Kamis, 17 September 2015

Awanda Noviani. Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial (jurnalistik 1/A)

Nama: Awanda Noviani
NIM: 11150510000084
kelas: Jurnalistik I.A

A. pengertian Komunitas

Komunitas adalah suatu perkumpulan dari beberapa orang untuk membentuk satu organisasi yang memiliki kepentingan bersama. Komunitas dapat bersifat teritorial atau fungsional. Selain itu istilah komunitas dapat merujuk pada arti warga dalam sebuah kota, desa atau bahkan negara. Seperti yang kita ketahui warga perkotaan juga mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk dapat tinggal dan hidup di kota tersebut. komunitas juga dapat diartikan sebagai kumpulan orang-orang yang punya tujuan sama dan ingin berbagi satu sama lain. definisi lain dari komunitas adalah sebuah kelompok yang menunjukkan adanya kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khas keanggotaannya.

B. Pengertian Organisasi

Istilah organisasi secara harfiah dapat diartikan sebagai suatu kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu. Istilah sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam masyarakat. Organisasi sosial yang merupakan gabungan dari kedua kata tersebut dapat diartikan sebagai suatu susunan atau struktur dari berbagai hubungan antar manusia yang terjadi dalam masyarakat, di mana hubungan tersebut merupakan suatu kesatuan yang teratur. Secara luas organisasi sosial diartikan sebagai jaringan tingkah laku manusia dalam ruang lingkup yang kompleks pada setiap masyarakat. Sedangkan dalam arti sempit organisasi sosial dimaksudkan sebagai tingkah laku seseorang dalam kelompok-kelompok kecil, seperti keluarga, sekolah dan sebagainya. Secara ringkas organisasi sosial dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian pelapisan terstruktur hubungan antar manusia yang saling ketergantungan.

C. Pengertian Kelompok Sosial
Secara sosiologis istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Dalam buku sociology An Introduction. Joseph S. Roucek dan Roland L. Warren (1984), menyatakan bahwa satu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang di antara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhan. Mayor Polak (1979) berpendapat bahwa  kelompok adalaah suatu grup, yaitu sejumlah orang yang ada hubungan satu sama lain dan antar hubungan itu bersifat sebagai sebuah struktur.
Melalui kelompok sebagaimana dikatakan oleh Polak itu, manusia dapat  bersama-sama dalam usaha memenuhi berbagai kepentingan-nya. Didalam suatu kelompok masyarakat seorang pribadi harus dalam membedakan dua kepentingan, yaitu ia sebagai makhluk individu dan sekaligus ia sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk individu manusia pada dasarnya mempunyai hasrat untuk sebesar-besaarnya mengutamakan kepentingan diri sendiri. Namun demikian manusia tidak mungkin dapat hidup layak tanpa berkelompok, oleh karena berkelompok itulah maka manusia dapat meneruskan keturunannya secara wajar.
            Menurut Wila Huky (1982), bahwa kelompok merupakan suatu unit yang terdiri dari orang atau lebih, yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.


D. Contoh
Komunitas: komunitas pecinta alam, komunitas pecinta reptil, komunitas moge.
Organisasi: Osis, MPK, Rohis, PMI, dll.
Kelompok sosial: Keluarga, RT, RW, kelompok sepeda onthel Jogja.


E. Persamaan Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial
1. sama-sama dibentuk oleh sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama
2. sama-sama dikaji oleh sosiologi yang tergabung dalam suatu kelompok kajian kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat.

F. Perbedaan Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial
  Kelompok: adalah merupakan sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda atau barang, hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu.

Organisasi: adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.

Komunitas :  adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya.



Sumber:
Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Abdulsyahni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini