Senin, 08 Oktober 2012

MAX WEBER.GIOVANNI.(KPI 1/E).TUGAS KE-5

MAX WEBER
OLEH: GIOVANNI (KPI 1/E)
TUGAS KE – 5
 
 
 
A.   TINDAKAN SOSIAL
 
Menurut Weber, sosiologi mula-mula adalah ilmu tentang tindakan social. Weber menolak determinasi seperti yang dikemukakan oleh Marx dan Durkheim yang mengurung manusia dalam sebuah jaing paksaansosial yang tidak disadari. Ia menganggap bahwa paksaan bersifat relative.
 Weber meyakini bahwa masyarakat adalah produk dari tindakan individu-individuyang berbuat dalam kerangka fungsi nilai, motif, dan kalkulasi rasional. Jadi, menjelaskan tentang social berarti harus menyadari cara manusia mengorientasikan tindakannya. Langkah ini disebut dengan sosiologi "komprehensif".  Menurut Weber sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dengan cara melakukan interprestasi atas aktivitas social.
 
B.   RASIONALISASI
 
Weber menganggap bahwa dalam rasionalisasi aktivitas manusia ada ciri-ciri yang dominan pada masyarakat modern. Seluruh bidang aktivitas social terbebas dari dominasi tradisidan mengikuti logikanya sendiri.
Weber menjelaskan tiga tipe besar aktivitas manusia, yaitu:
·         Tindakan tradisional yang terkait dengan adat-istiadat. Aktivitas sehari-hari seperti makan dengan mengunakan garpu atau cara memberi salam kepada teman  merupakan tindakan tradisional.
·         Tindakan afektif yang digerakkan oleh nafsu. Para rentenir dan penjudi betindak pada level ini.
·         Tindaka rasional yang merupakan alat, ditujukan ke arah nilai atau tujuan yang bermanfaat pada kesesuaian antara tujuan dengan cara. Strategi termasuk dalam kategori ini. Strategi ini bersifat rasional dalam hal penyesuaian efektivitas tindakan yang lebih baikdan diarahkan ke tujuan materiil atau diorientasikan lewat nilai-nilai.
Weber menegaskan bahwa, "jarang sekali aktivitas terutama aktivitas social yang hanya berorientasi pada salah satu jenis aktivitas saja (…). Jenis-jenis aktivitas itu hanya berupa tipe-tipe murni yang dibangun untuk tujuan riset sosiologi. Aktivitas riil itu kurang lebih sebanding dan –lebih sering- berkombinasi. Produktivitas, menurut hemat saya, menyebabkan munculnya kebutuhan untuk membangun."
 
 
C.   SUMBER
 
·         Sosiologi Sejarah dan Berbagai Pemikirannya,Anthhony Giddens,Daniel Bell&Michael Forse
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini