Kamis, 17 September 2015

Selsa Sandhika erasta (kpi1)-11150510000045-tugas2

Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

 

·         Definisi Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial

 

-          Komunitas

 

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu didalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, prefensi kebutuhan, resiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari kata Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak".

 

-          Organisasi

 

Istilah Organisasi berasal dari bahasa Latin organizare, yang secara harifiah berarti panduan dari bagian-bagian yang satu sama lainnya saling bergantung.

Karl weick (pelopor pendekatan system informasi) menganggap struktur hararkhi, garis rantai komando komunikasi,prosedur operasi standar merupakan musuh dari inovasi. Ia melihat organisasi sebagai kehidupan organis yang harus terus menerus beradaptasi kepada suatu perubahan lingkungan dalam orde untuk mempertahankan hidup.

 

-          Kelompok Sosial

 

Kelompok sosial secara istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Menurut Wila Hungky (1982) bahwa kelompok merupakan suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih, saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

 

·         Perbedaan dan Persamaan Komunitas, Organisasi, Kelompok Sosial

 

-          Perbedaan

 

Komunitas : adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya.

 

Organisasi : adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.

 

Kelompok  Sosial: adalah merupakan sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda atau barang, hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu.

 

 

-          Persamaan

 

Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial memiliki persamaan yaitu

orang-orang yang berkumpul untuk tujuan yang sama dan melakukan hal baik untuk kepentingan bersama.

 

·         Contoh dalam kehidupan sehari-hari

 

-          Komunitas: Komunitas Vespa, Komunitas Skateboard, Komunitas Seni

 

-          Organisasi: Organisasi Osis, Organisasi Karang Taruna, Organisasi Pengajian

 

-          Kelompok Sosial: Kelompok Sosial Arisan Ibu-ibu, Kelompok Sosial Peduli Bersama, Kelompok Sosial Pecinta Ular

 

 

Sumber:

 

1.      Stephanie Coontz, the way we never were

2.      Em Giffin,2003, A First Look at Communication Theory,McGrraw-Hill Companies

3.      Abdulsyani, diterbitkan oleh PT Bumi Aksara, cetakan ke dua, November 2002

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini