Senin, 05 Mei 2014

Sarah Amalia Kusnendar_tugas6_laporanpenelitian

PENGARUH SINETRON TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL REMAJA
1. Latar belakang
   Masa remaja adalah masa pencarian jati diri, masa dimana seseorang ingin menjadi dirinya sendiri, mencari apa arti hidup , mencontoh banyak hal untuk menemukan siapa dirinya, di masa remaja ini juga banyak sekali permasalahan yang muncul yang di akibatkan oleh faktor lingkungan, ekonomi, dan faktor lainnya. Banyak peran yang terlibat dalam perkembangan seorang remaja, seperti orang tua, keluarga, guru hingga teman sepermainan. Dewasa ini banyak permasalahan tumbuh di kalangan remaja seperti kekerasan remaja, pergaulan bebas hingga melunturnya moral remaja. Televisi atau sinetron khususnya menjadi salah satu sebab dan alasan merosotnya moral remaja, karena tayangan di sinetron saat ini membuat remaja mengikuti trend dan mode yang ada di televisi, oleh sebab itu sinetron menjadi salah satu penyebab merosotnya moral remaja.

2. Teori riset lapangan
  Teori yang di gunakan adalah teori emile durkheim karena subjek penelitian adalah kelompok remaja, selain itu metode yg di gunakan adalah observasi dan wawancara.
3. Pertanyaan penelitian
  A. Apakah seorang anak yang suka menonton sinetron akan menimbulkan efek yang tidak baik?
  B. Bagaimana mengatasi dampak yg kurang baik dari sinetron terhadap moral remaja?
4. Metode
Karena cara pengumpulan data dengan interview sehingga metode yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan cara menganalisa hasil dari jawaban responden, metode kualitatif ini juga menggunakan lingkungan sebagai sumberdata, data yang di peroleh adakah data yang seperti hasil pengamatan, penarikan kesimpulan menggunakan induktif yang di mulai dari observasi lapangan, interview, analisa hingga pada penarikan kesimpulan.
5. Area riset
area riset yang di ambil untuk memperoleh data adalah remaja lingkungan ragajaya citayam, serta ada beberapa data yang di peroleh dari pertanyaan yang di ajukan kepada responden remaja melalui pesan teks.
6 subjek
subjek remaja yang berusia 13 hingga 18 tahun yang biasa menonton sinetron setiap harinya.
7. Pertanyaan lapangan.
       1. Apa anda menyukai sinetron?
       2. Kenapa anda menyukai sinetron?
       3. Seberapa sering menonton sinetron?
       4. Apa hal yang anda ambil setelah menonton sinetron?
8. Profil dan jawaban nara sumber.
1. Indah amallia, 18 tahun
Saya suka menonton sinetron karena ceritanya seru, dan artisnya yg ganteng-ganteng, kira-kira seminggu 4 kali menonton sinetron nilai yang saya ambil dari sinetron terkadang membuat saya tertegun dan ikut merasakan dan meniru apa yg ada di sinetrom
2. Finka salsabila,15 tahun
saya suka menonton sinetron karna ceritanya seru , saya menonton sinetron hampir setiap hari, artisnya mempesona dan buat saya suka, saya suka mengikuti gaya artis di sinetron.
3. Mutiara ababil zahra, 13 tahun
saya suka menonton sinetron, saya suka ceritanya dan artisnya yang cantik dan ganteng, saya menontom sinetron hampir setiap hari, saya sering meniru gaya arti pada sinetron tersebut?
4. Gina khairunnisa,14 tahun
saya suka menonton sinetron, saya suka ceritanya saya menonton sinetron karna melihat artisnya , saya menonton sinetron setiap hari, saya sering mengikuti gaya dan tingkah laku artis dalam sinetron.
kesimpulan
remaja saat ini memang sangat menyukai sinetron bahkan mereka menonton sinetrom setiap hari, terutama pada remaja yang berusia 12 - 15 tahun mereka sangat menyukai sinetron, bahkam mereka menonton sinetron setiap hari, mereka cenderung tidak bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk serta mana yang harus di contoh dan yang tidak boleh di contoh oleh karena itu sinetron sangat berpengaruh terhadap perkembangan moral remaja,sinetron yang mengajarkan hidup remaja pada foya-foya, membiasakan kekerasan, melupakan agama akan di contoh oleh para remaja yanh menontonnya karna remaja sedang mencari jati diri dan belum bisa menyaring yang bisa di contoh dan yang tidak bisa di contoh. Karena itu sebagak orang tua sebaiknya mendampingi remaja saat menontom sinetron agar mereka tahu mana hal yang boleh di contoh dan yang tidak boleh di contoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini