikasian dan modelmya yang sederhana dan tentunya membuat masyarakat bisa memahami apa yang beliau kehendaki serta tujuan yang ingin di capai oleh seorang Drs. KH. M Sobron Zayyan MA. Awalnya pola kepemimpinan yang beliau terapan tidak begitu saja dapat diterima oleh masyarakat sekitar dengan cepat, karena mengubah idiologi dan pemikiran masyarakat yang sudah mendarah daging seperti kebiasaan-kebiasaan yang dibawa sejak lahir membutuhkan waktu yang cukup lama, perjuangan yang keras dan juga konsistensi yang kuat.
Namun Secara perlahan tapi pasti beliau menerapkan pola kepemimpinan melalui media yang sangat mudah dipahami masyarakat salah satunya melalui media dakwah  dengan memimpin ketika ada acara-acara besar yang berkaitan dengan islam saat itulah beliau menerapkan idiologinya, sehingga  secara tidak langsung beliau mempengaruhi masyarakat untuk mengikuti jalan pemikiran yang beliau ingin kehendaki. Setelah mendapat kepercayaan dari masyarakat sekitar sedikit demi sedikit beliau mengubah kebiasaan masyarakat yang tidak benar yang secara tidak langsung mengarah kepada hal yang tidak baik dan selanjutnya menyadarkan serta memberikan pengertian agar menjauhi hal tersebut.
 
 VI.            Daftar Pustaka
 
Sumber Internet :
-www.google.com
-www.wikipedia.com              
Narasumber :
-Drs.KH M Sobron Zayyan,MA - KetuaYayasan Pondok Pesantren AL-Qur'aniyyah
-H M Romli Muslim,S.Pdi - Kabid Kesantrian Pon-Pes AL-Qur'aniyyah
-Buku Panduan Pondok Pesantren AL-Qur'aniyyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini