Minggu, 09 November 2014

Revisi Tugas Filsafat dalam Aplikasi Komunikasi_Dinda Tiara Alfianti_KPI 5D_1112051000102

Aplikasi Filsafat dalam
Komunikasi (Facebook)
            Secara Ontologi Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Secara epistimologi Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?"Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011.Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini
Secara aksiologi Facebook mempunyai peran yang sangat besar dalam komunikasi. Karena dengan facbook manusi dapat berkomunikasi dengan banyak orang walau jarak jauh. Facebook dapat membuat manusia berkomunikasi secara jarak jauh bahkan dapat berkomunikasi dengan orang yang berada di luar negeri sekalipun. Selain itu facebook juga dapat membuat orang mempunyai banyak teman baru yang jaraknya ada jauh dimanapun. Dengan facebook kita juga dapat mengupload gambar serta berbagi video kepada banyak orang. Sekarang ini facebook juga digunakan oleh banyak perusahaan online shop untuk mempromosikan daganganya. Dengan begitu para penjual juga dapat berkomunikasi dengan pembelinya walaupun jaraknya berjauhan. Facebook dapat mebuat orang yang sangat berjauhan sekalipun dapat menjadi sangat dekat karena aplikasi ini.
 
 

tugas 7 (perbaikan tugas 6)_Fadel Muhammad Anugrah

Fadel M. Anugrah

KPI 5D

1112051000113

 

Aplikasi filsafat dalam Komunikasi (Microsoft Word)

1.     Filsafat dalam Komunikasi

Filsafat ilmu adalah bagian dari filsafat pengetahuan atau sering juga disebut epistimologi. Epistimologi berasal dari bahasa Yunani yakni episcmc yang berarti knowledge, pengetahuan dan logos yang berarti teori. Istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh J.F. Ferier tahun 1854yang membuat dua cabang filsafat yakni epistemology dan ontology (on = being, wujud, apa + logos = teori ), ontology ( teori tentang apa). Secara sederhana dapat dikatakan bahwa filsafat ilmu adalah dasar yang menjiwai dinamika proses kegiatan memperoleh pengetahuan secara ilmiah. Ini berarti bahwa terdapat pengetahuan yang ilmiah dan tak-ilmiah. Adapun yang tergolong ilmiah ialah yang disebut ilmu pengetahuan atau singkatnya ilmu saja, yaitu akumulasi pengetahuanyang telah disistematisasi dan diorganisasi sedemikian rupa; sehingga memenuhi asas pengaturan secara prosedural, metologis, teknis, dan normatif akademis.

·      Epistemologi ; merupakan cabang filsafat yang menyelidiki asal, sifat, metode, dan batasan pengetahuan manusia yang bersangkutan dengan kriteria bagi penilaian terhadap kebenaran dan kepalsuan. Epistemologi pada dasarnya cara bagaimana penegtahuan disusun dari bahan yang diperoleh yang dalam prosesnya menggunakan metode ilmiah. Metode adalah tatacara dari suatu kegiatan berdasarkan perencanaan  

·     Onthologi ; adalah cabangfilsafat mengenai sifat (wujud) atau lebih sempit lagi sifat fenomena yang ingin kita ketahui. Dalam ilmu pengetahuan sosial onthologi terutama berkaitan dengan sifat interaksi sosial. Menurut Stephen litle john, onthologi adalah mengerjakan terjadinya pengetahuan dari sebuah gagasan kita tentang pengetahuan itu merupakan bagian dari gagasan kita tentang realitas. Bagi ilmu sosial onthologi memiliki keluasan eksistensi kemanusiaan.

·      Aksiologis ; adalah cabang filsafat yang berkaitan dengan nilai seperti etika, estetika, atau agama. Litle john menyebutkan bahwa aksiologis, merupakan bidang kajian filosofis yang membahas value (Nilai-nilai)

2.     Produk Komunikasi

Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.

Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.

Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi '95, '97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.

Pada tahun

(1981-1990)

Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.

Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.

Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.

Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.

Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

Tahun 1990-1995

Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.

Kini Microsoft Word sampai pada rilis versi terbaru yaitu Microsoft Word 2007. Inovasi yang dilahirkan Microsoft dalam pengembangan program maupun grafis Microsoft Office termasuk MS. Word tentu akan terus berjalan seiring dengan perkembangan teknologi dan gaya hidup.

3.     Analisis

Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan Salah satunya adalah ilmu Aplikasi Komputer Microsoft Word. Aplikasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk menguasai ilmu komputer seperti Microsoft word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia. Dengan aplikasi tersebut semua tulisan atau bacaan bisa diaplikasikan dengan mudah menggunakan Microsoft Word

 

Putra_akbar_kpi5D

Nama : putra akbar alkautsar
Nim : 1112051000106
Kelas : kpi 5 D

ETIKA DALAM PROFESI KOMUNIKASI
Etika berasal dari bahasa yunani kuno yaitu “ethikos” yang berarti timbul dari kebiasaan, etika adalah cabang utama dari filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenal standard an penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep dasar benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.
Profesi adalah suatu pekerjaan yang melaksanakan tugasnya memerlukan atau menuntut keahlian (expertise) menggunakan teknik-teknik ilmiah serta dedikasi yang tinggi. Keahlian yang diperoleh dari lembaga pendidikan khusus diperuntukan untuk itu dengan kurikulum yang dapat dipertanggung jawabkan. Seseorang yang menekuni suatu profesi tertentu disebut professional, sedangkan professional itu sendiri mempunyai makna yang mengacu kepada sebutan orang yang menyandang suatu profesi dan sebutan tentang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengan profesinya.
PENGERTIAN ETIKA PROFESI
Etika profesi menurut keiser dalam ( suhrawadi lubis, 1994:6-7 ) adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan penuh ketertiban dan keahlian. Kode etim profesi adalah system norma, nilai, dan aturan professional tertulis. Yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik. Dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi professional. 
Dalam ruang lingkup yang lebih sempit profesi merupakan kelompok lapangan pekerjaan yang secara khusus melaksanakan kegiatan yang membutuhkan keterampilan dan keahlian tinggi untuk memenuhi tanggung jawabnya. Pemakaian keterampilan dan keahlian tersebut dicapai dengan penguasaan pengetahuan pada mencakup etika pekerjaan yang diterapkan oleh anggota yang bergelar profesi tersebut.
Etika profesi mengacu pada pedoman perilaku yang dilakukan berkaitan dengan profesi tersebut. Pada dasarnya setiap hal yang menyangkut hubungan social dengan individu lain, memiliki pedoman atau kaidahyang mengatur bagaimana kegiatan tersebut terjalin pada setiap individu yang menjalaninya. Salah satu cara mendapatkan pekerjaan impian  adalah dengan memahami pentingnya etka profesi ini.

ETIKA PROFESI JURNALIS DAN MEDIA ELEKTRONIK
Fairness
Aspek kejujuran merupakan etika yang didasarkan kepada data dan fakta. Yang dimaksud dengan fairness adalah berlaku jujur. Tidak mendustakan informasi yang di dapat untuk disiarkan melalui media tempatnya bekerja. Jujur juga berlaku adil atau tidak memihak kemana-mana kecuali kepada kebenaran yang ditemui di lapangan. Selain itu unsure fairness adalah bersikap wajar dan patut. Sesutau yang dipublikasikan tidak boleh terlepas dari unsure keterpatutan menurut etika yang berlaku.

Akurasi
Sebagai unsure pokok dalam etika profesi adalah ketepatan data atau informasi yang di siarkan kepada khalayak. Dalampraktek jurnalis lazim berlaku prinsip check dan recheck yakni suatu pekerjaan meneliti ulang data dan informasi. Jika perlu berkali-kali.

Bebas dan bertanggung jawab
Kebebasan ini mengandung pengertian bahwa seorang wartawan mempunyai kemerdekaan dan kebebasan untuk mencari dan mengumpulkan data serta menyampaikan informasi kepada khalayak.

Kritik dan konstruktif
Salah satu pokok etika dalam bidang media massa ini adalah dimilikinya sifat mengeritik atau mengoreksi atas kekeliruan yang terjadi penyimpangan oleh seseorang atau sekelompok orang, maka adalah tanggung jawab etik untuk melakukan perbaikan,

ETIKA PROFESI PR
Tanggung jawab
Tanggung jawab terhadap pelaksanaan pekerjaan atau artinya keputusan yang diambil dan hasil dari pekerjaan tersebut harus baik serta dapat dipertanggung jawabkan berdasarkan standar profesi. Dan bertanggung jawab apakah hasil pekerjaan nya itu dapat memberikan manfaat dan berguna bagi dirinya dan orang lain.

Ketidakterikatan
Memiliki kebebasan dalam menjalankan profesinya tanpa merasa khawatir atau ragu-ragu. Tetapi memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam batas-batas aturan main yang telah ditentukan kode etik sebagai standar perilaku professional

Kejujuran
Jujur dan setia serta merasa terhormat terhadap profesi yang dimilikinya, mengakui akan kelemahan dan tidak menyombongkan diri, serta berupaya terus untuk mengembangkan diri dalam mencapai kesempurnaan bidang keahlian melalui pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.

Keadilan
Memiliki kewajiban dan tidak dibenarkan melakukan pelanggaran terhadap hak atau mengguanggu omilik orang lain, lembaga, atau organisasi, hingga mencemarkan nama baik bangsa dan Negara. Menghargai hak-hak, menjaga kehormatan nama baik, martabat dan saling menghormati secara obyek dalam kehidupan masyarakat.

Otonomi
Memiliki kebebasan secara otonomi dalam menjalankan profesinya sesuia keahlian, pengetahuan dan kemampuannya. Apapun yang dilakukannya itu adalah merupakan konsekuaensi daritanggung jawab profesi, kebebasan otonom merupakan hak dan kewajiban yang dimiliki bagi setiap professional.

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

Tugas 6 (Perbaikan)_Etika Filsafat Komunikasi_Tiara Desta Arum(1112051000124)_KPI5D

Tugas 6 : Aplikasi Filsafat dalam Komunikasi (Omegle)
A.    Filsafat Dalam Komunikasi
Ada keyakinan mendasar bahwa filsafat bertitik tolak pada pengalaman. Manusia yang berfilsafat berada dalam satu konteks pengalaman tertentu. Untuk memberi makna kehidupan dalam filsafat, diandaikan bahwa manusia memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang apa yang akan menjadi bahan refleksinya. Filsafat selalu memulai dengan bentuk pengetahuan tertentu, dari suatu bidang pengalaman tertentu.
Dari sejarah filsafat sendiri, filsuf  selalu mulai dengan apa yang dianggap sebagai pengetahuan, sistem ide, keyakinan, dan hidup dalam tradisi masyarakat waktu itu. Berbagai bentuk pengetahuan dan bidang pengalaman yang tersedia bagi refleksi filsafat, perlu dipilih, diseleksi dan dianalisa. Setelahnya, filsafat mengatur dan menginterpretasikan ide-ide, keyakinan, serta nilai sehingga terbentuk suatu sistem pemikiran yang mampu memberi arah pada kehidupan manusia.
Semua makhluk hidup pada dasarnya berkomunikasi. Jangankan manusia yang diberkahi akal budi, binatang saja pada dasarnya melakukan komunikasi dengan sesamanya. Komunikasi sebagai praktik sudah ada seiring dengan diciptakan manusia, dan manusia menggunakan komunikasi dalam rangka melakukan aktivitas sosialnya. Karenanya manusia tidak mungkin berkomunikasi.
Secara etimologi (bahasa), kata "komunikasi" berasal dari kata bahasa Inggris "communication" yang mempunyai akar kata dari bahasa Latin "communicare" (Weekley, 1967: 338). Kata "communicare" sendiri memiliki tiga kemungkinan arti, yaitu :
1.      "to make common", atau membuat sesuatu menjadi umum;
2.      "cum + munus", berarti saling memberi sesuatu sebagai hadiah; dan
3.      "cum + munire", yaitu membangun pertahanan bersama.
Aplikasi filsafat dalam komunikasi, komunikasi melibatkan hubungan seseorang dengan orang lain atau sehubungan seseorang dengan lingkungannya, baik dalam rangka pengaturan atau kordinasi. Dalam kehidupan nyata, aplikasi filsafat komunikasi bisa dilihat dari cara manusia satu dengan manusia lainnya berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Seorang warga lingkungan setempat harus melaporkan dirinya kepada ketua lingkungan setempat dengan cara berkomunikasi karena peraturan yang telah ditetapkan di dalam lingkungan tersebut.
B.     Produk Komunikasi
·       OMEGLE
Omegle adalah situs obrolan online gratis yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang asing tanpa mendaftar. Layanan secara acak pengguna dalam satu-satu sesi chat di mana mereka chatting anonim menggunakan pegangan "Anda" dan "Orang asing". Situs ini di buat oleh 18-tahun Leif K-Brooks dari Brattleboro, Vermont, dan diluncurkan pada tanggal 25 Maret 2009.[1] Kurang dari sebulan setelah peluncurannya Maret 2009, omegle mengumpulkan sekitar 15.000 tampilan halaman hari, dan Maret 2009 situs menampilkan konferensi vidio. Situs ini sekarang menampilkan aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna chatting dengan orang asing dari perangkat mobile.  
Omegle pada awalnya obrolan teks saja yang dipasangkan pengguna secara acak untuk berkomunikasi sebagai "Orang asing". Namun,  pada tahun 2010, omegle memperkenalkan modus vidio untuk modus teks chat, yang bersama-sama pasangan orang asing yang menggunakan web-cam dan mikrofon. Obrolan vidio juga memiliki jendela teks built in. Pada tahun 2011, versi beta dari vitur baru "mode mata-mata", diperkenalkan. Dalam mode mata-mata pengguna mempunyai dua pilihan untuk menjadi mata-mata atau mengajukan pertanyaan dari dua orang asing. Pada tahun 2012, omegle menambah fitur baru untuk mode teks dan vidio. Pada tahun 2013, versi di monitor dari modus vidio obrolan di buka. Dan pada tahun 2014, omegle mulai bereksperimen dengan mode obrolan "asrama" yang mengharuskan pengguna memberikan email berakhiran "edu" jika berhubungan dengan universitas.
Kontroversi omegle, situs ini tidak menyensor kontribusi melalui filter senonoh, dan pengguna mungkin menemui konten seksual di depan kamera.[2] K-Brooks telah mengakui isi yang meragukan dalam situs, pada satu waktu ia mengungkapkan kekecewaannya pada cara situs telah digunakan.[3] Hal ini juga perlu dicatat bahwa situs tersebut memiliki banyak pengguna bermasalah, sehingga tidak aman untuk anak-anak, yang akan menghadapi konten seksual secara hampir terus menerus.
Sebagai salah satu produk komunikasi media internet, omegle memiliki jangkauan komunikasi yang luas. Pada dasarnya omegle ini di buat untuk berkomunikasi dengan orang asing, ini bisa berguna untuk menambah wawasan kita dalam menggunakan bahasa asing dan menambah pertemanan dari negara lain. Tapi, omegle memiliki sisi negatif yang berbahaya karena tidak adanya filter untuk konten pornografi. Sebagai pengguna internet yang bijaksana dan mempelajari tentang etika dan filsafat komunikasi kita harus tahu batasan dari komunikasi digunakan sebagaimana mestinya, untuk kebutuhan hidup dan interaksi sosial bukan untuk menyebarkan hal-hal negatif.
 
 
Sumber : Mufid Muhammad, Etika dan Filsafat Komunikasi,(Jakarta: Kencana: 2009)
              "Omegle-Wikipedia, free encyclopedia. En.wikipedia.org" diakeses 2014-11-09.
 


[1] Info Situs Omegle.com. Alexa Internet diakses 2014-04-01.
[2]" Chatroulette and Omegle: chat room with a twist". BBC News. 2010-03-24.
[3] " Chatroulette and Omegle: chat room with a twist". BBC News. 2010-03-24.

 
ANALISIS KESEHATAN LINGKUNGAN DAN DEMOGRAFI PENDUDUK
Tugas ini dibuat untuk melengkapi tugas-tugas yang diberikan kepada kami:

DOSEN PEMBIMBING:
Dr.Tantan Hermansyah, M.Si

DIBUAT OLEH:
Dwiki Handika
(11120540000...)
Zuyin Arwani
(1112054000020)
 
 
 
 
JURUSAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2014
  

LEMBAGA YANG DI ANALISIS
Lembaga Kesehatan Terapi Az-Zuru di Pasar Kemis Kab.Tangerang
A.    Latar Belakang Lembaga Kesehatan
Lembaga kesehatan terapi Az-Zuru adalah lembaga yang berjalan dalam ranah kesehatan yang mana telah di assosiasikan dalam ranah yaitu Tibbun Nabawi. Terapi Az-Zuru merupakan terapi yang sifatnya alamiah, Ilmiah dan Illahiyah. Almiah adalah suatu methode yang mana dalam pengobatan tersebut si penerapi tidak menggunakan obat-obat yang sifatnya dari bahan kimia yang sifatnya hanya menenagkan saja akan tetapi sifatnya pun menyembuhkan dalam perlahan-lahan.
Lembaga kesehatan terapi Az-zuru ini bisa dibilang masih amatlah muda dan baru saja didirikan pada tahun 2013 kemaren. Singkatnya kenapa banyak lembaga yang didirikan dalam satu assosiasi terapi karena kecendrungan bagi lembaga-lembaga yang sifatnya medis mereka tidak bertanggung jawab terhadap pasiennya. Misalnya sebut saja pasien ani dalam beberapa rumah sakit dia di kalim terkena penyakit A akan tetapi di lain RS. Berbeda.
B.     Beberapa pertanyaan Kritis untuk institusi
1.      Apa motif pendirian Instistusi kesehatan
Sebenarnya motif kami dalam mendirikan sebuah intitusi kesehatan adalah yang pertama menolong masyarakat sekitar yang mana dalam keadaan tertentu ia ingin sehat akan tetapi ia kekurangan biaya ataupun lain-lainnya kami memfasilitasinya.
Yang kedua melihat tata daerah yang mana daerah tersebut bisa dibilang jauh dari Rumah sakit, sangat disayangkan jikalau seorang pasien sebelum dilarikan ke Rs sudah meninggal dunia terlebih dahulu.
2.      Bagaimana institusi memahami perilaku klien/konsumen/masyarakat pengguna jasa kesehatan ini ?
Untuk memahami prilaku psien/ klien kami, kami melihat dari prilaku seorang yang ingin berobat dan kami memberikan pelayanan yang baik.
3.      Pandangan mereka tentang penyelenggaraan kesehatan di indonesia (secara umum), dan di daerah/lokasi tempat lembaga/institusi beroprasi ?
Pandangan Dr. Imam memandang bahwa pada zaman sekarang secara keseluruhan tentang penelenggaraan kesehatan makin membaik dan makin maju, akan tetapi hal tersebut hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja.
 
C.     Beberapa pertanyaan untuk masyarakat
a)      mengapa bapa/ibu memilih klinik tersebut..?
Pa Jalal  pasien yang dirinya  intansi  di sini menjawab tempat disini amatlah dekat dan terjangkau sehingga saya tak perlu jauh-jauh ke Rs Yang jauh disana.  
b)      Lembaga kesehatan yang diadakan pemerintah…?
Lembaga yang di kelolah oleh pihak pemerintah memamng lebih murah, namun juga perlu di sadari bahwa terkadang pelayanannya agak ribet dan tidak rapih. Mungkin juga ini karena faktor banyaknya pasien yang berobat di pihak yang di bangun pemerintah.  
 
 
 

Cari Blog Ini