Minggu, 12 Oktober 2014

Arif Rahman Hadi_PMI 5_TUGAS INDIVIDU

DEMOGRAFI

STATUS SOSIAL EKONOMI DAN FERTILITAS

 

 

 

Disusun oleh   :

Arif Rahman Hadi (1112054000026)

 

 

Dosen Pembimbing     :

Dr. Tantan Hermansyah

 

 

 

 

Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Jakarta

20114

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Penduduk dunia mengalami perubahan yang sangat drastis selama dua dasawarsa terakhir ini. Perubahan itu terjadi sebagai hasil upaya pembangunan setiap negara dalam meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Namun, peningkatan kesejahteraan setiap negara tidak merata antara negara sedang berkembang dengan negara-negara maju. Dengan arti kata, negara sedang berkembang tetap masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara maju. Masalah utama yang dihadapi oleh negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia tidak hanya masalah ekonomi yang terbelenggu dalam tatanan lingkungan ekonomi dunia yang cenderung merugikan. Sebagian besar negara sedang berkembang juga mengalami permasalahan pertumbuhan penduduk yang sangat cepat. Secara bersamaan, dalam dua dasawarsa terakhir ini pula telah terjadi perubahan ciri-ciri demografis penduduk dunia, antara lain berupa penambahan jumlah, perubahan struktur dan komposisi penduduk. Pelonjakan jumlah penduduk yang terjadi pada saat ini disebabkan penurunan angka mortalitas lebih awal dan lebih cepat dibanding fertilitas (relatif stabil). Artinya, angka fertilitas tetap mengalami peningkatan walaupun berfluktuasi di beberapa negara berkembang dan sosialis. Kondisi kependudukan yang demikian akan mempengaruhi pengembangan sumber daya manusia terutama dalam mengintrodusir program-program pembangunan melalui pemanfaatan paradigmaparadigma baru untuk memaksimalkan usaha-usaha peningkatan mutu sumber daya manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

KERANGKA TEORI DAN PENDEKATAN

A.    Teori Kependudukan

Teori kependudukan dibagi ke dalam tiga kelompok besar: (1) aliran Malthusian yang dipelopori oleh Thomas Robert Malthus; (2) aliran Marxist yang dipelopori oleh Karl Marx dan Friedrich Engels; dan (3) aliran Reformulasi dari teori yang ada dan dipelopori oleh John Stuart Mill, Arsene Dumont dan Emile Durkheim (Weeks, 1992 dalam Mantra, 2000; 60).

Menurut aliran Malthusian: terjadi ketidakseimbangan antara pertumbuhan penduduk dengan pertumbuhan makanan, dalam hal ini pertumbuhan penduduk berjalan berdasarkan deret ukur, sedangkan pertumbuhan/pertambahan makanan berdasarkan deret hitung. Oleh karena itu, pertumbuhan penduduk harus dibatasi. Pembatasan jumlah penduduk dapat dilaksanakan dengan dua cara, yaitu preventive dan posistive check. Preventive check yaitu berupa penekanan kelahiran terutama melalui moral restraint (pengekangan diri dalam bentuk mengekang nafsu seksual), sedangkan positive check yaitu menjauhi dari siklus pertumbuhan demografi dan implosi yang suram. Aliran Malthus umumnya dianut oleh negara-negara kapitalis, seperti: Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Australia, Canada dan Amerika Latin. Lain halnya aliran Karl Marx dan Engels bahwa terjadi ketidakseimbangan antara pertumbuhan penduduk dengan kesempatan kerja. Artinya, tingkat kelahiran dan kematian sama-sama tinggi. Namun sayangnya, kenyataan menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan penduduk di negara Uni Soviet hampir sama dengan negara-negara maju. RRC sebagai negara sosialis tidak dapat mentolerir lagi pertumbuhan penduduk yang tidak dihambat sesuai dengan ajaran Marxist, karena di beberapa wilayah jumlah bahan makanan sudah sangat terbatas sehingga pada tahun 1953 pemerintah RRC mulai membatasi jumlah pertumbuhan

penduduknya dengan penggunaan alat-alat kontrasepsi dan bahkan memperbolehkan pengguguran kandungan (aborsi) (Mantra IB, 2000,68).

Teori kependudukan menurut aliran reformulasi (Malthus dan Marxist) terutama

dukungan terhadap teori Malthus bahwa disamping melakukan preventive check terhadap pembatasan pertumbuhan penduduk juga bisa dilakukan melalui (1) investasi pendidikan bagi penduduk wanita (kaya dan miskin)(John Stuart Mill); (2) kapilaritas sosial yaitu memperoleh kedudukan sosial ekonomi yang tinggi di masyarakat. Untuk itu, pembatasan jumlah anak sangat ideal (Dumont, dalam Mantra, 2000; 74); (3) terdapat perbedaan pertumbuhan penduduk antara perkotaan dan perdesaan (Durkheim); (4) terdapat hubungan antara kepadatan penduduk dengan daya reproduksi. Artinya, jika kepadatan penduduk tinggi maka daya reproduksi menurun dan sebaliknya (Sadler, dkk); dan (5) melalui ilmu pengetahuan, manusia mampu melipatgandakan produksi pertanian.

 

B.     Teori Ekonomi Fertilitas

1.      Anak sebagai Barang Konsumsi

Pembangunan ekonomi berdasarkan teori Malthus: peningkatan "income" lebih lambat daripada peningkatan kelahiran (fertilitas) dan merupakan akar terjerumusnya masyarakat ke dalam kemiskinan. Oleh karena itu, Becker G (1960) membuat model keterkaitan atau pengaruh income dan harga anak. Menurut Becker, dilihat dari aspek permintaan bahwa harga anak lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan income. Model Becker tentang permintaan akan anak dapat didekati dengan fungsi utilitas.

U = u ( X ) + v ( n ), u' > 0, v' > 0, u" < 0, v" < 0,

Dimana:

X = konsumsi barang lain;

n = jumlah anak, dengan

Budget Constraint:

PxX + Pnn = y, dan

Fungsi Utilitas: dn/dy > 0.

Menurut Malthus, harga anak adalah tetap. Padahal harga anak berdasarkan

Teori Ekonomi Fertilitas dapat diintrodusir secara simultan antara harga anak dan

perubahan income.

 

2.       Kualitas Anak dan Human Capital

Dari fungsi Utilitas, kemudian dimodifikasi menjadi:

U = u ( X ), v ( n, q ) Dimana q adalah kualitas anak dengan asumsi setiap anak sama.

Karena fungsi Utilitas dimodifikasi sehingga "budget constraint" berubah menjadi;

PxX + Pnn + Pnq = y,

Dimana p adalah harga kualitas anak (biaya pendidikan, dan biaya kesehatan), sedangkan pn adalah biaya basic (pangan, sandang, dan papan). Biaya keseluruhan dari kualitas anak menjadi:

πn = Pn + Pq,

Kualitas paling tinggi, apabila:

πn = Pn.

Dengan pertimbangan, kualitas dalam pembangunan ekonomi sebagai substitusi dari

kuantitas. Analisis kualitas-kuantitas tentang anak berhubungan erat dengan fertilitas

sehingga dalam pembangunan ekonomi disebut sebagai kajian "human capital".

 

3.       Anak sebagai Barang Produksi

Menurut Becker, anak dapat dilihat dari aspek produksi. Berdasarkan aspek produksi, utilitas anak berbeda dengan aspek konsumsi. Karena utilitas anak lebih dilihat dari aspek kuantitas dan bukan kualitas. Kondisi ini banyak dijumpai di daerah perdesaan atau daerah tingkat pertumbuhan ekonomi rendah (Becker, 1960).

C.    Pendekatan

Tingkat kelahiran (fertilitas) merupakan produk dari berbagai faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor sosial budaya, ekonomi, maupun nilai tentang anak merupakan faktor yang penting dan berperan dalam mempengaruhi tingkat fertilitas. Beberapa teori menerangkan, pengaruh faktor-faktor terhadap fertilitas cukup banyak, seperti: teori ekonomi mikro, pengambilan keputusan rumahtangga tentang pemilihan akan pemilikan anak oleh Schultz (1981) dan Becker (1995), teori supply dan demand anak (integrasi teori ekonomi dan sosiologi) serta biaya regulasi fertilitas oleh Richard Easterlin (1983) dalam United Nation (2001), dan sebagainya. Dalam studi tentang tingkat fertilitas ini, menurut beberapa ahli lebih cenderung memakai teori sosiologi dari Freedman (1979) yang menggunakan konsep analisis dengan memperhatikan variabel secara kausal dan urutan timbulnya variabel. Model yang digunakan umumnya model dari Freedman dengan pendekatan 11 variabel intermediate yang disarankan oleh Davis dan Blake (1956)( David L; dkk, 1990:56-57). Secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi fertilitas dibagi dua, yaitu:

(1) faktor latar belakang yang secara tidak langsung mempengaruhi fertilitas; dan

(2) variabel intermediate sebagai faktor-faktor yang secara langsung mempengaruhi

fertilitas. Davis dan Blake membagi kesebelas variabel-variabel antara itu menjadi 3

kategori: variabel-variabel hubungan seks; variabel-variabel konsepsi; dan variabelvariabel

gestasi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi ketiga kategori tersebut

adalah:

1.      hubungan seks dipengaruhi oleh variabel:

a.       umur memulai hubungan seks

b.      selibat permanen

c.       lamanya masa reproduksi yang hilang, seperti: perpisahan/perceraian dan suami meninggal dunia

d.      abstinensi sukarela dan paksa dan

e.       frekuensi hubungan seks

 

2.       konsepsi dipengaruhi oleh variabel:

a.       kesuburan dan kemandulan sengaja dan tidak sengaja dan

b.      penggunaan alat kontrasepsi dan

 

3.      kehamilan dan kelahiran dipengaruhi oleh variabel:

a.       kematian janin baik sengaja atau tidak sengaja

 

Diakui bahwa tingkat fertilitas merupakan bagian dari sistem yang sangat kompleks

dalam bidang sosial, biologi, dan interaksinya dengan faktor lingkungan. Dalam penentuan tinggi rendahnya tingkat fertilitas seseorang, keputusan diambil oleh isteri atau suami-isteri atau secara luas oleh keluarga. Penentuan keputusan ini dapat dipengaruhi oleh latar belakang dan lingkungan, misalnya pendidikan, pendapatan, pekerjaan, norma keluarga besar, umur perkawinan, dan sebagainya. Oleh karena itu, perbedaan-perbedaan fertilitas antar masyarakat maupun antar waktu dari suatu masyarakat baru dapat diketahui atau dipahami apabila telah memahami beragam faktor yang secara langsung maupun tidak langsung berinteraksi dengan fertilitas (Said Rusli, 1983 dalam Mantra, IB, 2000:221). Secara ekonomi, fertilitas dipengaruhi oleh 4 (empat) faktor, yaitu: (1) selera yang ditunjukkan dari tingkat utilitas, (2) kualitas anak, (3) income dan (4) biaya, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

 

BAB III

STATUS SOSIAL EKONOMI DAN FERTILITAS

A.    Tingkat Pendidikan dan Fertilitas

Menurut teori human capital, kualitas sumberdaya manusia selain ditentukan oleh tingkat kesehatan juga ditentukan tingkat pendidikan. Pendidikan dipandang tidak hanya dapat menambah pengetahuan tetapi dapat juga meningkatkan keterampilan (keahlian) seorang individu sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia. Hal tersebut sejalan dengan pendapat Ananta, dan Hatmadji dalam Profil Kependudukan Jambi, (1986;78)), bahwa tingkat pendidikan merupakan salah satu tolok ukur yang sering digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan suatu daerah atau masyarakat. Pendidikan tidak hanya mencerdaskan kehidupan masyarakat yang bersangkutan, melainkan juga meningkatkan mutu masyarakat tersebut. Dengan mutu yang tinggi dan baik, jumlah penduduk tidak lagi merupakan beban atau tanggungan masyarakat melainkan sebagai modal atau aset pembangunan. Disisi lain, tingkat pendidikan dapat berpengaruh dalam keterampilan teknis dan kecerdasan akademis untuk memenuhi kebutuhan pangan, penciptaan lapangan kerja baru yang produktif serta dapat mengembangkan dan mengelola sumberdaya manusia (human resources) ia sendiri. Berbicara mengenai hubungan tingkat pendidikan dengan fertilitas, hasil penelitian Bollen Kenneth AJ, dan Glanville Stecklov G (2002; 27), menunjukkan bahwa tingkat pendidikan (laki-laki dan wanita) merupakan prediktor yang kuat terhadap permanen income dan fertilitas. Dengan kata lain, tingkat pendidikan berkorelasi positif terhadap penghasilan (income) dan berpengaruh negatif terhadap fertilitas. Kasus di negara Peru misalnya, tingkat pendidikan (laki-laki dan wanita) berpengaruh negatif terhadap fertilitas namun pengaruh pendidikan laki-laki sedikit lebih rendah, sedangkan di negara Ghana memperlihatkan hasil agak berbeda. Faktor pendidikan yang paling kuat berpengaruh terhadap fertilitas hanya tingkat pendidikan wanita sementara tingkat pendidikan laki-laki tidak menunjukkan hubungan yang significan. Hal ini mengindikasikan bahwa peranan atau kontribusi tingkat pendidikan laki-laki dan wanita kaitannya dengan fertilitas berbeda. Terdapatnya perbedaan peranan jenjang pendidikan yang disandang antara laki-laki dan wanita erat hubungannya dengan defferensiasi peran atau tanggung jawab terhadap fertilitas. Penelitian Bollen dan Stecklov di Ghana dan Feru ini sejalan dengan Bankole dan Sing, (1998) kasus di Sub-Saharan Afrika, bahwa tendensi laki-laki menginginkan kelahiran anak lebih baik dibandingkan dengan wanita. Karena tingkat pendidikan lakilaki memiliki hubungan kuat sebagai "a latent variable" yang digunakan sebagai proxy pendapatan permanen atau socioeconomic status (SES) (Wood dan Lovell, 1992; Raftery, Lewis, dan Aghajanian, 1995 dalam Kenneth AJ, dan Glanville Stecklov G,

2002; 36) Menurut Balk (1994) dalam Bollen Kenneth AJ, dan Glanville Stecklov G (2002;

36), tingginya tingkat pendidikan laki-laki (kontrol pendidikan wanita dan permanen income rumahtangga), maka kekuatan penguasaan dalam rumahtangga lebih besar sehingga pada gilirannya mereka mempunyai kemampuan untuk mengatur kelahiran. Sebaliknya, tingkat pendidikan wanita yang tinggi (kontrol pendidikan laki-laki dan permanen income rumahtangga), maka autonomi wanita mengontrol kelahiran lebih tinggi dibanding laki-laki.

 

Pendidikan merupakan proses pengembangan pengetahuan, keterampilan, maupun sikap seseorang yang dilaksanakan secara terencana sehingga diperoleh perubahan-perubahan dalam meningkatkan taraf hidup. Dalam pembangunan berkelanjutan, wawasan dan pandangan seseorang diartikan sebagai cara seseorang merespon suatu inovasi dan membangun gagasan dalam perencanaan. Dengan demikian, pengukuran tingkat pendidikan sangat bermanfaat dalam memprediksi kondisi wawasan pengetahuan dalam asas pemikiran individu terhadap inovasi dan proses adopsi yang menyertai inovasi tersebut. Oleh karena itu, tingkat pendidikan yang relatif baik (tinggi), mereka lebih memilih memiliki jumlah anak lebih sedikit karena keuntungan lain dapat mempertinggi status ia sandang dan tingginya opportunity cost pengasuhan (Axinn dan Barber, 2001; Willis, 1973 dalam Bollen Kenneth AJ, dan Glanville Stecklov G (2002; 7-8). Kemudian, Angeles, et.al (2001:15), melalui penelitian secara Meta-Analysis di 14 negara Asia dan Afrika termasuk Indonesia dengan model Multivariat menunjukkan hasil yang relatif sama bahwa faktor pendidikan terutama pendidikan wanita (kontrol kontrasepsi) berpengaruh negatif terhadap preferensi fertilitas. Hal ini mengindikasikan bahwa faktor pendidikan wanita mempunyai kontribusi cukup besar terhadap kesejahteraan keluarga terutama mengenai jumlah keluarga yang ideal (2 orang anak

cukup, laki-laki atau perempuan sama), dan kontribusinya terhadap kualitas atau nilai anak yang diinginkan. Disamping itu, meningkatnya pendidikan seorang individu secara ekonomi berkorelasi positif dengan selera (taste). Artinya, semakin tinggi tingkat pendidikan maka selera atau keinginannya meningkat baik kuantitas maupun kualitas. Melalui pendekatan fungsi utilitas (indifference curve), selera tentang nilai anak suatu unit keluarga mengarahkan pilihannya kepada kualitas bukan jumlah anak yang dilahirkan (kuantitas). Hasil temuan secara empiris didukung oleh Becker (1995;243) dalam teori ekonomi fertilitas, anak sebagai barang normal. Apabila dilihat dari aspek permintaan, jumlah anak bukan jaminan kesejahteraan keluarga namun sebaliknya yang diutamakan adalah kualitas (human capital). Maka setiap peningkatan income masyarakat biasanya terjadi peningkatan rata-rata pengeluaran rumahtangga termasuk pengeluaran untuk anak. Karena terdapat peningkatan atau perubahan berbagai keperluan atau peningkatan fasilitas karena perubahan selera. Adapun keperluan atau fasilitas yang diperlukan sebagai peningkatan mutu anak, antara lain: peningkatan jumlah dan jenis menu makanan, biaya kesehatan, fasilitas yang diperuntukkan dalam berbagai peningkatan keterampilan, peningkatan jenjang pendidikan (formal dan non-formal), perlengkapan sekolah, dan keperluan penunjang lainnya seperti: olah raga dan rekreasi. Dengan adanya peningkatan biaya dalam berbagai keperluan dan fasilitas diharapkan anak menjadi human capital yang dapat diandalkan terutama dalam pasar kerja.

 

 

 

 

B.     Struktur Umur dan Fertilitas

Menurut Mantra (2000; 34), umur merupakan karakteristik penduduk yang penting karena struktur umur dapat mempengaruhi perilaku demografi maupun sosial ekonomi rumahtangga. Perilaku demografi yang dimaksud yaitu meliputi jumlah, pertambahan, dan mobilitas penduduk (anggota rumahtangga), sedangkan yang termasuk ke dalam indikator sosial ekonomi rumahtangga meliputi tingkat pendidikan, angkatan kerja, pembentukan dan perkembangan keluarga. Usia muda yang dominan berpengaruh secara nyata terhadap perilaku demografi terutama tentang jumlah dan pertambahan penduduk melalui fertilitas. Tampaknya, pernyataan Mantra dapat dibuktikan oleh Angeles, et.al (2001:15), melalui penelitian tentang fertilitas dan preferensi secara Meta- Analysis di 14 negara Asia dan Afrika termasuk Indonesia dengan model Multivariat menunjukkan bahwa faktor struktur umur terutama umur wanita (kontrol kontrasepsi) berpengaruh negatif terhadap fertilitas. Artinya, semakin tua umur maka tingkat produktivitas dan fertilitas individu semakin rendah atau menurun. Namun, lain halnya dengan penelitian Bollen Kenneth AJ, dan Glanville Stecklov G (2002; 26) bahwa struktur umur penduduk (20-50) tahun berkorelasi positif dengan fertilitas (kontrol permanent income). Struktur umur seorang individu berkaitan erat dengan produktivitas kerja yang dicurahkan. Mengingat semakin tua umur secara linier diikuti dengan bertambahnya tingkat produktivitas (batas umur 55 tahun), hal ini dimungkinkan karena diakibatkan oleh faktor pengalaman kerja. Disisi lain, secara mikro umur mempengaruhi jam kerja di pasar kerja dan tingkat reproduksi (masa subur wanita). Padahal struktur umur (20-50) tahun menurut teori kependudukan berkorelasi negatif atau berbentuk huruf U terbalik terhadap fertilitas. Hal ini dimungkinkan karena penelitian yang dilakukan oleh Bollen Kenneth dkk, menggunakan model hanya "permanent income sebagai latent variable" padahal menurut Freedman, variabel antara yang dapat mempengaruhi fertilitas ada 11 variabel, antara lain faktor sosial budaya dan status tempat tinggal. Berdasarkan pendekatan teori ekonomi dan perilaku fertilitas bahwa struktur umur berkaitan dengan usia kawin pertama (Bryant J Keith, 1990, 200). Usia kawin pertama relatif muda (<35 tahun) berdampak positif terhadap jumlah kelahiran dan waktu yang dicurahkan terhadap anak. Sebaliknya, usia kawin pertama relatif tua (>35 tahun) berdampak negatif terhadap jumlah kelahiran dan waktu dengan anak.

 

 

 

 

C.    Status Pekerjaan Suami dan Fertilitas

Batasan pekerjaan suami berbeda satu negara dengan negara lain apalagi antara negara berkembang dengan negara maju. Tetapi secara umum dapat dikelompokkan kedalam tiga golongan besar, yaitu: low-prestige occupations (blue-collar jobs termasuk farmer); medium-prestige occupations (white-collar jobs); dan hig-prestige occupations (e.g. college-graduates, academic jobs). Pekerjaan suami berpengaruh langsung terhadap permanent income dan penghasilan rumahtangga. Hasil penelitian Bollen Kenneth AJ, dan Glanville Stecklov G (2002; 27), menunjukkan bahwa pekerjaan kepala rumahtangga/suami merupakan variabel utama terhadap permanent income dan fertilitas. Artinya, status pekerjaan suami berkorelasi positif terhadap penghasilan (income). Melalui faktor permanent income atau disebut sebagai penghasilan rumahtangga berpengaruh negatif terhadap fertilitas (Peru dan Ghana). Hal ini sejalan dengan hasil temuan Becker (1995; 261), bahwa faktor pendapatan berpengaruh negatif terhadap tingkat fertilitas. Terdapatnya pengaruh negatif antara pendapatan atau penghasilan suami terhadap tingkat fertilitas dengan asumsi bahwa pendapatan suami yang tinggi umumnya terdapat pada kelompok suami dengan jenis pekerjaan medium dan higtprestige occupation, sedangkan kelompok pekerjaan tersebut sebagian besar berada di daerah perkotaan atau pada masyarakat industri maju. Ciri dari masyarakat industri maju (open-society) adalah keluarga kecil bahagia dengan mempertimbangkan beban ketergantungan (dependency ratio) seorang anak. Artinya, kesejahteraan keluarga terutama mengenai jumlah keluarga yang ideal (2 orang anak cukup, laki-laki atau perempuan sama), dan memperhatikan kualitas atau nilai anak yang diinginkan bukan jumlah berapa banyak anak yang harus dimiliki.

Dengan katalain, semakin besar jumlah anak (belum dan atau tidak produktif) maka nilai dependency ratio semakin besar sehingga pada gilirannya semakin besar pula beban keluarga (orang tua) akan menanggung kebutuhan mereka baik kebutuhan pokok, seperti: kebutuhan pangan, sandang, papan maupun kebutuhan lainnya.

Pada sisi lain, seperti dikemukakan oleh Mantra (2000;92) bahwa tingginya angka rasio beban tanggungan merupakan faktor penghambat pembangunan ekonomi karena sebagian dari pendapatan yang diperolah dari golongan yang produktif terpaksa harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan mereka yang belum produktif untuk kebutuhan akan pangan, fasilitas pendidikan dan fasilitas lainnya.

 

 

 

D.    Status Tempat Tinggal dan Fertilitas

Status tempat tinggal yang dikaji yaitu tempat tinggal yang kelompokkan desakota atau daerah tertinggal dan maju. Menurut Siswanto AW (1995:23-24), perubahan perilaku reproduksi bersamaan dengan terjadinya perubahan pola hidup masyarakat tradisional menjadi masyarakat industri. Data empirik menunjukkan bahwa selama modernisasi, peningkatan praktek kontrasepsi merupakan penyebab terjadinya transisi fertilitas di masyarakat industri. Bukti ini diulangi lagi di negara-negara berkembang, ternyata hasilnya cukup menggembirakan dalam penurunan fertilitas. Disamping faktor kontrasepsi, penurunan fertilitas dapat juga melalui praktek menyusui dan pantang berkala penyebab rendahnya tingkat fertilitas. Kajian menarik: keterkaitan socioeconomic dan fertilitas yang dilakukan oleh Nankai University China di China, hasil menunjukkan bahwa perbedaan sosio-ekonomi antara wilayah/daerah (eastern, middle dan western) terdapat perbedaan pola tentang fertilitas. Sebagai contoh, pertumbuhan penduduk yang tinggi terdapat di daerah atau wilayah western dan middle (Quangxi, Guizhoo, Qingkai, dan lainnya), sedangkan diwilayah eastern (Beijing, Tianjin, dan Shanghai), tingkat pertumbuhan penduduk relatif rendah. Terdapatnya perbedaan tingkat pertumbuhan penduduk antara western dan middle dengan eastern erat kaitannya dengan tingkat kemajuan daerah dan/ atau wilayah. Artinya, wilayah western dan middle merupakan daerah tingkat pertumbuhan ekonomi yang rendah (wilayah tertinggal), sementara di wilayah eastern dengan tingkat pertumbuhan ekonomi rata-rata lebih baik (maju). Hal yang sama juga ditunjukkan oleh fenomena fertilitas. Daerah perdesaan, secara rata-rata memiliki tingkat fertilitas lebih tinggi dibandingkan dengan daerah perkotaan. Terdapatnya perbedaan tingkat fertilitas desa-kota dipengaruhi oleh perbedaan: ekonomi, budaya, tradisi, dan mekanisasi. Hasil penelitian Nankai University China di China didukung oleh teori kependudukan (fertilitas), bahwa faktor sosial ekonomi, berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan perilaku kelahiran dan kehadiran seorang anak. Kemudian, teori transisi demografi lebih rinci lagi melihat bahwa modernisasi memberikan kontribusi terhadap fertilitas karena perubahan tingkat fertilitas diakibatkan adanya perubahan socioeconomic melalui transformasi society. Artinya, transformasi society dari desaagraris (close-society) berubah menjadi masyarakat maju / industri (open-society) sehingga berdampak terhadap sistem dan pola hidup masyarakat. Pada open-society, sistem struktur keluarga berkorelasi positif dengan peranan wanita dalam rumahtangga. Dengan kata lain, wanita pada kondisi masyarakat industri maju terdapat tingkat independency lebih tinggi dari masyarakat tradisional dan berdampak terhadap autonomi mereka dalam pengaturan kelahiran (kontrol tingkat pendidikan) (Hirschman, 1994; Kirh, 1996; dan Mason, 1997 dalam United Nations, 2001). Penelitian yang sama di beberapa negara Eropa Timur dan Selatan menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan bahwa rata-rata fertilitas mendekati satu orang anak setiap pasangan. Hal ini disebabkan oleh faktor sosial ekonomi dan usia childbearing (Bongaarts, 2001 dalam UN, 2001). Observasi lain mengklaim bahwa biaya melahirkan (sosial dan ekonomi) cukup tinggi pada masyarakat industri maju. Dengan demikian, fertilitas yang menyamai replacement level merupakan keinginan yang diidamkan bagi hampir semua masyarakat industri maju (Cheisnais, 2001 dalam UN, 2001). Data empiris yang ditemui dilapangan sejalan dengan "pendekatan teori ekonomi dan perilaku fertilitas" yang dikembangkan oleh Willis A (1980) bahwa kelahiran anak berpengaruh negatif pada daerah perkotaan, dan berpengaruh positif pada daerah perdesaan. Becker (1995) melihat bahwa secara ekonomi, terdapat perbedaan orientasi tentang nilai anak antara masyarakat maju (kaya) dengan masyarakat tertinggal (miskin).

Masyarakat miskin misalnya, nilai anak lebih bersifat barang produksi. Artinya, anak

yang dilahirkan lebih ditekankan pada aspek jumlah atau banyaknya anak dimiliki (kuantitas). Menurut Becker, banyaknya anak dilahirkan oleh masyarakat miskin diharapkan dapat membantu orang tua pada usia pensiun atau tidak produktif lagi sehingga anak diharapkan dapat membantu mereka dalam ekonomi, keamanan, dan jaminan sosial (asuransi). Karena pada masyarakat miskin umumnya orang tua tidak memiliki jaminan hari tua. Sementara pada masyarakat maju (kaya), nilai anak lebih ke arah barang konsumsi yaitu dalam bentuk kualitas. Dengan arti kata, anak sebagai human capital sehingga anak yang dilahirkan relatif sedikit namun investasi atau biaya yang dikeluarkan lebih besar baik biaya langsung maupun opportunity cost terutama untuk peningkatan kesehatan, pendidikan, gizi, keterampilan dan sebagainya sehingga anak diharapkan dapat bersaing di pasar kerja bukan difungsikan sebagai keamanan apalagi sebagai jaminan sosial bagi orang tua.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

KESIMPULAN

A.    Kesimpulan

Terdapat hubungan negatif antara faktor sosial ekonomi dengan tingkat fertilitas. Kemajuan atau perkembangan suatu masyarakat dari tradisional ( close-society) menjadi masyarakat maju/industri (open-society) dan pola kehidupan modern dapat menggoyahkan keluarga luas (extended family) menjadi keluarga kecil sehat dan bahagia. Karena pada masyarakat modern memiliki pola konsumsi berbeda dengan masyarakat tradisional terutama pola pengasuhan anak, biaya pemeliharaan, dan nilai anak (kualitas anak). Melalui perkembangan atau kemajuan masyarakat berdampak positif terhadap perubahan status wanita. Wanita lebih banyak bekerja di luar rumah daripada bekerja domestik baik dengan maksud tambahan pendapatan maupun carier. Mereka ingin mengembangkan dirinya sehingga mereka ingin mempunyai jumlah anak yang kecil, dan tidak terus menerus dikungkung oleh urusan dapur dan anak-anak. Hal ini disebabkan karena kehidupan kota dicirikan oleh masalah perumahan dan kebutuhan hidup yang senantiasa meningkat. Keadaan kehidupan seperti ini, keluarga kecil lebih menguntungkan (kualitas anak).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2000. Fertility Trends and the Prospect of Family Planning Program in China:

Its Future Changes and Related Policy Selection. Institute of Population and

Development, Nankai University.

Becker, 1995. An Economic Analysis of Fertility. Dalam The Essence of B.E.C.K.E.R.

Ramon Febrero dan Pedro S. Schwartz. Hoover Institution Press. Stanford

University, Stanford, California.

Bollen Kenneth A; Jennifer L. Glanvile; dan Guy Stecklov, 2002. Socioeconomic Status,

Permanent Income, and Fertility: A Latent Variable Approach. Carolina

Population Center, University of North Carolina. At Chapel Hill.

David Lucas, Peter McDonald, Elspeth Young, Christabel Young, 1990. Pengantar

Kependudukan. Gadjah Mada University Press. Pusat penelitian dan Studi

Kependudukan UGM. Yogyakarta.

Gustavo Angeles, Jason dietrich, David Guilkey, Domkinic Mancini, Thomas Mroz,

AMy Tsui dan Feng Yu Zhang, 2001. A Meta-Analysis of The Impact of Family

Planning Programs on Fertility Preferences, Contraceptive Method Choice and

Fertility. Carolina Population Center, University of North Carolina. At Chapel

Hill.

Mantra, Ida Bagus, 2000. Demografi Umum. Pustaka Pelajar Yogyakarta. Yogyakarta.

Masri Singarimbun, 1987. Liku-liku Penurunan Kelahiran. LP3ES bekerja sama dengan

Lembaga Kependudukan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini