Sabtu, 19 September 2015

Definisi konflik sosial & perebutan sumber daya

KONFLIK SOSIAL DAN PEREBUTAN SUMBER DAYA

 

Apa itu konflik social ? konflik social adalah suatu interaksi social yang dimana adanya keadaan antara satu pihak dengan pihak lain di dalam masyarakat yang ditandai dengan adanya sikap saling mengancam,menekan,atau adanya keinginan untuk menjatuhkan pihak lain yang pada akhirnya bisa menimbulkan kekerasan. Lalu apa saja faktor terjadinya konflik social ?

·         Adanya rasa saling ketergantungan antara pihak satu dengan pihak lainnya, yang tentu saja dapat menimbulkan konflik karena salah satu pihak merasa menjadi tempat bergantung pihak lain.

·         Perbedaan tujuan,adanya perbedaan tujuan tentu saja menimbulkan berbagai tabrakan tujuan yang sudah pasti menimbulkan gesekan-gesekan konflik.

·         Perbedaan pendapat atau presepsi yang sudah pasti berbeda pada setiap orang pada suatu masalah pasti akan menimbulkan suatu konflik.

 

Ada beberapa pandangan mengenai konflik,yakni :

·         Pandangan tradisional yang menyatakan bahwa konflik harus dihindari karena bias merusak hubungan kekeluargaan

·         Pandangan hubungan kemanusiaan yang menyatakan bahwa konflik pasti terjadi,karena itu bagian dari alamiah kemanusiaan.

·         Pandangan interaksionis  yang menyatakan bahwa konflik diperlukan untuk memberi kinerja positive dalam suatu kelompok.

 

Macam-macam konflik dalam hal (dengan siapa)  :

·         Konflik intraindividu : konflik yang dialami oleh dan dengan diri sendiri. Apa contohnya ? seperti saat kita bingung dalam memilih baju mana yang akan kita beli atau saat kita kecewa pada diri sendiri.

·         Konflik antarindividu : konflik yang terjadi antar satu individu dengan individu lain karena perbedaan tujuan atau pendapat. Apa contohnya ? seperti kelompok belajar yang saling menjatuhkan karena kelompok belajar yang satunya merasa bahwa kelompok belajar mereka menjiplak tugasnya.

·         Konflik antara organisasi : konflik yang terjadi antar satu staff di sebuah organisasi dengan staff lain. Apa contohnya ? konflik yang terjadi antara bagian pemasaran dengan bagian produksi,yang dimana misalnya pemasaran kurang bekerja dengan baik sehingga bagian produksi menurunkan tingkat produk yang akan dipasarkannya.

 

Macam-macam konflik yang ditinjau dari segi materi atau sumber masalahnya :

·         Konflik tujuan : adanya perbedaan tujuan,ntah antar individu , kelompok, ataupun antar organisasi.

·         Konflik peranan : karena setiap orang berperan lebih dari satu,yang kemungkinan bias bertabrakan dengan peran orang lain yang berbeda.

·         Konflik nilai : adalah konflik yang terjadi karena apa yang ia perbuat tidak sesuatu dengan nilai ataupun norma yang ada.

·         Konflik kebijakan : konflik ini timbul karena suatu individu atau kelompok tidak sependapat dengan kebijakan yang telah di tetapkan oleh sebuah organisasi.

 

Konflik juga menimbulkan 2 efek, yaitu :

1.      Mengintegrasikan (menyatukan), mengapa ? karena sesudah konfluik berakhir,ada beberapa yang justru malah saling memahami "bagaimana seharusnya peran saya" yang bias saling mengintropeksi diri dan menimbulkan kerukunan dengan pihak lain.

2.      Mengdisintegrasikan (memisahkan), mengapa ? karena,tidak sedikit pula yang sesudah konflik tetap pada ego nya dan malah memilih untuk tetap saling bersaing secara tidak sehat.

 

Apa itu perebutan sumberdaya ?

Perebutan sumber daya adalah kondisi dimana hampir setiap lapisan memiliki rasa ketamakan untuk menguasai sumberdaya ntah itu alam ataupun non alam dengan cara saling bersaing atau menjatuhkan pihak lain. Perebutan sumber daya,bisa terjadi antar individu dengan individu,kelompok dengan kelompok,ataupun organisasi antar organisasi, bahkan antar Negara sekalipun. Seperti contoh perebutan wilayah pulau-pulau yang berada di Indonesia yang di klaim oleh Malaysia yang tentu saja ini masuk pada contoh kasus perebutan sumberdaya. Perebutan sumber daya tentu sangat erat hubungannya dengan konflik social, mengapa ? karena kosakata "perebutan" termasuk definisi dari konflik.

sumber : www.kokaino.wordpress.com (mengenai pandangan konflik)
               buku catatan Sosiologi pada saat kelas 2 Sma

 catatan : pak,saya mengenai perebutan sumberdaya belom menemukan seperti apa spesifiknya,maka dari itu ini hanya sekedar pemikiran saya saja.

nama : Nadya Hendriyan Putri (11150510000158)
Jurnalistik 1A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini