Senin, 30 November 2015

Tugas Sosiologi Kelas-kelas Sosial

Faizah Nurhidayah Jurnalistik 1 A 1115051000089 // Muhamad Badruddin KPI 1 B 11150510000056


A. Pendahuluan 

 

Teori Karl Marx tentang kelas-kelas sosial , kaum borjuis dan kaum proletar 

Objek kajian : Proyek Pembangunan Gedung Parkir dan Perpustakaan UIN Syarifhidayatulloh 

Subyek kajian : Pekerja di Dalam Proyek 

 
​Objek kajian yang kami lakukan adalah  Proyek Pembangunan Gedung Parkir dan Perpustakaan UIN Syarifhidayatulloh yang sudah berlangsung selama tiga tahun yaitu 2013-2015 , proyek dibawah Pemerintahann ini dan Proyek yang di naungi oleh salah satu perusahaan yang berhasil melakukan lelang secara online, kami mengamati bahwa apakah teori marxisme masih relevan di kehidupan saat ini dan di lingkungan yang kami amati tentunya di dalam objek yang kami kaji dan teliti di lingkungan proyek pembangunan Gedung Parkir dan Perpustakaan UIN Syarif hidayatulloh dengan subyek yaitu pekerja dan bagian perkantoran serta orang-orang yang mempekerjakan . Proyek pemerintah yang sudah berlangsung lama ini tentu banyak hal yang harus di teliti dan di terapkan melalui teori-teori yang sudah dipeajari di dalam kelas, dan untuk memenuhi tugas sosiologi , menganalisis kegiatan dan fenomena sosial yang ada di dalam objek kajian .

Selama kurang lebih empat hari penelitian dan mewawancarai narasumber , dan dua hari melakukan obbservasi dengan teori melihat dan meneliti kegiatan yang dilakukan di luar dan di dalam gedung, dari kantor pelaksana pembangunan , dan pekerja baik yang bekerja di dalam gedung atau terlibat dan security yang menjaga sekitar gedung . Melakukan penelitian tentang fenomena sosial yang terjadi antara pekerja yang di kerjakan dan kehidupan sosialnya . Metode yang di gunakan dalah obervasi , pengamatan dari media , lingkungan dan terjun lapangan dengan wawancara . 

Semoga Penelitian yang kami lakukan bermanfaat bagi kami memahami teori maupun pembaca.


B. Tinjauan Teoritik

Karl Marx merupakan tokoh alairan klasik sosiologi . Karl Marx sebenarnya bukan sosiolog atau tidak mau juga di sebut sebagai sosiolog. Hasil karya karl marx menjadi bagian dari domen pemikiran sosiologi, Ada empat teori yang terkenal dari karl marx atau bisa di bagi menjadi empat yaitu : Teori tentang konsepsi masyarakat , teori tentang keas-kelas sosial . Teori tentang ideologi , dan teori tentang pemerintahan .

Orang-orang yang mengikuti teori-teori Karl Marx disebut Marxisme/Marxis atau Tangan kiri Hegelian Kiri atau juga sering disebut sebagai aliran tangan kiri. Hegel merupakan guru dari Marx . Di Indonesia sendiri marxisme berkembang..

J ika kita membicarakan aliran marxis tentu banyak sekali varian atau jenisnya , dan dari empat teori teori karl marx disini kami akan memaparkan tentang teori konflik marx beberapa pandangannya tentang kehidupan sosial yaitu bahwa masyarakat merupakan arena bentuk pertentangan . Negara di anggap pihak yang terlibat aktif dalam pertentangan dan negara hanya berpihak kepada kekuatan yang dominan, Paksaan dalam wujud hukum di anggap sebagai faktor utama untuk memelihara lembaga-lembaga sosial seperti milik pribadi , perbudakan , kapital yaang menimbulkan ketidaksamaan hak dan kesempatan , kesenjangan sosial terjadi di masyarakat karena bekerjanya lembaga pelaksanaan tersebut yang bertumpu dengan cara-cara kekerasan , penipuan dan penindasan sehingga kesenjangan sosial merupakan akar dari timbulnya konflik . Negara dan hukum dijadikan sebagai alat penindasan oleh kelas yang berkuasa , atau kapitalis demi keuntungan mereka , kelas-kelas di anggap sebagai kelompok-kelompok sosial yang mempunyai kepentingan-kepentingan sendiri. 

Karl Marx hidup di lingkungan borjuis karya terkenal dari Karl Marx adalah tentang teori kelas-kelas sosial dimana Karl Marx menggolongkan masyarakat menjadi kelas borjuis dan proletar dimana kaum borjuis merupakan kaum pemilik modal dan alat-alat produksi dan kaum proletariat merupakan orang yang bersedia mempekerjakan kerjanya tanpa meiliki produksi atau para pekerja yang menjual kerja mereka tanpa alat produksi yaitu buruh .Karena proletar tidak memiliki sarana-sarana untuk memproduksi sarana-sarana untuk memproduksi kebutuhan-kebutuhan mereka sendiri, maka mereka harus menggunakan upah yang mereka peroleh untuk membeli apa yang mereka butuhkan.  Maka dari itu proletariat tergantung sepenuhnya pada upahnya untuk bertahan hidup.  Hal inilah yang membuat proletariat tergantung pada orang yang memberi upah.

 

Orang yang memberi upah adalah kapitalis, jelas adalah kapialis adalah orang-orang yang memiliki alat produksi.  Kapital adalah uang yang menghasilkan lebih banyak uang.  Dengan kata lain, kapital lebih merupakan uang yang di investasikan ketimbang uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keingginan manusia. Di dalam teorinya Marx mengungkapkan bahwa kerja yang di lakukan kaum prolteriat/buruh bukan merupakan kerja yang sebenarnya karena pada hakikatnya manusia tersebut tidak bisa berimajinasi dengan hasil atau ciptaan kerjanya melainkan mereka bekerja untuk imajinasi ornag lain atau borjuis atau kapital. Dan walaupun Karl Marx percaya adanya hubungan inheren atau kerja dengan sifat dasar manusia namun Marx juga berpendapat bahwa hubungan ini telah diselewengkan oleh kapitalsime.

Lapangan pekerjaan yang semakin sempit dan kaum proletar yang sangat banyak mengakibatkan kaum proletar bekerja pada borjuis . 

Ralf Dahendrof juga mengemukakan bahwa masyarakat di bagi menjadi dua yaitu kelas yang memiliki kewenangan (dominan) dan kelas yang tidak memiliki kewenangan ( subjeksi ). Dan dalam kehidupan masyarakat selalu ada asosiasi seperti negara , industri , partai ,agama , klub-klub dll. Teori Dahendrof justru merupakan kritik teori Karl Marx tentang mencampuradukan antara terori yang empiris dan filosofis , dnan kapitalisme bukan melalui revolusi sosial melainkan melalui proses transformasi . 

Dalam proses transformasi kapitalisme berubah menjadi enam perubahan peting yaitu : 

1. Pembagian posisi kapital yakni kelas pemilik saham dan produksi.

2. Pembagian komposisi buruh yakni buruh yang ketrampilan dan buruh yang tak memiliki ketrampilan.

3. Tumbuhnya kelas menengah baru .

4. Meningkatnya mobilitas sosial baik secara intergenerasi dan atargenerasi .

5. Perbaikan hak-hak politik warga negara .

6. Pelembagaan konflik kelas.

Marxisme menyatakan bahwa pertentangan dua kelas utama yang menjadi penggerak perubahan masyarakat terjadi secara dialektik. Masyarakat telah berkembang secara dialektik dengan melalui beberapa tahap -- masyarakat pebudakan , masyarakat feudal dan masyrakat kapitalis . Dalam masyarakat terakhir ini terjadi pertentangan utama yaitu kaum borjuis ( pemilik modal ) dan proletariat ( yang hanya memiliki tenaga) . Jika masyarakat kapitalis berkembang maka masyarakat itu akan berubah menjadi gerakan dialektik terakhir yaitu menjadi masyarakat komunis. Adapun dari marxisme sudah berubah pula . Memang seharusnya begitu ! Marx dan Engels bukanlah nabi-nabi yang bisa mengadakan aturan-aturan yang bisa di terpakai untuk segala zaman . Teori-teorinya haruslah di ubah , kalau zaman ini berubah ; teori-teorinya haruslah di ikutkan oleh perubahan dunia , kalau tidak mau menjadi bangkrut.


C. Hasil Observasi Lapangan 

 

Kalau menurut Marx orang yang memberi upah adalah kapitalis . Dan jelas kapitalis adalah orang-orang yang mempuyai alat produksi . Disini kami akan membahas bahwa anggap saja negara dan perusahaan serta uin adalah kapitalis dan mahasiswa serta pekerja adalah proletar. 

 

Seperti halnya yang di sebutkan oleh Karl Marx atas kelas-kelas sosial ( stratifikasi sosial ) yaitu atas dasar posisi masing-masing kelas terhadap sarana-sarana produksinya dimana ada pembagian- pembagian tugas tersendiri menurut bidang keahliannya atau secara kasar mereka menyebut kaum borjuis pemilik modal dan kaum proletar seperti halnya dalam proyek pembangunan gedung parkir dan perpustakaan UIN ada yang namanya pemilik perusahaan , sipil arsitek , MEP , dan Pekerja Lapangan . Menurut Karl Marx dalam analisinya terhadap masyarakat industri lebih bersifat homogen namun pada kenyataannya di lapangan komposisi buruh adalah heterogen dimana buruh dapat di bagi menjadi buruh yang memiliki keterampilan dan buruh yang memiliki keterampilan semi , perbedaan tingkat keterampilan berbeda pula tingkat kepentingannya jadi kritik dari dahrendrof benar adanya . Di dalam Proyek pembangunan ini Negara juga berperan karena sesengguhnya dana yang di relokasikan unutuk pembangunan merupakan dana dari negara . 

Negara yang mengatur sistem pembangunan dan karena itu Pembangunan yang berlangsung dari tahun 2013 sampai sekarang sudah mengalami pergantian perusahaan sebanyak tiga kali , dimana perusahaan yang memperoleh proyek adalah perusahaan yang menang di pelelangan , dan menurut narasumber bahwa sistemnya " Yang paling murah adalah yang dapat proyek , namun tidak semua yang termurah bisa mengambil proyek karena harus ada chek and rechek dari pelelangan yang di lakukan secara online tersebut . Pergantian perusahaan yang terus terjadi karena sistem pemerintahan itu sendiri melakukan sistem tender dimana setiap tahun berganti . Jadi proyek pemerintah harus dipatuhi dengan kesepakatan yang telah di setujui dengan perusahaan yang mengelola. Disini bisa di lihat bahwa negara yang memiliki kewenangan mempunyai hak yang sah untuk memberikan perintah. Maka negara merupakan golongan yang mempunyai kewenangan . 

 

Dalam meraih atau mencapai tujuan sebuah lembaga atau perusahaan juga bersaing dengan perusahaan perusahaan lain , kurang lebih ada 30 perusahaan yang melakukan pelelangan dalam pembangunan Proyek di UIN ini Jadi ada persaingan-persaingan diantara kaum pemilik modal atau bisa disebut kapital . Dan menrut Marx "Kapital eksis dan hanya bisa eksis dengan kapital-kapital lainnya " Kapital selalu terlibat kompetisi anatara kapital-kapital lainnya . Kapital walaupun terlihat teratur walaupun sebenaranya mereka berkompetisi secara konstan atantara kapital-kapital seperti yang telah dikemukakan tadi bahwa "yang murah yang dapat proyek" ini menggambarkan bahwa pemerintah akan mengambil keuntungan sebesar-besarnya melalui pelelangan perusahaan-perusahaan tersebut . Jadi apakah pemerintah kita kapitalis atau bukan hanya kita yang bisa menilai sendiri .

 

Selain bersaing stelah perusahaan tersebut memiliki hak kontrak kemudian di dalam proyek mempekrjakan orang untuk membangun tujuan tersebut 265 pekerja lapangan per minggu dan 68 orang , dan 16 orang pekerja di bagian staff. Disini terlihat bahwa pemilik modal mengeksploitasi pekerja untuk menyelesaikan pekerjaannya , sebenarnya saya sendiri kurang setuju terhadap kata eksploitasi secara fisik karena disini para pekerja , buruh juga tidak merasa di eksploitasi dan di paksa untuk bekerja karena mereka bekerja juga merupakan keinginan sendiri dan kemauan untuk mendapat pekerjaan , namun pada hakikatnya manusia itu sendiri secara psikis di paksa disini merupakan pemaksaan oleh dirinya pribadi karena apabila tidak bekerja maka dia tidak hidup . Karena kaum borjuis dapat hidup tanpa kaum proletar dan kaum proletar tidak bisa hidup dari kaum borjuis orang yang memberikannya upah .

 

Karl Marx yang mengatakan bahwa kaum proletar akan menduduki posisi memimpin dan berkuasa di tentang oleh leninisme yang mengatakan bahwa kaum proletar tidak cukup cerdas untuk menjadi seorang pemimpin . Dimana menurut kami bisa saja kaum proletar membuat takut kaum borjuis karena pada dasarnya tanpa ada persetujuan dari masyarakat dan masyarakat yang menjadi proletar disini seorang borjuis tidakk bisa mencapai tujuannya dan terhambat . Seperti halnya dalam proyek UIN yang harus mengejar deadline sampai tanggal 15 desember nanti . Karena di takutkan apabila proyek tidak rampung akan terjadi protes dari mahasiswa yang merasa terganggu dan mengamati proyek yang sudah berlangsung lama .Oleh sebab itu walau jadwal di schedule adalah tanggal 31 Desember demi menghindari terjdinya hal yang tidak di inginkan maka proyek dari perusahaan tersebut mendeadlinekan tanggal 15 Desember . Dalam hal ini UIN berusaha menghidari konflik dari mahasiswa .

 Sedangkan di dalam proyek itu sendiri para buruh atau pekerja dengan atasannya tidak pernah menuai konflik yang terlalu berarti kecuali konflik dalam batin itu sendiri , kaum buruh atau tukang hanya bisa menerima dan tidak pernah protes apa-apa karena mereka sadar akan posisi mereka "Paling biasanya si permasalahan kecil seperti permasalahan tekhnis neng " ungkap Pak W selaku pekerja di bagian pemipaan . Pak W juga berpendapat bahwa sebagian proyek yang pernah ia garap kalo dari pemerintah memang biasanya molor entah itu dari apanya . Jika Proyek molor dan tertunda maka uang yang dari atas juga akan terhambat sampai ke bawah sampai ke buruh namun biasanya mandor bisa memenuhi kekurangan karena proyek yang di kerjakan tidak hanya satu . Menurut para pekerja yang mengamati di proyek karena sudah mendekati sekali dengan deadline para mandor juga terlihat sudah sangat di kejar waktu dan kadang-kadang melalui ekspresi raut muka mereka seperti orang yang tertekan , kalo menurut kami tekanan pasti ada di bagian pekerjaan manapun baik itu dari atasan dan dari diri pribadi masing-masing .

Kaum proletariat yang hanya memiliki tenaga tidak mampu untuk protes atau memberi usulan atas yang mungkin mereka rasakan kaena kembali lagi tingkat kewenangan yang terbatas . 

Seperti halnya Pak S yang merupakan bagian security , sebagai seseorang yang dulunya bekerja di Surabaya sebagai karyawan di sebuah industri Pak S yang terkena PHK karena pengurangan karyawan demi memenuhi tingkat keuntungan dari tempat bekerja Pak S hanya menerima saja , dan kemudian Pak S di tawari kerja menjadi Security , karena ingin terus bekerja maka Pak S terima saja walaupun resiko yang di hadapi saat bekerja lebih berat apalagi menjaga di proyek , seperti makan harus buru-buru , sholat bergantian dengan satpam lain , namun di terimanya dengan ikhlas sebagai resiko pekerjaannya . 

 

Hasil wawancara dengan Pak B selaku pengurus pelaksana yang sudah bekerja di bidang proyek-memroyek ini sejak tahun 1993 banyak sekali pengalaman-pengalaman yang ia rasakan apalagi kalau mengambil proyek di luar jakarta karena resiko yang di tanggung lebih tinggi seperti pengalamnnya saat di Subang dari pada babak belur kemudian Pak B tidak jadi mengambil proyek tersebut , seringnya dengan LSM jika sudah berhadapan dengan LSM maka LSM yang lain akan merembet dari satu dengan lainnya , kesamaan kepentingan yang membuat seseorang menuai konflik , sebenarnya sesuai dengan persuasif dari kita sendiri dengan lingkungan dan masyarakat . "Di UIN sendiri kami mencoba bekerjasama dengan Demaf dan mahasiswa yang mau belajar atau sekedar hunting foto di lingkungan proyek ini demi mengindari yang pertama konflik dan permaslahan lain " Pak B menjelaskan .

 

Menurut Marx Kapitalis meraup keuntungan untuk diri mereka sendiri dan 

Pekerjaan yang di lakukan oleh pekerja yang berada di proyek biasanya bekerja dari pukul 08.00 sd 22.00 di untuk pekerja yang tidak menimbulkan kebisingan bisa sampai jam 02.00 dini hari , pekerja yang bekerja dari jam 08.00 s.d 16.00 itu upahnya sudah dihitung satu hari dan jika bekerja dari jam 16.00 s.d 22.00 itu sudah di hitung dua hari kerja jadi rata-rata pekerja melakukan pekerjaannya selama dua hari kerja sekali kerja . Dan jika ada yang meneruskan bekerja dari jam 22.00 s.d 13.00 itu sudah di hitung tiga hari kerja , sistem yang di lakukan adalah sistem borongan yakni gaji per hari jika ambil dari perhitungan Jakarta , bisa sampai Rp.85.000/hari dan tergnatung mandor di bagian masing-masing. 

Dengan demikian sistem yang di buat dari masing-masing upah untuk kaum proletar berbeda-beda tergantung dari pemimpin bagian-bagian itu sendiri .

 

Kualitas SDM yang rendah sehingga rata-rata yang bekerja merupakan umur anak perkuliahan dan keatas sampai 40 tahun lebih , Anak-anak lulusan SMA, SMP yang tidak melanjutkan dan enggan untu mencari pekerjaan di kampung yang biasa harus bertani dan mereka merasa gengsi , walaupun ibarat kata lebih susah dan lebih lelah untuk bekerja di proyek seperti ini tapi yang meurut kami amati mereka tergiyur akan hasil setiap hari yang mereka dapat dan bisa lebih dari bekerja di kampung yang pendapatannya hanya musiman yakni musim panen . Karena kualitas SDM yang rendah ini bagi kaum yang memiliki modal mengajak dan menggunakan kesempatan yang baik ini demi membuat orang bekerja di industri nya . Baik yang mengajak saudara , orang di kampung dan di iming-iming oleh gaji yang besar . Padahal mereka bekerja tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan .

 

Menurut hasil wawancara dar beberapa tukang mereka mengatakan jika fikiran mereka masalah gaji mengatakan cukup maka cukup dan bila terus merasa kurang ya mereka akan terus merasa kurang , intinya jika bersyukur maka mereka akan bersyukur . 

 Disini kembali lagi kepada agama bahwa orang-orang yang bekerja hanya pasrah dan menjadikan agama sebagai keluh kesah . 

Karl Marx yang mengatakan bahwa agama merupakan suatu sumber konflik tidak di terapkan di proyek UIN ini .Kapitalisme sebagai musuh kaum marxis dan tentunya kita umat muslim bahwa kita jangan melihat marxis dari apa yang menyebabkan mereka melarang agama karena pada masa Karl Marx agama Yahudi atau Kristen mendukung dan sejalan dengan kapitalisme sedangkan umat islam tidak . 

 

Menurut kami konflik yang terjadi di dalam kaum proletariat atau buruh dalam konteks proyek disini rata-rata merupakan konflik batin dan rasa resiko yang harus mereka tanggung . Sedangkan konflik dari luar perusahaan dan yang memiliki pekerja lebih berbahaya yaitu kelas mahasiswa dan pihak dari universitas , bisa di bayangkan jika pemberontakan lebih jelas dan lebih akan terealisasikan dari kelas mahasiswa sendir seperti kabar berita di harian Daerah, dari argumen mahasiswa dari salah seorang ketua sebuah organisasi bahwa jika tidak segera rampung maka mahasiswa akan melakukan aksi. 

Tentunya ini sangat berkebalikan dengan kaum proletar atau buruh karena mereka merasa butuh untuk mencari penghidupan dan mereka melakukan kesepakatan dan mau untuk menjadi atau bekerja menjadi buruh atau tukang . 

Para pekerja menjadi buruh-buruh yang bebas membuat kontrak-kontrak yang bebas dengan kapitalis , Para pekerja tidak mampu memproduksi untuk dirinya sendiri namun untuk kepentingan orang yang di atasnya .

 

 

D. Kesimpulan

Dalam kehidupan sosial masyarakat pasti menginginkan mempunyai pekerjaan dan mendapat pekerjaan yang baik namun Teori Karl Marx dan kenyataan memang mengatakan bahwa ada yang namanya Kelas-kelas sosial , tentang bagaimana kita memandang teori tersebut dan sesuai fakta yang ada di lapangan , atau memilah sebuah teori dan menentukan mana yang kita gunakan dalam kehhidupan ataupun menuntut ilmu , bahwa pemikiran seseorang bukan benar-benar orisinil dari pemikirannya sendir namun terpengaruh oleh pemikiran lain . Kaum Borjuis Kaum Proletar bisa menjadi yang di sebut "manusia" dengan hak dan kewajiban masing-masing sesuai dengan apa yang kehidupannya mau , namun tidak lagi menjadi manusia apabila Kaum borjuis semena-mena dengan kekuasaannya . Dalam proyek tersebut sendiri memperlihatkan kondisi yang kondusif dimana tidak ada penyiksaan atau pemaksaan yang berarti dan pemenuhan kepuasan dalam bekerja merupakan keinginan sendiri dan kembali dengan pemikiran masing-masing. Jika Marx harus mengatkan bahwa kaum proletar harus bangkit dan menggantikan kapitalis bisa saja di akui atau di setujui sebagai pemikiran yang pantas , namun apakah kita harus selalu mengikuti Marx ? Kita harus berpegang pada keyakinan kita bukan keyakinan orang lain. Selain itu tindakan yang benar dari kaum atas untuk menghindari konflik juga harus diakui baik , dan tidak selamanya kapitalisme buruk . Namun jika kapitalisme sudah berubah dengan hal yang tidak baik maka kami selaku penulis makalah setuju untuk melakukan apa yang seharusnya menjadi hak milik.

 

Daftar Pustak

Goerge Ritzer Douglas J Goodman penerjemah Nurhadi dkk., 2008 Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Sosiologi modern , Jakarta , Kreasi Wacana 

Anthony Giddens, Daniel Bell , Michel Forse etc 2008 Sosiologi Sejarah dan Berbagai Pemikirannya, Yogyakarta, Kreasi Wacana Yogyakarta.

 

Kasenda Peter , 2014, Sukarno Marxisme & Leninisme Akar Pemikiran Kiri & Revolusi Indonesia Depok , Komunitas Bambu.


 

 ​


TUGAS SOSIOLOGI: KUN HAIKAL JRNLSTK 1B (11150510000090) & DANANG NURHIDAYANA KPI 1B (11150510000081)

BAB 1
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan bernegara, begitu banyak masalah. Mulai dari masalah ekonomi, masalah pendidikan, masalah kesehatan, masalah sosial, dll. Semua masalah tentunya tidak dapat diatasi dengan cepat. Karena terkadang masalah tersebut terjadi karena adanya masalah kecil yang belum diselesaikan, maka masalah-masalah yang lain pun akan datang bergantian.
Pada kajian kami kali ini, kami akan mengkaji tentang "PERBUDAKAN KULI DI TANGERANG" , sedangkan yang dimaksud dengan kuli sendiri adalah orang yang bekerja dengan mengandalkan kekuatan fisiknya (seperti membongkar muatan kapal, mengangkut barang dari stasiun satu tempat ke tempat lain) pekerja kasar, tidak dapat dipungkiri bahwa Kurangnya pendidikan yang memadai mengakibatkan terjadinya perdangangan manusia di pelosok-pelosok desa, seperti Desa Lebak Wangi Kecamatan Sepatan Timur Tangerang, dan perdagangan manusia ini dijadikan sebagai budak yang bisa diperlakukan dengan semena-menanya.
Satu fakta yang lebih memiriskan lagi ialah Para buruh ini pun bekerja pada jam yang sangat panjang, terkadang sampai 17 jam dalam satu hari dan dengan upah yang sangat kecil, tidak sesuai dengan tenaga yang ia keluarkan. Dalam kasus ini kuli mendapatkan perlakuan yang tidak baik, dari tidak lengkapnya fasilitas yang diberikan kepada kuli, sampai terjadinya kontak fisik yang dilakukan oleh mandor kepada para kuli bangunan
 
BAB II
TINJAUAN TEORITIK
 
Apakah ini termasuk didalam kajian teori Marxis?
Marxisme merupakan paham yang berasal dari pandangan Karl Marx. Marxisme adalah paham yang bertujuan untuk memperjuangkan kaum Proletar untuk melawan kaum Borjuis. Teori Marxisme yang secara umum dipandang sebagai dasar ideologi komunisme dicetuskan dan dikembangkan oleh Karl Marx dan Friedrich Engel sejak 150 tahun yang lalu sebagaimana dalam bukunya The Manifesto of the Communist Party yang di terbitkan pada tanggal 21 February 1845 merupakan sebuah manifesto politik mengenai teori komunis yang menekankan pada perjuangan kelas dan kesejahteraan ekonomi.
Teori marxisme yang dibangun oleh Karl Marx ini sangat dipengaruhi oleh filsafat dialektika Hegel. Menurut Marx dalam sebuah masyrakat terdapat dua kelas/kaum yaitu kaum yang memiliki alat produksi (Borjuis) dan kaum yang tidak memiliki alat produksi (Proletar). Alat produksi yang dimaksudkan disini adalah segala hal yang dapat menghasilkan sebuah komoditas yang merupakan barang kebutuhan masyrakat.
Karena telah menjadi kebutuhan mau tidak mau masyarakat akan tetap membelinya. Apabila dilihat dari keadaan kaum Borjuis sebagai pemilik alat produksi akan memperoleh keuntungan dari proses pembelian tersebut. Jika dilihat dari keadaan kaum Proletar yang tidak memiliki apa-apa dan demi memperoleh alat produksi tersebut mereka harus bekerja pada kaum Borjuis dan pada saat inilah kaum Borjuis memanfaatkan kebutuhan dan kelemahan dari kaum Proletar untuk menindasnya. Dengan kata lain kaum Borjuis yang mempunyai Kekuasaan bisa menindas kaum Proletar sesuka hatinya. disinilah peran dari teori marxisme sebagai  paham yang diciptakan oleh Marx untuk membela dan berpihak pada kaum Proletar dimana teori ini ada karena adanya perlakuan tidak adil yang dialami oleh kaum Proletar.
Marx berusaha mengangkat kaum Proletar dari penindasan sehingga kaum Proletar bisa menjadi pemilik alat produksi. Dilihat dari realitas kehidupan masyarakat yang mengalami banyak penderitaan dan  penyiksaan, adanya perbandingan kelas sosial (antara kaum borjuis dan proletar), kesenjangan sosial dan lahirnya masyarakat kapitalis. Adanya pandangan bahwa Marxisme dan komunisme merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, Banyaknya Masyarakat yang memandang sebelah mata kaum komunis dan langsung menghakimi  bahwa kaum komunis itu adalah hal yang salah, begitupun juga dengan marxisme dan sosialisme yang dianggap sebagai cikal bakal dari ideologi komunis. saya sebagai penulis yang merupakan kaum akademis/mahasiswi dari prodi Sastra Indonesia ingin mengkaji lebih lanjut mengenai teori marxisme. Penulis memilih teori ini karena ingin meluruskan pandangan orang yang menganggap bahwa komunis itu adalah hal yang salah, ingin Memahami dan menunjukkan konsep pemikiran yang berbeda dalam memandang marxsisme dalam konteks ilmiah yang seimbang dengan melihat faham marxisme dan kaitannya dengan karya sastra. Dan dalam pembahasan selanjutnya  penulis akan memaparkan lebih rinci bagimana konsep dasar dari teori Marxisme dan  bagaimana relasi dan aplikasi teori ini dalam karya sastra.
BAB III
KASUS DAN ISI
 
     Kuli yang menjadi korban perbudakan dipabrik calon rumah milik Budi Sentosa di RT 3/5 Serua,  Kota Tangerang Selatan. mengaku belum pernah mendapatkan gaji selama mereka bekerja disana. Dalam kesehariannya, para Kuli yang diberi waktu bekerja mulai dari jam 05.30 sampai 22.00. mereka mendapatkan makan dua kali sehari pada pukul 12.00 dan 18.00 dengan lauk seadanya. Tak jarang mereka hanya mendapat makan satu kali.
     Mereka juga jarang mandi karena fasilitasnya tidak memadai, seperti air yang belum bisa diakses karena kondisi rumah masih dalam pembangunan. Jika bisa mandi, para kuli hanya menggunakan sabun batang satu, untuk bergantian dengan yang lain dipakai bersama).
 
 
 Adi, salah seorang buruh warga Desa/Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menegaskan, mandor dan pemilik seolah olah memberikan harapan palsu kepada para kuli, menjanjikan fasilitas dan gaji, namun semua itu hanyalah janji yang tidak pernah terealisasikan ujarmya.
Dia meminta polisi menyelidiki adakah kererlibatan antara mandor dan calon pemilik rumah tersebut, karena dari awal mereka para kuli bekerja, mereka tidak mengetahui ada apa yang terjadi, mungkin ada masalah internal, ataukah masalah yang berhubungan dengan kesengajaan.Sementara itu, lebih Pihak Polresta Tangerang telah memakai beberapa UU di luar KUHP seperti UU Perlindungan Anak, UU Perdagangan Manusia, UU Industri, juga UU Ketenakerjaan, jelasnya.
 
TEORI KARL MARX (MARXIST)
Karl Marx bukanlah satu- satunya sosiolog yang menganalisis teori kelas. Sejarah industri abad 19 membuat para pengamat sosiolog mengkaji bagaimana situasi buruh saat itu, termasuk Marx. Ia adalah seorang revolusioner yang mulai gelisah dengan adanya perkembangan industrialisasi yang terjadi saat itu. Marx bukanlah seorang penulis yang sistematis dimana dalam tulisannya masih banyak terkandung keraguan, kurang memahami persyaratan, seperti ketepatan, konsepsi statistik, dan probabilitas dewasa ini (Sidney Hook, 1955: 11). Pada abad 19, masyarakat industrialisasi terdiri dari dua kelas yang saling bermusuhan karena pembagian hasil produksi yang tidak adil. Di satu pihak terdapat kaum kapitalis yang memilik sarana produksi dan di pihak lain terdapat kaum proletar yang menjual tenaganya kepada kaum kapitalis. Akibatnya kaum proletar mengalami alienansi.
Alienansi dan pembagian hasil produksi yang tidak adil tersebut menimbulkan ketegangan antara kedua kelas yang ada dalam masyarakat industri. Ketegangan itu terus meningkat sehingga pemusuhan dan inilah yang disebut perjuangan kelas. Tidak dapat dihindari bahwa perjuangan kelas ini akan menghasilkan suatu masyarakat tanpa kelas dimana sarana-sarana produksi menjadi milik bersama. Dengan kata lain, perjuangan kelas mutlak perlu untuk mewujudkan masyarakat komunis, dimana akhirnya alienansi dan ketidakadilan pembagian hasil produksi ditiadakan.
Kelas pekerja kehilangan kontrol atas sistem produksi, maka mereka teralienasi dari tugas-tugas ketenagakerjaan; dari hasil produksi yang dijual di pasar oleh produsen, dari kalangan pekerja yang lain dan dari dimensi kemanusiaan manusia itu sendiri (species being). "Species being" merujuk kepada dimensi yang membedakan manusia sebagai makhluk dengan binatang, yang digerakkan oleh instingnya sementara manusia tidak. Sebaliknya, manusia mampu beradaptasi terhadap lingkungan bahkan menguasainya dengan akal atau rasio yang dimiliki, sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh binatang. Dengan begitu, manusia akan menjadi "master" atau tuan (pengatur) atas lingkungannya secara aktif dan kreatif untuk bertahan hidup, menciptakan kreatifitas serta mampu mengendalikan keadaan-kedaan di sekitar dirinya yang secara intrinsik adalah bagian dari apa yang disebut manusia. Ketergantungan manusia kepada manusia lain (kelas pekerja, tani atau non-producers terhadap kapitalis) menyebabkan kemampuan membangun kesadaran diri menjadi dihilangkan. Dengan demikian, kesadaran manusia ditentukan oleh pihak lain yang justru menjadi "master" atas dirinya. Sebaliknya, hakikat kemanusiaan dari kelompok kapitalis juga hilang karena keserahakan mereka untuk terus menguasai. Untuk menggambarkan hubungan-hubungan sosial seperti ini, Marx menganalogikannya ke dalam suatu pernyataan yang sangat menarik, yakni "binatang menjadi manusia dan manusia menjadi binatang".
Dalam Economic and Phiosophical Manuscripts, Marx menerangkan bahwa dalam pekerjaannya manusia mengalami empat lapis keterasingannya, yaitu: keterasingan dari hasil kerjanya, keterasingan dari tindakan berproduksi, keterasingan dari sesama manusianya dan, keterasingan dari spesciesnya (jenisnya). Menurut Marx, barang itu adalah obyektifitasi dari kerja. Hasil kerja adalah modal, tetapi modal itu menjadi tuan atas buruh. Bentuk kerja semacam ini bukanlah membebaskan, melainkan memperbudak manusia. Semakin banyak dia menghasilkan barang, semakin tidak berharga dirinya. semakin si buruh menyerahkan dirinya kepada obyek, hidupnya semakin milik obyek itu bukan miliknya sendiri. Jadi manusia mengalami keterasingan dari hasil kerjanya sendiri. Menurut pengertian Marx adalah mampu menguasai alam, bebas merdeka, kemampuannya terbuka untuk dikembangkan dan bersifat sosial. Apabila kerjanya hanya menjadi sarana mempertahankan hidupnya yang fisik ini, maka hal ini berarti bahwa barang produksi atau alam fisik baginya hanya dihadapinya sebagai yang bernilai tukar belaka. Padahal seharusnya alam itu berarti hanya baginya, sebagai pelengkap hidupnya, sebagai obyek ilmu pengetahuan, dan lain- lain. Marx berkata bahwa kerja yang terasing mengasingkan hidup manusia dari hidup individua dan membuat hidup individual menjadi abstraksi yang terasing demi tujuan hidup manusia. Akibatnya, manusia mengalami keterasingan dari sesamanya. Sesamanya menjadi orang asing yang menjadi saingannya dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam masyarakat kapitalis, manusia menjadi sarana kebutuhan orang lain, hasil kerjanya menjadi milik dan dinikmati oleh orang lain.
Keadaan ekonomilah terutama yang mengubah masyarakat menjadi buruh. Kekuasaan kapital telah menciptakan suatu situasi bersama massa ini. Dan agaknya manusia dapat menyatakan: sejauh berjuta- juta keluarga hidup di bawah kondisi ekonomi yang memisahkan pandangan hidup mereka , kepentingan- kepentingan mereka, dan pendidikan mereka dari orang- orang yang termasuk anggota kelas lain dan mereka menentang kelas lain itu, maka mereka merupakan suatu kelas. Akibat dari ini adalah distribusi kekayaan dalam produksi adalah distribusi kekayaan itu menentukan distribusi kekuasaan politik di dalam masyarakat. Hubungan- hubungan produksi modern mencakup kekuasaan ekonomi pemilik kekayaan perseorangan, yakni kekuasaan ekonomi si kapitalis.
Aspek revolusi dalam pemikiran Marx adalah kekayaan dan kemiskinan, dominasi dan penundukan, pemilikan kekayaan dan ketiadaan pemilikan kekayaan, prestiise tinggi dan prestise rendah, kesemuanya sudah ada sebelum dan sesuadah terjadinya revolusi industri. Semuanya dipengaruhi oleh revolusi industri, menggantikan strata sosial lama dengan yang baru: pemilik tanah dan kaum bangasawan digantikan kaum kapitalis, buruh dan petani kecil digantikan oleh kelas proletariat. Perbedaan kedudukan dalam masyrakat pra industri di abad ke-18 banyak didasarkan atas tradisi yang dimitoskan, suatu sistem yang berbelit- belit sejak dahulu kala yang selalu mengkodifikasikan hak dan kewajiban termasuk berdasarkan gradasi kekayaan, kekuasaaan dan prsetise. Masyarakat pra industri jelas mempunyai awalnya pula. Masayarakat ini adalah masyarakat produk sejarah atau mungkin produk idiologi. Namun ketika berbenturan dengan Revolusi industri, masyarakat ini mempunyai suatu tata yang dianugrahi oleh abad keeemasan dengan suatu legitimasi dan keterpaduan yang khas. Tata masyarakat yang statis itu dileyapkan dengan adanya revolusi industri. Dua strata baru yang tercipta di inggris – yakni strata pengusaha dab buruh. Tidak ada yang 'lebih utama' dari keduanya, bahkan undang- undang kemiskinan Inggris mencampurkan strata miskin yang lama dan yang baru, demikian pula raja mencampurkan aristokrat yang lama dan yang baru. Kedua strata ini 'borjuis dan proretariat', yang tumbuh bersama- sama dan saling terikat satu sama lain. Tak memiliki tradisi kedudukan, mitos legitimasi maupun gengsi keturunan. Mereka semata- mata ditandai oleh petunjuk- petunjuk kasar berupa pemilikan kekayaan dan ketiadaan pemilik kekayaan. Pemgusaha industri dan buruh tidak mempunyai kelaziman, tradisi dan kesatuan sebagai sebuah strata. Mereka dikatakan nouveaux riches dan nouveaux pauvers, penyeludup di dalam sistem nilai lama yang diwariskan turun temurun, dan kurir dari sistem nilai baru.
Dalam teori marxisme tersebut mengenai analisis kelas menitik beratkan dalam perkataan adalah pernyataan yang terkenal dari communist manifesto yang didalamnya marx dang engels mendeklarasikan bahwa "sejarah dari semua bentuk masyarakat yang eksis sampai sekarang adalah sejarah tentang perjuangan kelas."
Orang bebas dan budak, orang terpandang dan rakyat jelata, tuan dan hamba sahaya, penguasa guilda (guild master) dan pengangguran- dengan kata lain, penindas dan yang tertindas, berdiri dalam oposisi konstan satu sama lain membawa dalam dirinya semangat perlawanan, kadang tersembunyi kadang terbuka, dan setiap kali berakhir entah dalam bentuk pengonstitusian- ulang revolusioner masyarakat luas, atau hancurnya kelas-kelas yang melawan. (marx dan engels: 1976, hal. 482)
 
ANALISA KASUS DAN TEORI
 
Dalam teori marxis ada kejadian yang sama terjadi pada kuli di tangerang yaitu Pada abad 19, masyarakat industrialisasi terdiri dari dua kelas yang saling bermusuhan karena pembagian hasil produksi yang tidak adil. Di satu pihak terdapat kaum kapitalis yang memilik sarana produksi dan di pihak lain terdapat kaum proletar yang menjual tenaganya kepada kaum kapitalis. Akibatnya kaum proletar mengalami alienansi. Yang terjadi pada buruh kuali adalah pemilik modal dan produksi (Budi Sentosa) mempekerjakan pekerjanya dalam satu hari selama 17 jam dan hanya mendapat gaji yang tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan.
Dalam Economic and Phiosophical Manuscripts, Marx menerangkan bahwa dalam pekerjaannya manusia mengalami empat lapis keterasingannya, yaitu: keterasingan dari hasil kerjanya, keterasingan dari tindakan berproduksi, keterasingan dari sesama manusianya dan, keterasingan dari spesciesnya (jenisnya). Dalam kasus kuli bangunan ini yang dimaksud keterasingan dari hasil kerjanya adalah kuli bangunan tidak mengetahui rincian hasil kerjanya selama dia bekerja dan juga bisa melihat (tidak ada transparansi). Keterasingan dari sesama manusianya, dalam kasus ini maksudnya adalah buruh kuali merasa terasing dari manusia lainnya karena harus terus bekerja dan ditempatkan di tempat yang seadanya sehingga sulit untuk bersosialisasi dengan manusia lainnya dan tidak diberikan kesempatan bersosialisasi dengan manusia lainnya.
 
                                                            KESIMPULAN
Dari paparan diatas terbukti bahwa teori marxist dapat menganalisis kasus "Mirisnya Kuli Bangunan"
 
 
 
 
 
 

tugas observaSI imam fs kpi 1A arya andika N jurnal B 111505100000202

 

 

 

 

 

 

 

 

Tugas Kelompok Sosiologi Observasi

Dosen Pembimbing: Dr.Tantan Hermansyah, M.Si

Oleh :

Arya Andika Nugraha

Jurnalistik IB

(111505100000202)

Imam farid santoso

KPI IA

 (11150510000038)

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    LATAR BELAKANG

    Ekonomi merupakan salah satu aspek yang sangat berpengaruh dalam pembangunan nasional di sebuah Negara, tentunya banyak teori ekonomi yang dikemukakan para ahli, mulai dari teori ekonomi marxisme yang berpendapat bahwa system ekonomi itu memiliki 2 kelas, yang pertama adalah kelas kaum borjuis ialah kelas yang memiliki modal dan pembeli tenaga pekerja dan yang kedua, adalah kelas kaum proletariat yaitu kelas dimana yang hanya mengandalakan kemampuan tenaga kerjanya saja. Sebuah Negara sangat terbantu dengan system ekonomi yang mereka anut, walaupun system ekonomi disebuah Negara tidak diatur secara deminikian legal atau valid, tetapi tanpa kita sadari banyak system ekonomi yang dipakai di sekitar kita. Misalnya contoh kecilnya aja, restoran siap saji, yang bisa dikatakan bahwa mereka menggunakan teori ekonomi marxisme yang kita ketahui adalah karl marx yang mencetuskan teori teori dari marxisme. Dan adapula teori neo marxis, yang bisa dibilang teori yang menentang adanya teori marxisme, seperti (George Lukas, Ralf Dahrendolf, Antonio Gramsci, Jurgen Habernas,Van Dijk, dan P. Bordieu).

§  Tujuan Penulisan

    Pada kesempatan kali ini, kami akan mengobservasi mengenai teori ekonomi yang sedang berjalan disekitar kita. Baik mengambil teori ekonomi karl marx (marxisme) ataupun teori ekonomi neo marxisme,dalam observasi ini, kami mengobservasi salah satu restoran waralaba yang memang sudah banyak diketahui hal layak ramai memiliki cabang dimana-dimana bahkan di indonesia merupakan salah satu restoran asing yang setiap harinya ramai didatangi pelanggan setia yang dominan adalah kawula muda yakni restoran waralaba "DUNKIN DONUTS" yang bertujuan mengaitkan dengan masalah teori ekonomi kapitalis marxisme.

 

§  Pemilihan Metode , Waktu & Lokasi

     Metode yang kami gunakan pada penelitian kali ini adalah metode observasi pengamatan, yang dimana kami hanya datang ke tempat tersebut lalu langsung mengamati bagaimana suasana, juga pekerjaan dan pelayanan di restoran tersebut. Semoga tugas ini selain memenuhi sebagai kewajiban mahasiswa juga bermanfaat untuk semua yang membacanya.

    Observasi ini kami lakukan pada hari Sabtu, 28 November 2015 ; di Dunkin' Donuts jalan MH. Thamrin  No. 11 Sarinah arah Tanah Abang , Jakarta Pusat.

B.     TINJAUAN TEORITIS

TEORI MARXIS ;

v  Teori kelas sosial ( Kapitalis & Proletar )

                                                                                

       Kelas sosial merupakan pengelompokan sosial paling mendasar pada masyarakat. Masyarakat selalu bertransformasi sehingga menyebabkan munculnya kaum kapitalis dan kaum proletar. Jika dilihat secara keseluruhan akan ada dua kelas dalam tatanan ekonomi kapitalis, yaitu kaum borjuis & kaum proletar. Kaum borjuis adalah pemilik sarana produksi dan pembeli tenaga kerja. Sedangkan kaum proletar adalah sekelompok orang yang tidak memiliki sarana produksi dan hidup dengan mengandalkan tenaga kerjanya. Borjuis sama dengan kapitalis, yang berprospek menghasilkan uang dan uang. Untuk menghasilkan uang, kaum kapitalis atau kaum borjuis harus membuat relasi dengan kaum proletar, ya dengan cara membeli tenaga kerja kaum proletariat tersebut.  Prinsip ekonomi kapitalis yaitu melakukan kegiatan ekonomi dengan menekan biaya produksi seminim mungkin dan berusaha menghasilkan hasil (uang) semaksimal mungkin. Selain dengan menekan biaya produksi seminimal mungkin, prinsip ekonomi kapitalis adalah membeli murah tenaga kerja kaum proletar,dari sinilah muncul teori nilai lebih yang dikemukakan oleh karl marx.

 

v  Teori nilai lebih

         Dalam teori nilai lebih Karl Marx mengemukakan bahwa kapitalis membayar buruh dengan harga yang tidak sepadan dengan pekerjaan yang dilakukan si buruh, caranya dengan tidak menghentikan kerja seorang buruh ketika pekerjaan tersebut sudah menghasilakan komoditi yang nilainya setara dengan tenaga si buruh yang dibelinya. Artinya, si buruh harus melakukan dua jenis kerja, yaitu pertama kerja untuk menghasilkan nilai setara dengan upah yang diperolehnya dan  kedua kerja untuk memperoleh nilai bagi si kapitalis. Kerja lebih inilah yang menjadi "nilai lebih" sebagai sumber utama keuntungan . dengan hadirnya teknologi,apabila dilihat secara sepintas tingkat kesejahteraan buruh relatif meningkat, namun peningkatannya tidak sebanding dengan peningkatan kekayaan kapitalis.[1]

v  Teori akumulasi kapital

      Menurut Marx, bukan karena pribadi si kapitalis yang serakah dan tidak berbudi yang menyebabkan ia harus mengambil bagian "nilai lebih" lebih banyak. Namun, hukum persaingan dalam kapitalisme mewajibkan si kapitalis meningkatkan keuntungan agar bisa mengakumulasi dan mengembangkan kapitalnya terus menerus demi mempertahankan usahanya dari persaingan dengan kapitalis-kapitalis lainnya.

 

TEORI  NON MARXIS ;

         Teori non marxis berkaitan dengan tubuh fenomena yang telah di istilahkan dalam ungkapan 'ekonomi terencana','pemrograman ekonomi',atau lebih jauh 'perencanaan indikatif'. Hal tersebut adalah bentuk lain dari intervensi sadar dalam ekonomi. bertentangan dengan semangat klasik kapitalisme, tetapi hal tesebut merupakan intervensi yang dicirikan oleh fakta bahwa hal tersebut bukan lagi terutama sebuah tindakan pemerintah tetapi merupakan sebuah tindakan kolaborasi,integrasi antara pemerintah dengan kelompok-kelompok kapitalis disisi yang lainnya. Apakah ciri pokok dari 'perencanaan infikatif' tersebut ? Perencanaan tersebut secara esensiil berbeda dalam sifat dari perencanaan sosialis.

     Perencanaan tersebut tidak terutama pada kaitan dengan menyusun serangkaian tujuan dalam gambaran produksi dan memastikan pencapaian dari tujuan - tujuan tersebut. Kepentingan utamanya adalah dengan mengkoordinasi rencana investasi yang telah dibuat oleh firma - firma swasta dan dengan mempengaruhi kebutuhan koordinasi tersebut. Dengan mengajukan tujuan-tujuan yang menjadi prioritas pada tingkat pemerintahan. Hal tersebut tentu saja, tujuan-tujuan yang berkaitan dengan kaum borjuis. Aspek yang lain dari "ekonomi terencana" memberikan sebuah karakter yang terutama sekali berbahaya berkaitan dengan gerakan kelas pekerja. Adalah ide bahwa "program social" atau "kebijakan pendapatan" selengkapnya ada dalam "pemograman ekonomi" dimungkinkan untuk menjamin stabilitas trust - trust dalam pengeluaran dan pendapatan mereka selama periode 5 tahun.

    Sifat alami dari neokapitalisme tumbuh dari intervensi pemerintah dalam kehidupan ekonomi ini semakin lama semakin kapitalis menyerah otomatis ekonominya otomatisme ekonominya sendiri menjalan resiko melenyap dengan cepat dan semakin meningkat Negara jadinya sebagai penjamin keuntungan kapitalis ,penjamin keuntungan kapitalis, penjamin keuntungan bagi para monopolistic berkuasa dari borjuasi. Negara menjamin hal tersebut dalam langkah-langkah bahwa Negara mengurangi luas siklus fluktuasi.[2]

 

BAB II

PEMBAHASAN

Profil objek observasi ;

 

                          

 

Ø  Dunkin' Donuts

      Tahun 1940, seorang pengusaha bernama Bill Rosenberg mendirikan dan membuka sebuah gerai donut dengan nama Open Kettle di kota Boston, Quincy - Massachusetts, Amerika Serikat. Tanpa disangka gerai donut miliknya tumbuh dengan pesat. Hal ini terbukti dari makin bertambah banyaknya jumlah pelanggan yang berkunjung , Melihat perkembangan usahanya yang positif, tahun 1950 Rosenberg pun memutuskan mengubah nama Open Kettle menjadi nama lain yang lebih menjual. Setelah melalui proses yang panjang, terpilihlah nama baru yang lebih menjanjikan yaitu Dunkin' Donuts. Selaras dengan perubahan nama tersebut, dirintislah sistem  franchise (Waralaba).

       Tahun demi tahun berlalu. Kemajuan dan ketenaran nama Dunkin' Donuts makin tak terbendung. Bahkan di tahun 1970, Dunkin' Donuts telah menjadi merek internasional dengan reputasi yang luar biasa dalam hal kualitas produk dan pelayanan. Reputasi dan ketenaran itu jugalah yang kemudian menarik minat Allied Domecq sebuah perusahaan internasional yang membawahi Togo's dan Baskin Robins - untuk membeli Dunkin' Donuts dari keluarga Rosenberg. Pembelian dan pengambilalihan perusahaan dari keluarga Rosenberg akhirnya disepakati dan dilakukan dengan penuh persahabatan pada tahun 1983.Dengan didukung sumber daya manusia yang handal, dalam waktu singkat ambisi Allied Domecq tercapai. Dunkin' Donuts berhasil memperluas pasar secara menakjubkan sehingga gerainya tidak hanya tersebar di benua Amerika, tetapi juga di benua Eropa dan Asia.

Ø  Perkembangan Dunkin' Donuts di Indonesia

      Dunkin' Donuts mulai merambah pasar Indonesia pada tahun 1985 dengan gerai pertamanya didirikan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta. Khusus wilayah Indonesia, master franchise Dunkin' Donuts dipegang Dunkin' Donuts Indonesia, Sejak diberi kepercayaan memegang master franchise tersebut, Dunkin' Donuts Indonesia bercita-cita dan bertekad untuk terus membesarkan serta memperkuat awareness dan positioning Dunkin' Donuts. Tidak hanya di Ibu Kota Indonesia, Jakarta, tetapi juga di berbagai kota besar lainnya. Itu sebabnya, kegiatan memperluas pasar dengan jalan membuka puluhan gerai permanen terus dilakukan secara berkala.

     Kini Dunkin' Donuts Indonesia telah berhasil membuka lebih dari 200 gerai yang tersebar di berbagai kota besar Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Depok, Surabaya, Bandung, Bali, Medan, Yogyakarta, Makassar, dan lain sebagainya. Cita-cita memperkuat awareness dan positioning pun bisa dibilang telah tercapai. Paling tidak hal ini bisa dilihat dari hasil survey sebuah lembaga riset pemasaran yang menyebutkan bahwa Top of  Mind Dunkin' Donuts di Indonesia telah mencapai 91,8%. Bahkan tercatat juga tingkat kepuasan konsumen Indonesia terhadap Dunkin' Donuts secara keseluruhan mencapai 80,8%. Seiring dengan makin kuatnya awareness dan positioning Dunkin' Donuts yang telah dibuktikan lewat hasil survey, di awal tahun 2001 Dunkin' Donuts Indonesia kembali melakukan gebrakan dengan menerapkan konsep baru (new image) pada setiap gerainya. Kegiatan new image tersebut dilakukan secara bertahap dengan jalan merubah logo, design interior gerai, dan berbagai perubahan lainnya. Dampak dari new image membuat Dunkin' Donuts terlihat lebih fresh dan sesuai dengan keinginan pasar. Namun semua itu belumlah cukup. Bersamaan dengan terus dilangsungkannya kegiatan new image, Dunkin' Donuts Indonesia juga mengikrarkan komitmen untuk lebih memfokuskan diri pada perbaikan produk dan pelayanan. Dengan demikian diharapkan tingkat kepuasan konsumen terhadap Dunkin' Donuts dapat terus meningkat.

 

 

 

     SISTEM PROMOTION ;

     Secara umum,program promosi dari marketwide adalah promosi advertising melalui above the line yaitu iklan dan tv. Strateginya meliputi :

A. Promosi Public Relation, melalui hospitaly dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.

B. Advertising, yaitu melalui above the line, yaitu kerja sama dengan stasiun radio untuk perihal promo-promo apa saja yang sedang berlaku di Dunkin' Donuts

C.Showcase, yaitu dengan memberikan hadiah berupa merchandise ( Seperti Boneka, Mug / Gelas, Mainan, Buku dsb ) dari Dunkin' Donuts

D. Event, yang dilaksanakan di Dunkin' Donuts yang dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja sama dengan perusahaan lain.

 

C.  Hasil Obeservasi Lapangan

Hasil Observasi ini kami dapat dari salah satu pegawai yang bernama Kak Sabina yang berasal dari Smk jurusan tata boga data yang kami dapatkan antara lain mengenai restoran waralaba Dunkin' Donuts yang berada di jalan MH. Thamrin No. 11 Sarinah arah Tanah Abang , Jakarta Pusat.  Dunkin' Donuts disini buka selama 15 jam, dengan system pembagian kerja (shift) , waktu shift dibagi 2 waktu yaitu pagi dan sore ,secara rinci pembagian waktu dibawah ini :

Shift Pertama ;

·         Pagi s/d Siang rentang waktu : Jam : 06.30 s/d 14.30

Shift Kedua ;

·         Sore s/d  Malam rentang waktu : Jam : 15.00 s/d 21.00

·         Tetapi dari system pembagian kerja Dunkin' Donuts, restoran waralaba ini tentunya memiliki tugas di setiap bidang pekerjaannya, yakni  :

 


1. STORE MANAGER     

ü  Memastikan tingkat kepuasan menyeluruh dari customer satisfaction

ü  Mengoptimalkan QSC,sales dan profit dari restoran waralaba

ü  Menjaga controllable P & L items pada budget nya dan mengumpulkan P & L bulanan

ü  Megikuti semua hukum pemburuhan yang berlaku,EEO,pelecehan seksual,kebijakan personalia Dunkin' Donuts,prosedur security,dan savety dari semua karyawan

ü  Mengawasi rekritment dan retention dari jumlah crew yang tepat atau (seperti ditentukan oleh restoran manager dan operation consultan),maintance,dan manager swing yang antusias dan berdedikasi terhadap kepuasan pelanggan

ü  Supervise pelaksanaan di restoran untuk prosedur dan produk baru

ü  Mengelola fixed assets

ü  Melaksanakan prosedur payroll dan tunjangan karyawan, termasuk melaporkan ke kantor pusat

ü  Mengsupervisi local marketing dan in restaurant exstentions of co-op dan promosi nasional

ü  Memastikan keakuratan dari laporan bulanan

ü  Mendefinisikan trading area restoran,competitor utama dan traffic generator dan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan sales

ü  Memastikan semua claim asuransi dip roses secara menyeluruh dan tepat waktu

ü  Menciptakan objectives jangka panjang restaurant dan action plan untuk QSC,sales,projit,dan pengembangan people

 2.  First Assistant Manager

ü  Mengumpulkan feedback dari pelanggan

ü  Mengevaluasi hasil dari objective jangka pendek

ü  Memastikan tingkat QSC

ü  Menyelesaikan dan memasang crew schedule mingguan

ü  Mengelola crew training

3.  Second Assistant Manager       

ü  Mencapai standar QSC

ü  Wawancara dan memilih crew

ü  Training crew trainer

ü  Mendokumentasikan

ü  Member input pada penilaian kerja

 4.  Junior Manager & Trainee Manager

ü  Berbicara dengan pelanggan sesering mungkin

ü  Mengelola shift opening

ü  Menjaga standar kritikan

ü  Mengelola keluhan pelanggan

ü  Menyelesaikan tugas administrasi harian

 

 

5. Crew Leader

ü  Memperagakan secara konsisten keahlian bekerja

ü  Menunjukan keahlian

ü  Menyelesaikan training untuk tiap crew

6. Crew

ü  Tugasnya yaitu mempersiapkan,menyajikan kepada tamu atau pelanggan dan melaksanakan tugas lain untuk kelancaran operasional restoran waralaba.

7. Star (Local Store Marketing)     

ü  Bertanggung jawab dalam mengatur pelaksanaan pemasaran.

 

 


 

 


     Bisa kita perhatikan bersama, dari system pembagian kerja di Dunkin' Donuts ini, memiliki system pemabagian kerja yang sama seperti teori ekonomi marxisme, yang menyebutkan bahwa adanya kelas-kelas didalam sebuah system ekonomi, yakni adanya perbedaan kelas kaum borjuis dan kaum proletar. Kaum borjuis disini kita bisa perhatikan adalah mereka yang bekerja sebagai karyawan atau crew. Yang hanya bermodalkan tenaga kerja mereka dalam hal ini (menyajikan dan mempersiapkan makanan kepada pelanggan) sedangkan bagian seperti store manager atau first assistant manager dan lainnya, sistem kerjanya memiliki ketidak seimbangan dengan mereka yang bekerja di bagian crew. Walaupun mereka sama-sama menyisihkan tenaga dalam konteks fikiran.

v  Ketentuan di restaurant Dunkin' Donuts

1.      Pelanggan di perbolehkan masuk, jika pelanggan membeli product menu dari Dunkin' Donuts

2.      Sebelum duduk pelanggan diwajibkan memesan makanan yang diinginkan

3.      Pelanggan selalu di tawarkan dengan menu-menu promotion

4.      Tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar untuk di konsumsi di dalam Dunkin' Donuts

5.      Setiap menu, memiliki takaran yang "pas" untuk setiap piringnya, ya walaupun berbeda menu, tetapi jika kita membeli menu yang sama bahkan (ml) dalam air nya pun sama

6.      Jika ada yang sudah selesai makan, para karyawan (crew) langsung membersihkan meja dengan sangat bersih

7.      Karyawan di perkenakan seragam yang dimana, wajib dikenakan selama mereka berada di jam kerja restaurant

8.      Karyawan tidak diperkenankan untuk mengenakan seragam kerja mereka di luar restaurant

9.      Selama jam kerja, mereka di perwajibkan total,dalam artian tidak boleh untuk beristirahat jika bukan jam istirahat

10.  Karyawan tidak boleh mengkonsumsi menu Dunkin' Donuts, melainkan jika mereka jam istirahat di persilahkan untuk membeli di luar dengan batas waktu yang telah di tentukan.

 

    Dari ketentuan restaurant yang berlaku di Dunkin' Donuts ini, menggambarkan bahwa restaurant ini merupakan salah satu restaurant yang menerapkan teori ekonomi kapitalis marxisme. Mengapa ? salah satu ciri nya yaitu, mereka lebih menguntungkan pihak pemilik modal. Seperti tidak boleh mengenakan seragam pegawai jika keluar restaurant, karena mereka tidak ingin jika terjadi sesuatu kepada pegawai, tidak ada tanggung jawab membawa nama " Dunkin' Donuts " tersebut, ya meminimalisir terjadinya pencemaran nama baik. Dilihat dari customer yang datang pun, Secara tidak lansung terdapat unsur pemaksaan secara halus yaitu tidak boleh duduk sebelum memesan selain itu memang hanya mereka yang harus membeli menu di Dunkin' Donuts dan tidak diperbolehkan menikmati fasilitas dalam jangka waktu yang lama. Jika kita berdiam lama di Dunkin' Donuts, kita akan di tanya " maaf mba, sudah di pesan ? atau sudah beres makan ?" ini sengaja kami lakukan, karena ingin melihat seperti apa pelayanan mereka, hal ini pun menunjukan bahwa yang masuk ke Dunkin' Donuts hanya mereka customer. Adapula tulisan "TIDAK DI PERBOLEHKAN membawa makanan dan minuman dari luar untuk di konsumsi di dalam restoran Dunkin' Donuts " ini juga menunjukan, bahwa pihak restoran hanya memperbolehkan para customer hanya mengkonsumsi product menu mereka, selain itu tidak diperbolehkan, mengapa ? menurut analisis kami, mereka hanya bekerja untuk Dunkin' Donuts untuk product-product Dunkin' Donuts (membersihkan sisa sampah makanan Dunkin' Donuts).

Setelah panjang lebar dijelaskan dibawah ini merupakan hasil visual yang kami dapatkan walaupun kami tidak terdapat di foto karena suatu alasan serta waktu yang kurang tepat dan kurangnya kesempatan dan hanya dapat memfoto narasumber secara diam – diam ;

   

        

PENUTUP ;

D. KESIMPULAN

      Dunkin' Donuts merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan, yaitu (franchise / Waralaba). Kini Dunkin' Donuts memiliki banyak cabang di Indonesia, dengan pegawai sekitar 5.545 pegawai. Mengapa kami menjadikan Dunkin' Donuts sebagai salah satu contoh perusahaan makanan yang memang system nya berkiblat pada teori ekonomi kapitalis marxisme ?? ya karena, dari segi pembagian kerja, fasilitas khusus customer, juga segi distribusi sudah mencirikan bahwa mereka menerapkan teori kapitalis marxis, yang disebutkan memiliki kelas social, yaitu kaum borjuis dan kaum kapitalis. Dalam hal ini, kaum borjuis adalah mereka yang memiliki modal, sedangkan kaum proletar hanya mereka yang memiliki tenaga kerja saja (crew Dunkin' Donuts). Dan fasilitas crew Dunkin' Donuts). Dan fasilitas yang dipergunakan hanya untuk pelanggan Dunkin' Donuts, ini mencirikan bahwasanya Dunkin' Donuts hanya akan memberikan fasilitas kepada mereka yang menguntungkan dalam hal ini adalah seperti mereka yang membeli produk Dunkin' Donuts. Dari observasin ini pun, kami juga bisa menarik kesimpulan, bahwasanya pihak dari Dunkin' Donuts tidak sepenuhnya berpartisipasi dalam pengumpulan data, ini juga salah satu ciri bahwa pihak pemilik modal walaupun agak lengang tapi masih ada yang ditutupi untuk khalayak umum, ini juga termasuk salah satu ciri bahwa mereka adalah restaurant waralaba dengan teori ekonomi kapitalis marxisme.

      Kita ketahui bahwa sekarang "Sepertinya" hampir seluruh perusahaan di berbagai bidang di Indonesia sudah berkiblat pada teori ekonomi marxisisme. Mengapa bisa dikatakan demikian? sama-sama kita ketahui, bahwa buruh kini sedang sengsara &  melarat serta merana, karena dikeluarkan uu bahwa kenaikan gajih buruh hanya naik 5 tahun sekali, ini membuktikan bahwa tidak adanya perhatian atau kurangnya perhatian kepada para buruh (kaum proletar) dan ini jugalah yang merupakan inti dari teori ekonomi kapitalis marxisme.

DAFTAR PUSTAKA :

·         www.dunkindonuts.co.id

·          https://id.wikipedia.org/wiki/dunkindonuts

·         Buku (Geogre Ritzer,Douglas J.goodman teori marxis dan teori neo marxisme),

·         Teori sisiologi klasik sampai perkembangan mutakhir teori sosial post modern : George ritzer douglas j. Goodman.

·         Study lapangan Restoran Waralaba (Franchise) Dunkin' Donuts Jakpus, Jalan MH. Thamrin No. 11 Sarinah .



[1] geogre ritzer,douglas j.goodman, teori marxis dan teori neo marxisme,1

[2] geogre ritzer,douglas j.goodman, teori marxis dan teori neo marxisme,2

Cari Blog Ini