Senin, 29 September 2014

Putra akbar_tugas_kpi5D

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android
Putra akbar alkautsar
1112051000106
KPI5D

ETIKA TERAPAN
Etika terapan adalah studi etika yang focus pada aspek aplikatif atas dasar teori etika atau norma yang ada. Etika terapan muncul karena perkembangan pesat etika dan kemajuan ilmu lainnya. Etika terapan bersifat praktis karena memperhatikan sisi kegunaan dari penerapan teori dan norma etika perilaku manusia.
A.BIDANG GARAPAN BAGI ETIKA TERAPAN
1. dua wilayah besar yang disoroti etika terapan
Wilayah profesi dan wilayah masalah adalah 2 wilayah yang disoroti dalam etika terapan. Etika kedokteran, etika politik, etika bisnis, dsb. Merupakan wilayah profesi. Penggunaan tenaga nuklir, pembuatan, pemilikan, penggunaan sanjata nuklir, diskriminasi ras merupakan wilayah masalah.
2. pembagian ke dalam makroetika dan mikroetika
Makroetika membahas masalah-masalah moral pada skala besar. Dan mikroetika membicarakan pertanyaan-pertanyaan etis dimana individu terlibat, seperti kewajiban dokter kepada pasiennya. Kadang diantara makroetika dan mikroetika ada lagi jenis etika terapan yang ketiga disebut mesoetika (messo=madya) yang menyorot masalah-masalah etis yang berkaitan dengan suatu kelompok atau profesi.
3. pembagian ke dalam etika individual dan etika social
Etika individual membahas kewajiban manusia terhadap dirinya sendiri, sedangkan etika social membahas kewajiban manusia sebagai anggota masyarakat.

B.PENDEKATAN ETIKA TERAPAN
1. pendekatan multidisipliner
Pendekatan multidisipliner adalah usaha pembahasan tentang tema yang sama oleh berbagai ilmu. Sehingga ilmu itu memeberikan sumbangannya yang satu disamping yang lain.
2. pendekatan kasuistik
Pendekatan kasuistik adalah usaha memecahkan kasus-kasus konkrit dibidang moral dengan menerapkan prinsip-prinsip etika umum.
C. METODE ETIKA TERAPAN
Sikap awal
Informasi
Norma-norma moral
Logika
Keempta unsur yang tadi: sikap awal, informasi, norma-norma moral dan logika merupakan unsure paling penting yang membentuk Erika terapan. Dengan cara demikian etika terapan dapat membantu untuk mengangkat pertimbangan dan keputusan moral kita dari subyektif ke obyektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini