Senin, 05 Mei 2014

EDI FIRDIANSYAH_TUGAS 5_PERBAIKAN PENELITIAN

TEMA : REVOLUSI  KOMPOR GAS DI LINGKUNGAN WARGA CINANGKA SAWANGAN DEPOK
A. Latar Belakang
Revolusiadalah perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Di dalam revolusi, perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan. Ukuran kecepatan suatu perubahan sebenarnya relatif karena revolusi pun dapat memakan waktu lama

Semakin zaman berkembang menjadi moderen kini masarakat mulai melakukan revolusi kompor yang awalnya menggunakan kompor minyak tanah sekarang menggunakan kompor gas khususnya ywarga yang berada di lingkungan cinangka sawangan depok
Olehkarna itu dengan melakukan penelitian lapangan ini kami dapat mengetahui mengapa warga khususnya di sekitar lingkungan cinangka sawangan depok melakukan revolusi kompor gas.
B.PERTANYAAN
1.Mengapa anda mengganti kompor minyak dengan kompor gas ?
2.Apa anda masih menggunakan kompor minyak ketika kompor gas sudah ada ?
C. METODE PENELITIAN

Metode Kualitatif 
Didalam metode kuantitatif ini mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang diperoleh. Metode ini dipakai apabila data hasil penelitian tidak dapat diukur dengan angka atau dengan ukuran lain yang bersifat eksak. 



D. AREA RISET

Penelitian dilaksanakan di sekitar wilayah jl masjid cinangka ,sawangan-depok, melalui wancara dengan seorangwarga, pada tanggal 26 april  2014



E. TEORI SOSIOLOGI

Penelitian ini menggunakan teori fakta sosial EMILE DURKHEM







F.Hasil Penelitian

Penelitian yang dilakukan ini berdasarkan dengan temarevolusi kompor gas, yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Saya menemui seorang warga yang tinggal di daerah cinangka khususnya di jl masjid RT 03 RW 09, beliau salah satu warga yang melakukan perubahan kompor minyak menjadi kompor gas.
mengapa anda mengganti kompor minyak dengan kompor gas  ?
jawab :awalnya  memang  saya menggunakan kompor minyak, karna dengan ke adaan ekonomi saya yang belum mampu untuk membeli kompor gas dan saya takut menggunakan kompor gas karna  takut  terjadi keledakan  yang sering sekali kejadian  , akan tetapi , semakan lama saya merasa sulit untuk mendapatkan minyak tanah tersebut dan semakin mahal harga minyak tanah. Akhirnya saya mengganti kompor minyak dengan kompor gas karna menurut saya lebih simpel menggunakan kompor gas tidak sulit mencari gas nya hanya harganya saja yang mahal , tetapi lebih baik saya menggunakan kompor gas daripada kompor minyak yang sulit di cari dan semakin mahal harga minyak tanahnya .
Apa anda masih menggunakan kompor minyak ketika kompor gas sudah ada ?
Jawab : semakin sulit mencari minyak tanah dan semakin mahal harganya , saya tidak menggunakan kompor minyak lagi , sekarang sudah memakai kompor gas.







PROFIL NARASUMBER
NAMA                : ELA NURLAILA
UMUR                 : 48 TAHUN
PEKERJAAN     : IBU RUMAH TANGGA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini