Blog tempat mengirimkan berbagai tugas mahasiswa, berbagi informasi dosen, dan saling memberi manfaat. Salam Tantan Hermansah
Selasa, 08 September 2015
Anzen Bhilla Setya_Pengertian, tokoh, teori sosiologi_Tugas 1_KPI 1/B
Hasyim Asyari_2 Tokoh_Tugas1soskot
MILLATUN HANIFAH_KPI I-A_PENGANTAR SOSIOLOGI_TUGAS 1
SYIFA_TIGA TOKOH_TUGAS 1 SOSKOT
Siti Maghfiroh_3Tokoh_Tugas1Soskot
Tomy Winata
|
Yuyun Yunena_ 3 Tokoh_ Tugas 1 Soskot
Syahrullah_3 Tokoh_Tugas 1 Soskot
Syarifah Asmar_3Tokoh_Tugas1Soskot
sherlyana pulungan kpi 1a tugas1
Eka sugiarti_KPI 1B_Pengantar Sosiologi_Tugas 1
PENGANTAR SOSIOLOGI
1. Pengertian Sosiologi
Apa itu sosiologi? Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatiannya pada pemahaman interpretif atas tindakan sosial dan pada penjelasan kausal atas proses dan konsekuensi tindakan tersebut.
2. Tokoh-Tokoh Utama Sosiologi
· Abdul RahmanIbnuKhaldun
Biografi : Ibnu khladun lahir di Tunisia, Afrika Utara, 27 Mei 1332 (Faghirzadeh, 1982). Ia mengabdi kepada Sultan Tunisia, Maroko, Spanyol dan Aljazair sebagai duta besar, penghulu kerajaan dan anggota dewan cendekiawan. Ia mengabiskan waktu selama dua tahun di penjara Maroko karena keyakinannya bahwa penguasa nergara bukanlah pemimpin agama. Ia kembali ke Afrika Utara dan menulis secara intensif secara 5 tahun. Karya yang dihasilkan dalam kurun waktu tersebut melambungkan namanya dan membawanya menjadi dosen di pusat studi islam, Masjid Universitas Al-Azhar di Kairo.
· Auguste Comte
Biografi : Augus Comte lahir di Montpelier, Prancis, pada tanggal19 Januari 1798 (Pickering, 1993: 7). .Pada tahun 1817 ia menjadi serketaris (dan"anakangkat" [Manuel, 1962:251]) Claude Henri Saint-Simon, seorang filsuf yang empat puluh tahun lebih tua dari Comte. Pada tahun 1826, Comte mengolah satu skema yang akan digunakannya untuk menyampaikan serangkaian 72 kuliah umum tentang filsafatnya. Comte mendapatkan posisi minor sebagai asisten pengajar pada tahun 1832. Tahun 1837, Comte mendapatkanposisi tambahan sebagai penguji ujian masuk, danuntuk pertama kalinya, ini memberikannya pendapatan yangmemadai.Selama kurun waktu tersebut, Comte mengerjakan 6 jilid karya yang melambungkan namanya, Cours de Philosophie Positive yang secara keseluruhan terbit pada tahun 1842 (jilid pertama terbit tahun 1830). Tahun 1851, Ia menyelesaikan 4 jilid buku Systeme de politique positive yang lebih bertujuan praktis, dan menawarkan rencana reorganisasi masyarakat.
· Karl Mark
Biografi :Karl Mark lahir di Trier, Prussia, pada tanggal 5 Mei 1818. Tahun 1841, Mark memperoleh gelar doctor filsafatnya di Universitas Berlin. Setelah lulus ia menjadi penulis di koran radikal-liberal dan dalam kurun waktu sepuluh bulan menjadi editor kepala. Setelah Koran itu ditutup oleh pemerintah, ia menikah lalu pindah meninggalkan Jerman. Mark menulis The Economic and Philosophic Manuscripts of 1844, yang memayungi perhatiannya yang semakin meningkat ke ranah ekonomi. Tahun 1845, ia diminta menulis satu dokumen yang memaparkan tujuan dan kepercayaannya. Hasilnya adalah Communist Manifesto yang terbit tahun1848. Tahun 1852 ia mulai studi terkenalnya tentang kondisi kerja yang kapitalisme di British Museum. Studi ini menghasilkan 3 jilid Capit,l, jilid pertama terbit tahun 1867 dua jilid lainnya terbit setelah Mark meninggal dunia. Mark wafat pada tanggal 14 Maret 1883.
· Robert Park
Biografi : Park lahir di Harveyville, Pennsylvania pada tanggal 14 Februari 1864. Ketika lulus dari Universitas, ia berkarir sebagai sebagai wartawan. Ia menulis tentang kehidupan kota secara terperinci. Setahap demi setahap Park mendapatkan pekerjaan tetap di Chicago.
· Immanuel Wallerstein
Biografi : Immanuel lahir pada tanggal 28 September 1930. Tahun 1960- an ia memperoleh pengakuan sebagai ahli Afrika, sumbangsih terpentingnya bagi sosiologi adalah buku The Modern World-System (1974) dan sudah diterjemahkan kedalam 10 bahasa. Ia mendapat penghargaan Prestisius Sorokin Award atas jilid pertama buku The Modern World-System pada tahun 1975.
3. Teori – Teori Besar Sosiologi
· Teori fungsionalisme structural
Parsons memproduksi pernyataan-pernyataan utamanya yang jelas merefleksikan peralihannya dari teori tindakan kepada funsionalisme structural. Fungsionalisme structural meraih hegemoni dalam bidang sosiologi.
· Teori Marxian
Teori Marxian tidak terlalu diperhatikan oleh para sosiolog utama, ada pengecualian dan yang paling menonjol adalah C. Wright Mills (1916-1962) mills menerbitkan 2 karya utama yang merefleksikan Politik radikil sekaligus kelemahannya dalam teori Marxian.
· Teori Konflik
Teori ini tidak memiliki apa yang justru banyak dibutuhkan-basis yang memadai pada teori Marxian. Pada akhirnya teori ini gagal karena tidak melangkah cukup jauh kea rah teori Marxian. Namun tori konflik membantu dalam membangun awal diterimannya pendekatan pada akhir tahun 1960-an.
Daftar pustaka
Ritzer, George & J. Goodman, Douglas. 2010. Teori Sosiologi Modern, Edisi Ke-6. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
hendrian julisna pmi 3 tugas soskot
AHMAD RIZAL_IBU DJUARNO, BAPAK WINANTO, IBU HJ SITI NUR KHOIRIAH_TUGAS 1 SOSKOT
1. NAMA : AHMAD RIZAL
NIM : 11140540000012
PRODI : PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM 3
Ibu Djuarno
Melihat kondisi anak-anak di lingkungan tempat tinggalnya sangat memprihatinkan. Ternyata hampir sebagian anak di Jakarta khususnya daerah Cilandak, Jakarta Selatan ternyata tidak bersekolah karena keluarganya tidak mampu dan putus sekolah. Bantuan pendidikan yang pernah diterimanya menambah kepedulian, sekaligus menguatkan niatnya untuk menyelenggarakan pendidikan gratis bagi warga Cilandak, Jakarta Selatan.
Sekolah yang digerakkan Ibu Djuarno beserta tenaga pengajar tersebut mengandalkan pendanaan dari donasi yang didapatkan dari portal infak, lembaga sosial dan perbankan, perusahaan.
Dalam situasi yang serba-terbatas dan prihatin, Ibu Djuarno dan guru-guru pengajar mengikhlaskan diri dan berikhtiar untuk melayani pendidikan anak-anak pemulung. Para guru hanya menerima honorarium sukarela perbulan. Namun, karena kecintaan terhadap anak-anak dan pendidikan mereka, Ibu Djuarno dan tenaga pengajar tetap bertahan dan mendidik anak-anak di Cilandak secara gratis. Ketika itu, banyak anak yang tak berseragam dan mereka belajar beralas tikar.
Selain sekolah paket yang diadakan Ibu Djuarno juga mengadakan Pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga mereka. Lalu ada juga pengobatan tidak gratis namun dikenakan biaya yang relatif murah Rp. 5.000,-.
Ibu Djuarno sukses mendirikan sekolah paketnya karena banyak anak didiknya yang sekarang sudah sukses, itu berkat beasiswa yang diberikan oleh Ibu Djuarno.
Ibu Djuarno menginspirasi bahwa disekitar kita masih banyak yang membutuhkan pendidikan dan memberdayakan mereka.
Ibu Djuarno juga menjadi teladan di lingkungannya ia aktif di lingkungan sekitarnya, mulai dari kelurahan, kecamatan dan LSM.
2. Bapak Winanto
Berkat usahanya yang tak kenal lelah, pengusaha kerupuk asal Indramayu ini mampu menyekolahkan anaknya hingga menjadi Dokter, TNI, Perias Pengantin. Bapak winanto sukses memiliki pabrik kerupuk serta bisa mempekerjakan warga di kampungnya untuk menjadi pegawai di Jakarta, Bahkan ia membuka lowongan pekerjaan untuk warga sekitar Jagakarsa bila ingin bekerja di pabriknya.
Bapak winanto menginspirasi saya bahwa dengan usaha yang disokong doa, niscaya usaha apa pun akan menuai hasil memuaskan. Keyakinan ini mengantarkan Bapak Winanto menjadi seorang perajin kerupuk cukup mentereng di Jakarta.
Bapak Winanto juga aktif di lingkungannya ia mengikuti semua kegiatan di daerahnya.
3. Ibu Hj Siti Nur Khoiriah
Kepala sekolah merupakan salah satu PTK yang posisinya memegang peran sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolah. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaganya, maka kepala sekolah harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah di tentukan. Kepala sekolah harus mampu melihat adanya perubahan terhadap regulasi pendidikan dan kehidupan globalisasi. Kepemimpinan kepala sekolah sangat menunjang akan tercapainya pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien. Untuk menciptakan sekolah yang efektif dan efisien, kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di tingkatan sekolah dan ujung tombak utama dalam mengelola pendidikan diharapkan mampu memegang tugas dan bertanggung jawab memegang peran aktif dalam memajukan sekolah / lembaga pendidikan.
Ibu Hj Siti Nur Khoiriah selaku kepala sekolah RA Al-Hasanah Jagakarsa seorang kepala sekolah yang sukses dengan mental kepala sekolah yang sangat baik dan disiplin dalam melakukan tugas, terbukti dengan hasil kerjanya menjadikan RA Al-Hasanah yang menjadi RA terbaik di Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Ibu Hj Siti Nur Khoiriah menginsprasi para guru RA Al-Hasanah untuk selalu membuat kinerja guru menjadi sangat baik, selalu memberikan motivasi kepada guru RA Al-Hasanah dengan wawasan luas yang ia miliki.
Ibu Hj Siti Nur Khoiriah menjadi teladan di lingkungannya. Ia sering menyampaikan ceramah agama di setiap pengajian.