Selasa, 08 September 2015

Eka sugiarti_KPI 1B_Pengantar Sosiologi_Tugas 1

PENGANTAR SOSIOLOGI

 

1.      Pengertian Sosiologi

 

Apa itu sosiologi? Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatiannya pada pemahaman interpretif atas tindakan sosial dan pada penjelasan kausal atas proses dan konsekuensi tindakan tersebut.

 

2.      Tokoh-Tokoh Utama Sosiologi

 

·         Abdul RahmanIbnuKhaldun

     Biografi           : Ibnu khladun lahir di Tunisia, Afrika Utara, 27 Mei 1332   (Faghirzadeh, 1982). Ia mengabdi kepada Sultan Tunisia, Maroko, Spanyol dan      Aljazair sebagai duta besar, penghulu kerajaan dan anggota dewan cendekiawan.        Ia mengabiskan waktu selama dua tahun di penjara Maroko karena keyakinannya bahwa penguasa nergara bukanlah pemimpin agama. Ia kembali            ke Afrika Utara dan menulis secara intensif secara 5 tahun. Karya yang         dihasilkan dalam kurun waktu tersebut melambungkan namanya dan      membawanya menjadi dosen di pusat studi islam, Masjid Universitas Al-Azhar      di Kairo.

 

·         Auguste Comte

     Biografi           : Augus Comte lahir di Montpelier, Prancis, pada                              tanggal19 Januari 1798 (Pickering, 1993: 7).         .Pada tahun 1817 ia menjadi   serketaris  (dan"anakangkat"  [Manuel, 1962:251]) Claude Henri Saint-Simon,          seorang filsuf yang empat puluh tahun lebih tua dari Comte. Pada tahun 1826,      Comte mengolah satu skema yang akan digunakannya untuk menyampaikan          serangkaian 72 kuliah umum tentang filsafatnya. Comte mendapatkan posisi   minor sebagai asisten pengajar pada tahun 1832. Tahun 1837, Comte         mendapatkanposisi tambahan sebagai penguji ujian masuk, danuntuk pertama         kalinya, ini memberikannya pendapatan yangmemadai.Selama kurun waktu            tersebut, Comte mengerjakan 6 jilid karya yang melambungkan namanya, Cours      de Philosophie Positive yang secara keseluruhan terbit pada tahun 1842 (jilid          pertama terbit tahun 1830). Tahun 1851, Ia menyelesaikan 4 jilid buku Systeme     de politique positive yang lebih bertujuan praktis, dan menawarkan rencana             reorganisasi masyarakat.

 

·         Karl Mark

     Biografi           :Karl Mark lahir di Trier, Prussia, pada tanggal 5 Mei 1818. Tahun 1841, Mark memperoleh gelar doctor filsafatnya di Universitas Berlin.     Setelah lulus ia menjadi penulis di koran radikal-liberal dan dalam kurun waktu          sepuluh bulan menjadi editor kepala. Setelah  Koran itu ditutup oleh pemerintah,   ia menikah lalu pindah meninggalkan Jerman. Mark menulis The Economic and   Philosophic Manuscripts of 1844, yang memayungi perhatiannya yang semakin      meningkat ke ranah ekonomi. Tahun 1845, ia diminta menulis satu dokumen       yang memaparkan tujuan dan kepercayaannya. Hasilnya adalah Communist            Manifesto yang terbit tahun1848. Tahun 1852 ia mulai studi terkenalnya tentang kondisi kerja yang kapitalisme di British Museum. Studi ini menghasilkan 3 jilid   Capit,l, jilid pertama terbit tahun 1867 dua jilid lainnya terbit setelah Mark         meninggal dunia. Mark wafat pada tanggal 14 Maret 1883.

 

·         Robert Park

     Biografi           : Park lahir di Harveyville, Pennsylvania pada tanggal 14      Februari 1864. Ketika lulus dari Universitas, ia berkarir sebagai sebagai    wartawan. Ia menulis tentang kehidupan kota secara terperinci. Setahap demi         setahap Park mendapatkan pekerjaan tetap di Chicago.

 

·         Immanuel Wallerstein

     Biografi           : Immanuel lahir pada tanggal 28 September 1930. Tahun 1960-      an ia memperoleh pengakuan sebagai ahli Afrika, sumbangsih terpentingnya         bagi sosiologi adalah buku The Modern World-System (1974) dan sudah             diterjemahkan kedalam 10 bahasa. Ia mendapat penghargaan Prestisius Sorokin      Award atas jilid pertama buku The Modern World-System pada tahun 1975.

 

3.      Teori – Teori Besar Sosiologi

 

·         Teori fungsionalisme structural

Parsons memproduksi pernyataan-pernyataan utamanya yang jelas merefleksikan peralihannya dari teori tindakan kepada funsionalisme structural. Fungsionalisme structural meraih hegemoni dalam bidang sosiologi.

 

·         Teori Marxian

Teori Marxian tidak terlalu diperhatikan oleh para sosiolog utama, ada pengecualian dan yang paling menonjol adalah C. Wright Mills (1916-1962) mills menerbitkan 2 karya utama yang merefleksikan Politik radikil sekaligus kelemahannya dalam teori Marxian.

 

·         Teori Konflik

Teori ini tidak memiliki apa yang justru banyak dibutuhkan-basis yang memadai pada teori Marxian. Pada akhirnya teori ini gagal karena tidak melangkah cukup jauh kea rah teori Marxian. Namun tori konflik membantu dalam membangun awal diterimannya pendekatan pada akhir tahun 1960-an.

 

 

Daftar pustaka

 

Ritzer, George & J. Goodman, Douglas. 2010. Teori Sosiologi Modern, Edisi Ke-6. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini