Senin, 14 April 2014

M. Irhamni PMI VI PEMANFAATAN LIMBAH SAMPAH




PROPOSAL EKOLOGI MANUSIA
"PEMANFAATAN LIMBAH SAMPAH DAUN KERING DI SEKITAR JALAN JENDRAL MANDOR BARET LEGOSO "
A.    Latar Belakang Masalah
Sampah- sampah organic termasuk daun-daun yang sudah tua ternyata memiliki nilai lebih dan bisa berguna untuk memanfaatkannya. Salah satu manfaat daun yang sudah tua atau kering yaitu untuk kompos yang tentunga pupuk yang bersifat alamiah di banding pupuk buatan. Selama ini banyak masyarakat yang menggunakan pupuk buatan dan salah satu pendapat masyarakat memilih pupuk buatan adalah praktis, tak perlu repot untuk mengolahnya karna hanya tinggal pakai saja, namun taukah kita bahwa pupuk buatan itu bisa mengurangi unsur hara  yang di miliki tanah yang sering di berikan pupuk buatan bisa rusak dan tingkat kesuburannya mengurang. Ternyata masih banyak orang yang belum menggunakan pupuk alamiah, ini adalah jalan alternatife yang dapat di gunakan dengan pemanfaattan daun yang sudah tua yang di jadikan pupuk kompos yang alamiah.
Daun yang bersifat alamiah pada akhirnya juga akan dikembalikan lagi ke dalam habitat aslinya, yaitu pupuk kompos. Tanah akan lebih menerima sesuatu yang bersifat alami dibandingkan dengan sesuatu yang non alami. Bila disuruh memilih, tanah tentunya akan lebih suka bila diberi pupuk kompos dibandingkan dengan pupuk buatan.
         B.     Rumusan Masalah
            Pokok permasalahan merupakan penjabaran dari tema sentral adalah yang menjadi beberapa sub masalah yang spesifik, yang dirumuskan dalam kalimat pertanyaan. Maka yang menjadi pokok permasalahan sebagai berikiut:
1.      Bagaimana cara mengaplikasikan kegitan pemungutan daun- daun yang kering?
2.      Dimana tempat yang pantas untuk menaruh daun- daun yang kering agar ramah lingkungan dan kenyamanan ?
C. Kegiatan Akan di Laksanakan
1. Kumpulan sampah yang bersifat alamiah dan bisa di uraikan dalam tanah, termasuk sampah daun yang sudah tua.
2. Kumpulkan samapah tersebut dengan wadah tersendiri, seperti karung beras yang sudah tak terpakai, ember dan juga bisa membuat kolam mini dengan menggali tanah.
3. Setelah sampah daun kering sudah terkumpul biarkan beberapa hari agar sampah daun mulai membusuk dan menjadi kompos dan selanjutnya pupuk siap di pakai untuk penyuburan tanah. Itulah langkah yang relative mudah dan siapapun bisa membuat pupuk yang alamiah.
D. Manfaat
Dengan memanfaatkan salah satu jenis sampah alam yaitu daun yang sudah tua, maka kita bisa membuat kompos. Daun-daun yang sudah tua dan berguguran sebaiknya tidak dibuang begitu saja di tempat pembuangan akhir. Harus ada pemanfaatan lebih lanjut untuk mengurangi masalah timbunan sampah juga. Salah satu pemanfaatan daun yang sudah tua adalah dengan menyulapnya kembali menjadi sesuatu yang berguna yaitu kompos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini