Rabu, 25 Maret 2015

Life History

Nama              : Rizka Hayatun Nisa

NIM                : 1112052000026

Jurusan          : Bimbingan dan Penyuluhan Islam/6

Matakuliah    : Metodologi Penelitian Kualitatif

 

TUGAS LIFE HISTORY

Kali ini saya akan berbagi mengenai life history dari seorang perempuan tangguh bernama lengkap Ade Fitrah Khaeriyani. Dilahirkan di sebuah desa kecil, Desa Mekarbakti, pada tanggal 28 Agustus 1979, dari pasangan Cecep Idris dan Maesaroh. Ade, biasa beliau dipanggil, merupakan anak ke-2 dari 8 bersaudara. Saat ini beliau telah menikah dan dikaruniai 2 orang anak perempuan bernama Alysa (5 tahun) dan Alifah (2 tahun).

            Mengawali pendidikan di sebuah Madrasah Ibtidaiyah (MI) swasta kecil bernama Fathus-Shibyan, letaknya di daerah Peusar tepat di antara 2 Sekolah Dasar Negeri Peusar.  Semenjak anak-anak, Ade merupakan anak yang pandai. Kemudian selepas dari MI, beliau melanjutkan sekolah ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta Almuawanah di daerah Curug, Kabupaten Tangerang. Selama sekolah di mts, Ade tinggal bersama bibinya yang bernama Aam. Prestasi Ade cukup membanggakan selama menjadi siswi di MTs Almuawanah sehingga berkat prestasi belajarnya yang gemilang itu membuatnya dipecaya oleh kedua orang tuanya untuk kemudian melanjutkan pendidikan ke sebuah Pondok Pesantren bernama Daarul Ihsan di daerah Pandeglang selama 4 tahun. Tidak sia-sia, di pondoknya Ade aktif mengikuti kegiatan sehingga ketika lulus, beliau telah mampu mengabdi pada masyarakat dengan cara membantu mengajar di MI Al-Islamiyyah Mekarbakti. Tidak lama setelah mengabdikan diri di Madrasah, beliau mendapat rezeki untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dengan mengambil jurusan PGSD jenjang D3. Ternyata perjalanannya menempuh pendidikan di bangku kuliah tak terlalu berjalan mulus, keadaan ekonomi keluarga Ade tidak stabil, apalagi adik-adiknya yang masih kecil pun membutuhkan biaya sekolah sehingga Ade harus bekerja sambilan sebagai pengajar ngaji privat di perumahan yang terletak di samping perkampungan tempat tinggal beliau. Berbekal pengetahuan agama yang cukup luas dari pondok pesantren menjadikan Ade dipercaya oleh banyak warga perumahan sehingga beliau mampu membantu perekonomian keluarga dan berhasil menamatkan pendidikannya,  meraih gelar S. Pd.

            Selang beberapa tahun pasca kelulusannya dari universitas, Ade mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil. Berkat usaha dan doa dari kedua orang tua, Ade berhasil lolos dari tes tersebut dan menjadikannya seorang Pegawai Negeri Sipil, mengalahkan ratusan orang lainnya dalam tes.

            Saat ini Ade tinggal di sebuah rumah yang terletak di perumahan Mulya Asri II, daerah Cikupa, Kabupaten Tangerang. Sedangkan pekerjaannya adalah Pegawai Negeri Sipil yang ditugaskan di Sekolah Menengah Pertama Miftahul Jannah, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini