Senin, 10 Maret 2014

Enung khoeriyah_tugas1_teori sosiologi modern Emile Durkheim

1113054100003
MENGENAL TEORI SOSIOLOGI EMILE DURKHEIM

            Lahir di Epinal perancis 15 april 1858 Durkheim di akui sebagai salah salah satu pelopor dalam perkembangan sosiologi modern dan memiliki latar akademis di bidang sosiologis. Ia menerbitkan sebuah jurnal pertama berjudul L’Annee Sociologique  pada tahun 1896 yang  kemudian di abdikan pada ilmu sosial. Perhatian yang di utamakan Durkheim adalah bagaimana masyarakat dapat mempertahankan integritas dan koherensinya di masa yang akan datang, masa dimana ketika latar belakang keagamaan dan etnik tidak di perhitungkan lagi.

Irsyadi Farhan Tugas 1 Dinamika Desa


Dinamika Desa dalam Tinjauan Sejarah dan kebijakan Pembangunan di Indonesia


A. Transformasi dan perubahan sosial masyarakat pedesaan.

Pembangunan atau pengembangan pedesaan sangat di perlukan untuk
Indonesia karena sebagian besar penduduk Indonesia, yaitu sebesar
kurang lebih 60%, melakukan pertanian sebagai mata pencaharian, dan
mereka tinggal di pedesaan. Pembangunan atau pengembangan pedesaan
('rural development), menurut Mosher (Mosher, 1969, h. 91), dapat
mempunyai tujuan: 1. Pertumbuhan sektor pertanian,

Iis Sudianti Tugas1 Kabuyutan

TUGAS1_EKOLOGI MANUSIA_KONSEP KABUYUTAN
Iis Sudiyanti_1111054000006_PMI6

Istilah Kabuyutan dalam agama Sunda setidaknya sudah ada pada awal abad ke-11 M. Prasasti Sanghyang Tapak yang dibuat kira-kira tahun 1006-1016 M, menerangkan bahwa Prabu Sri Jayabupati (selaku Raja Sunda) sudah menetapkan sebagian dari wilayah walungan Sanghyang Tapak (ketika itu) selaku kabuyutan, yaitu tempat yang mempunyai pantangan yang harus dituruti oleh semua rakyatnya. Istilah ini terbentuk dari kata dasar buyut. Adapun kata buyut mengandung dua arti.

Muhammad Dzul Azmi Tugas1_Konsep Kabuyutan


KABUYUTAN
Istilah Kabuyutan dalam agama Sunda setidaknya sudah ada pada awal abad ke-11 M. Prasasti Sanghyang Tapak yang dibuat kira-kira tahun 1006-1016 M, menerangkan bahwa Prabu Sri Jayabupati (selaku Raja Sunda) sudah menetapkan sebagian dari wilayah walungan Sanghyang Tapak (ketika itu) selaku kabuyutan, yaitu tempat yang mempunyai pantangan yang harus dituruti oleh semua rakyatnya.

Fevi Saleha Tugas1 Konsep Kabuyutan

Kabuyutan
Definisi kabuyutan
            Kabuyutan yaitu tempat pemuka kerajaan, pendeta atau punjagga dahulu kala bekerja, atau tempat kegiatan religius. contohnya berupa situs seluas lima hektare dengan kekayaan peninggalan sejarah di mana terdapat prasasti, berbagai jenis pepohonan, dan tetumbuhan.

Lutfi Amrullah Tugas1 konsep kabuyutan

-          Kabuyutan sebagai Nilai Pokok Kebudayaan Tatar Sunda

Nilai-nilai pokok atau dimensi paling penting dari suatu kebudayaan adalah nilai-nilai yang universal yang akan diterima oleh bangsa apa pun di dunia ini; atau nilai-nilai yang kebenarannya tidak perlu diperdebatkan lagi dan yang diperlukan hanyalah aplikasi atau pengamalannya. Nilai-nilai pokok adalah landasan, sumber, dan muara dimensi-dimensi atau nilai-nilai penting lainnya dari suatu kebudayaan. Apabila suatu bangsa berhasil merevitalisasi nilai-nilai pokok budayanya, maka bangsa tersebut berpeluang untuk meraih kembali kejayannya.

Budhi Baihakki, PMI 6, Konsep Kabuyutan

KONSEP KABUYUTAN
Salah satu dimensi paling penting dalam nilai-nilai universal kebudayaan Tatar Sunda adalah apa yang terangkum dalam istilah kabuyutan. Leluhur-leluhur Sunda sangat mewanti-wantikan anak keturunan dan masyarakatnya agar mereka benar-benar menjaga dan memelihara kabuyutan. Dalam salah satu naskah kuno Sunda dikatakan bahwa anak bangsa yang tidak mampu mempertahankan kabuyutan-nya jauh lebih hina dibanding kulit musang  yang tercampak di tempat sampah. Untuk identifikasi kandungan nilai-nilai dalam nilai pokok kabuyutan ini penting kiranya untuk mengenal penggunaan istilah kabuyutan dalam sejarah.

TUGAS1_EKOLOGIMANUSIA.

 

M. Irhamni Tugas1 Kabuyutan

Istilah Kabuyutan dalam agama Sunda setidaknya sudah ada pada awal abad ke-11 M. Prasasti Sanghyang Tapak yang dibuat kira-kira tahun 1006-1016 M, menerangkan bahwa Prabu Sri Jayabupati (selaku Raja Sunda) sudah menetapkan sebagian dari wilayah walungan Sanghyang Tapak (ketika itu) selaku kabuyutan, yaitu tempat yang mempunyai pantangan yang harus dituruti oleh semua rakyatnya.Istilah ini terbentuk dari kata dasar buyut. Adapun kata buyut mengandung dua arti.

ZAENAL ARIFIN Tugas1 Desa dalam Tinjauan

DINAMIKA DESA DALAM TINJAUAN DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DI INDONESIA

A.  Transformasi dan perubahan sosial masyarakat pedesaan

Pembangunan desa sangan di butuhkan buat orang-orang yang kurang mampu seperti di pedesaan. Sebagian besar masyarakat indonesia kurang lebih 50% yaitu pekerja pertanian atau bercocok tanan dan 40% di kuasai oleh orang-orang yang mampu atau bisa di namakan orang kaya. orang desa melakukan pertanian dan tinggal di pedesaan.[1] Dan wilayah pedesaan terdiri atas teritorium alam dan penduduk manusia serta kebudayaannya. Pada tahun 1992, di Indonesia terdapat kurang lebih 62.000 desa dan kelurahan, dan pada tahun 2000 ada kurang lebih 67.000 serta pada tahun 2003 terdapat 72.000 desa dan kelurahan.

Siti Nuraini_Tugas1_Konsep Kabuyutan

SITI NURAINI_PMI 6_1111054000013_KONSEP KABUYUTAN
Istilah Kabuyutan dalam agama Sunda setidaknya sudah ada pada awal abad ke-11 M. Prasasti Sanghyang Tapak yang dibuat kira-kira tahun 1006-1016 M, menerangkan bahwa Prabu Sri Jayabupati (selaku Raja Sunda) sudah menetapkan sebagian dari wilayah walungan Sanghyang Tapak (ketika itu) selaku kabuyutan, yaitu tempat yang mempunyai pantangan yang harus dituruti oleh semua rakyatnya.
Istilah ini terbentuk dari kata dasar buyut. Adapun kata buyut mengandung dua arti. Pertama, turunan keempat (anak dari cucu) atau leluhur keempat (orang tua dari nenek dan kakek). Kedua, pantangan atau tabu alias cadu atau pamali.

Aulia Ulfa_Tugas 1_ Dinamika Desa

Aulia Ulfa
pmi2
1113054000020

Dinamika Desa dalam Tinjauan Sejarah dan kebijakan Pembangunandi Indonesia

        Maksud pembangunan desa adalah menghilangkan atau mengurangi berbagai hambatandalam kehidupan sosial - ekonomi, seperti kurang pengetahuan dan keterampilan, kurang kesempatan kerja, dan sebagainya. Akibat berbagai hambatan tersebut, penduduk wilayah pedesaan umumnya miskin. Salah satu hambatan tersebut adalah tidak meratanya kepemilikan tanah. Misalnya , pada tahun 1973, di Nepal (Misra, 1981,
h. 233-237), 63%  dari keluarga petani kecil hanya memiliki 10,6% dari
seluruh tanah pertanian, sedangkan 17,6% dari keluarga petani besar memiliki
71,50%.

SarahAmaliaKusnendar_tugas1_teori durkheim

Emile durkheim adalah seorang sosiologi dari perancis yang lahir pada tanggal 15 April 1858, Ia berasal dari keluarga Yahudi prancis yang saleh. Kebanyakan dari karya durkheim di maksudkan untuk membuktikan bahwa fenomena keagamaan berasal dari faktor-faktor sosial bukan illahi. Namun karna demikian latar belakang yahudinya membentuk sosiologinya. durkheim di pandang sebagai pewaris tradisi pencerahan karena penekanannya pada sains, perhatian durkheim yang pertama adalah bagaimana masyarakat dapat mempertahankan integritas dan koherensinya di masa modern, ketika hal-hal seperti latar belakang keagamaan dan etnik bersama tidak ada lagi. Durkheim meninggal pada 15 november 1917 sebagai seorang tokoh intelektual perancis tersohor. Tetapi karya durkheim mulai mempengaruhi sosiologi amerika dua puluh tahun setelah kematiannya, yakni setelah terbitnya “the structure of social action (1937) karya talcott parsons.

Syifa Thoyyibah. PMI 6. Tugas Mata Kuliah Ekologi Manusia

.Syifa Thoyyibah. Tugas Mata Kuliah Ekologi Manusia

KABUYUTAN SUNDA

Antara manusia dan alam mempunyai ketergantungan yang tinggi satu sama lain. Sehingga eksistensi alam adalah eksistensi manusia, dan sebaliknya.
Konsepsi alam yang ekologis tersebut kemudian mengarahkan kepada pandangan alam, terutama air, sebagai yang “sakral.” Makna air/tanah air sendiri dalam kamus bahasa Sunda (Danadiberata:2006) sepadan dengan kata “kabuyutan” yang mempunyai beberapa makna antara lain: hulu air, hutan, tempat tinggal manusia, dan juga barang-barang kerajaan yang dikeramatkan. Sakralitas kabuyutan sebenarnya bukan disebabkan karena daya magisnya, melainkan karena vitalitasnya bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan kata lain, sakralitas kabuyutan tersebut ditujukan untuk menjamin semua yang dibutuhkan manusia itu tersedia di alam. 

Nur Fajrina_ Tugas1 Ekologi (KABUYUTAN)

Nama           : Nur Fajrina
NIM             : 1111054000009
Tugas          : Ekologi Sunda 1 ( KABUYUTAN )
Orang Kanekes atau orang Baduy/Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat sub- etnis Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka sekitar 5.000 hingga 8.000 orang, dan mereka merupakan salah satu suku yang menerapkan isolasi dari dunia luar. Selain itu mereka juga memiliki keyakinan tabu untuk difoto, khususnya penduduk wilayah Baduy dalam.

Qayumah tugas1_teori emile durkheim

TEORI EMILE DURKHEIM

Emile Durkheim adalah tokoh yang sering disebut sebagai eksemplar dari lahirnya fungsi fungsionalisme, ia anak seorang rabi yahudi  yang lahir di epinal ,prancis tahun 1858. Namun Durkheim tidak mengikuti tradisi orang tuannya untuk menjadi rabi. Ia memilih menjadi katholik, namun kemudian memilih untuk tidak tahu menahu tentang kathilikisme. Ia lebuh menaruh perhatian pada masalah moralitas, terutama moralitas kolektif.

ALFIAN BAYU PRASETIO_Tugas1 Dinamika Desa dalam Tinjauan


Dinamika Desa dalam Tinjauan Sejarah dan kebijakan Pembangunan   di Indonesia masyarakat yang masih bertaraf tradisional, perubahan sosial yang terjadi bias jadi menimbulkan problema yang berkepanjangan hingga masyarakat tersebut dapat mennyesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Misalnya ketika diterapkannya revolusi hijau di pedesaan Jawa pada tahun 70-an, yang meliputi pemilihan bibit unggul untuk menggantikan bibit lokal, penggunaan pupuk dan pestisida, serta berbagai peralatan modern dalam bidang pertanian lainnya (traktor, hulerdansabit) banyak sekali kekacauan social dalam masyarakat. 

Elitanoveliyanti_Tugas1_Teori Sosiologi durkheim

A. Profil dan riwayat hidup Emile Durkheim

Lahir di Epinal propinsi Lorraine, Perancis Timur pada tanggal 15April 1858. Dia termasuk dalam tokoh Sosiologi yang memperbaiki metode berpikir Sosiologis yang tidak hanya berdasarkan pemikiran-pemikiran
logika filosofis tetapi Sosiologi akan menjadi suatu ilmu pengetahuanyang benar apabila mengangkat gejala sosial sebagai fakta-fakta yang dapat diobservasi.Dia dilahirkan dalam keluarga agamis namun pada usia
belasan tahun minat terhadap agama lebih akademis daripada teologis.

Adiatma_Tugas1_Sosiologi_Pedesaan

ADIATMA
1110054000035
Pengembangan Masyarakat Islam Semester VIII
            Desa adalah suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat termasuk di dalamnya kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai organisasi pemerntahan terendah langsung dibawah camat dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Sosiologi pedesaan adalah sosiologi yang tentang struktur dan proses-proses sosial yang terjadi di pedesaan. Bidang kajian ini menekankan pada masyarakat pedesaan dan segala dinamikanya yang antara lain mencakup struktur sosial, proses sosial, mata pencaharian, pola perilaku, serta berbagai transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi

Cari Blog Ini