Selasa, 08 September 2015

Anzen Bhilla Setya_Pengertian, tokoh, teori sosiologi_Tugas 1_KPI 1/B

1.              APAKAH SOSIOLOGI ITU?
Kata sosiologi berasal dari kata Latin socius yang artinya teman, dan kata bahasa Yunani logos yang berarti cerita. Dari berbagai definisi disimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari:
§     Manusia yang hidup dalam kelompok yang disebut masyarakat;
§     Pola – pola hubungan antara manusia baik secara individu maupun secara kelompok;
§     Hubungan manusia dengan lembaga – lembaga sosial, seperti norma – norma dan kaidah – kaidah sosial; dan

Hasyim Asyari_2 Tokoh_Tugas1soskot

Nama   : Hasyim asy'ari
NIM    : 11140540000021
Prodi   : Pengembangan Masyarakat Islam

1.      H. Abdullah mas'ud.MA
H. Abdullah mas'ud.MA adalah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah yang diselenggarakan proses belajar-mengajar atau tempat terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Beliau adalah orang yang tegar dalam menempuh hidupnya. Beliau orang terpandang dimasyarakat sekitar dan didesa.
Selain beliau menjadi guru dia juga mendirikan paramuda trevel didaerah pamulang. Didalam prusahaan trevelnya dia juga memberi peluang untuk anak-anak yang membutuhkan uang. Disamping mendirikan paramuda travel juga beliau memberikan hadiah umroh.

MILLATUN HANIFAH_KPI I-A_PENGANTAR SOSIOLOGI_TUGAS 1

A.    Apa Itu Sosiologi?
Kata sosiologi berasal dari kala Latin Socius yang artinya teman, dan kata bahasa Yunani logos yang berarti cerita, diungkapkan pertama kali dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive"  karangan August Comte (1798-1857). Sosiologi juga sebagai salah satu cabang ilmu penegetahuan sosial yang mempelajari tentang pola-pola hubungan antara manusia dan manusia, baik secara individu maupun secara kelompok yang berakibat pada lahirnya pola-pola sosial, diantaranya: nilai-nilai, norma-norma, dan kebiasaan yang dianut oleh manusia di dalam kelompok tersebut.

SYIFA_TIGA TOKOH_TUGAS 1 SOSKOT

nama: SYIFA NUROHMAH
NIM: 11140540000010


1.      Dedi Rosadi
Pak dedi adalah pendiri yayasan Nurani Insani. Yayasan  ini bertujuan untuk dapat menyelamatkan generasi bangsa yang potensial tapi berada di bawah garis kemiskinan. Yayasan yang didirikan oleh Dedi Rosadi berbeda dengan penyelenggara pendidikan anak jalanan pada umumnya. Sebab, yayasan ini berstatus Sekolah Dasar Swasta (SDS). Meskipun menyandang nama swasta, anak-anak jalanan di sekolah ini tidak diwajibkan membayar uang sepeser pun.

Siti Maghfiroh_3Tokoh_Tugas1Soskot

Nama: Siti Maghfiroh
Nim     : 11140540000007
PMI     : Semester 3
3 Tokoh Sukses Dalam Memperdayakan Masyarakat.
1.      Tomy Winata
Tomy Winata

seorang pengusaha Indonesia keturunan Tionghoa yang merupakan pemilik Grup Artha Graha atau Artha Graha Network. Usahanya terutama bergerak dalam bidang perbankan, properti dan infrastruktur. Disamping usaha bidang komersiil, TW juga dikenal sebagai pendiri Artha Graha Peduli, sebuah Yayasan sosial, kemanusiaan dan lingkungan yang sering turun membantu masyarakat di banyak daerah di Indonesia.

Yuyun Yunena_ 3 Tokoh_ Tugas 1 Soskot

1.      Sonnie Wicaksono dan Hapsari Budi Utami (Pendiri Warung Ikhlas)
Sonnie Wicaksono dan Hapsari Budi Utami adalah orang yang mencetuskan sebuah warung yang diberi nama Warung Ikhlas dicetuskan pada tahun 2012. Diawali dari mimpi dibacakan surat Al-Ma'un beribu-ribu kali, hati Sonnie tergerak untuk bersedekah, karena menurut dia hidup ini harus bisa bermanfaat untuk orang lain dan ketika berkomunikasi dengan istri juga anak-anakanya mereka tidak keberatan, bersama keluarganya pada bulan februari 2009 sonnie membagikan nasi bungkus setiap hari sebanyak 60 bungkus kepada kaum dhuafa.

Syahrullah_3 Tokoh_Tugas 1 Soskot

Abdul Kodir (Pendiri Komunitas Ciliwung Condet)
Nama lengkapnya Abdul Kodir, pendiri Komunitas Ciliwung Condet. Lelaki 40 tahunan itu tengah menemani tamu dari salah satu kelompok pecinta alam. Mereka ingin menanam pohon di bantaran kali, dan berkonsultasi dulu dengan Kodir. Penanaman pohon di bantaran Ciliwung adalah salah satu program sosial yang dilakukan komunitas ini.  Kegiatan lain menjaga kelestarian tanaman lokal yang terancam punah akibat banjir sungai Ciliwung.

Syarifah Asmar_3Tokoh_Tugas1Soskot

Syarifah Asmar
11140540000016
PMI 3
Sosiologi Perkotaan
3 Tokoh Inspiratif

1.      Kalsum Minangsih, MA
Salah satu dosen UIN Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi ini adalah salah satu dosen inspiratif yang memiliki banyak kesibukan mengajar di UIN maupun diluar mengajar. Selain menjadi PNS beliau mengasuh sekitar 80 anak yatim dan dhuafa, Ibu Kalsum juga memiliki bisnis  financial planer. Dengan kesibukannya ini beliau masih menyematkan waktu untuk berdakwah, beliau  juga membina Majlis Ta'lim. Dengan kepandaian retorikanya beliau sudah banyak yang dimotivasi menjadi lebih baik lagi olenya.

assalamualaikum pak, maaf sebelumnya saya mengganggu . kemarin malam saya sudah mengirim tugas 1 tetapi ada kesalahan pada formatnya dan yang sekarang saya kirim adalah perbaikannya . mohon maaf sebelumnya ya pak .


sherlyana pulungan kpi 1a tugas1

Tugas 1
Pengantar sosiologi
 
APA ITU SOSIOLOGI ?
Sosiologi adalah bagian dari ilmu-ilmu sosial ( social science) yang bersama-sama menghadapi masyarakat sebagai obyeknya. Seperti pernah dikemukakan oleh auguste comte ( seorang ahli filsafat berkebangsaan perancis) bahwa sosiologi adalah filsafat tentang manusia dan filsafat pergaulan hidup. Konsep yang dikemukakan oleh comte tersebut mencerminkan pengertian bahwa sosiologi itu merupakan pengetahuan yang menyoroti secara tajam mengenai hubungan manusia, golongan, asal, ras dan kemajuannya, serta bentuk dan kewajibannya.
TOKOH - TOKOH SOSIOLOGI  :
·         Auguste comte ( 1798-1857)
Lahir di mountpelier, perancis, 19 januari 1798.Comte terkenal mempunyai daya ingat luar biasa. Berkat daya ingatnya ia mampu menceritakan kembali kata-kata yang tertulis disatu halaman buku yang hanya sekali saja dibaca. Kemampuan berkonsentrasinya sedemikian rupa sehingga ia mampu mengungkapkan keseluruhan isi sebuah buku yang akan ditulisnya tanpa harus menulisnya.
·         Emile Durkheim (1858-1917)
Lahir di epinal, perancis, 15 april 1858. Durkheim berpengaruh besar dalam sosiologi ,tetapi pengaruhnya tak hanya terbatas di bidang sosiologi saja. sebagian besar  pengaruhnya terhadap bidang lain tersalur melalui jurnal l'anee sociolo-gique yang didirikannya tahun 1898.
·         Karl Marx (1818-1883)
Lahir di trier, prusia, 5 mei 1818. Karl marx bukanlah seorang sosiologi dan tak menganggap dirinya sosiologi . meskipun karyanya terlalu luas untuk dicakup dalam pengertian sosiologi. Namun ada satu teori sosiologi yang ditemukan dalam karya marx . tetapi bagi kebanyakan sosiolog awal, karya marx merupakan sebuah kekuatan negatif, sesuatu yang bertentangan dengan sosiologi yang mereka kembangkan. Meskipun keadaan seperti itu berubah selama tiga dekade terakhir,namun reaksi negatif terhadap karya marx masih menjadi kekuatan utama dalam penyusunan beberapa teori sosiologi.
·         Max Weber  (1864-1920)
Lahir di erfurt, jerman , 21 april 1864. Pada tahun 1904 dan 1905 ia menerbitkan satu karya terbaiknya , "The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism" . dalam karya ini weber mengumumkan besarnya pengaruh agama ibunya ditingkat akademis . weber banyak menghabisakan waktu untuk belajar agama meski secara pribadi ia tak religius. Meski terus diganggu oleh masalah psikologis, setelah 1904 weber mampu memproduksi beberapa karya yang sangat penting. Ia menerbitkan hasil studinya tentang agama dunia dalam perspektif sejarah dunia (misalnya cina, india, dan agama yahudi).
 
TEORI-TEORI SOSIOLOGI :
 
·         Kemunculan Sosialisme
Seperangkat upaya perubahan yang bertujuan menanggulangi akses sistem industri dan kapitalisme itu dapat dimasukkan dalam istilah "sosialisme". Beberapa sosiolog lebih menyukai makna sosialisme sebagai solusi atas masalah industri,namun sebagian besar sosilog menentang pengertian yang demikian. Marx adalah pendukung aktif pengahancuran sistem kapitalisme dan hendak menggantikannya dengan sistem sosialis.
·         Feminisme
Perhatian feminis hanya masuk kesisi pinggiran dalam sosiologi, dalam karya-karya teoritisi pria marginal, atau teoritisi perempuan yang terus menerus di pinggirkan. Kaum pria yang memegang pusat kekuasaan dalam bidang ini-mulai dari Spenser, melalui Weber dan Durkheim-merespon argumen feminis tersebut secara konservatif dan membuat isu jender menjadi topik yang terpisah (inconsequential).
·         Urbanisasi
Sebagian besar banyak orang diabad 19 dan 20 dari pedesaan mereka dan pindah kelingkungan urban. Migrasi besar-besaran di sebabkan karna lapangan pekerjaan yang tidak merata. Kondisi kehidupan urban dan berbagai masalah yang dihadapinya menarik  perhatian banyak  sosiolog awal, terutama Weber dan George Simmel.bahkan, aliran utama sosiologi Amerika pertama-dikenal sebagai mazhab chicago-memberikan perhatian yang sangat besar terhadap masalah kota chicago,dan karna ketertarikannya, aliran menjadi kota chicago sebagai "laboratorium" tempat untuk meneliti urbanisasi dan berbagai masalah.
·         Teori evolusi
Mengidentifikasi dua perspektif evolusioner utama dalam karya spencer (haines, 1988; perrin, 1976). Pertama teorinya terutama berkaitan dengan peningkatan ukuran masyarakat. Masyarakat tumbuh melalui perkembangbiakan individu dan penyatuan kelompok-kelompok (compounding). Peningkatan ukuran masyarakat menyebabkan strukturnya makin luas dan makin terdiferensiasi serta meningkatkan diferensiasi fungsi yang dilakukannya.disamping pertumbuhan ukurannya, masyarakat berubah melalui penggabungan, yakni makin lama makin menyatukan kelompok-kelompok yang berdampingan.
 
Referensi : buku teori sosiologi modern (George Ritzer-Douglas J. Goodman)

Eka sugiarti_KPI 1B_Pengantar Sosiologi_Tugas 1

PENGANTAR SOSIOLOGI

 

1.      Pengertian Sosiologi

 

Apa itu sosiologi? Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatiannya pada pemahaman interpretif atas tindakan sosial dan pada penjelasan kausal atas proses dan konsekuensi tindakan tersebut.

 

2.      Tokoh-Tokoh Utama Sosiologi

 

·         Abdul RahmanIbnuKhaldun

     Biografi           : Ibnu khladun lahir di Tunisia, Afrika Utara, 27 Mei 1332   (Faghirzadeh, 1982). Ia mengabdi kepada Sultan Tunisia, Maroko, Spanyol dan      Aljazair sebagai duta besar, penghulu kerajaan dan anggota dewan cendekiawan.        Ia mengabiskan waktu selama dua tahun di penjara Maroko karena keyakinannya bahwa penguasa nergara bukanlah pemimpin agama. Ia kembali            ke Afrika Utara dan menulis secara intensif secara 5 tahun. Karya yang         dihasilkan dalam kurun waktu tersebut melambungkan namanya dan      membawanya menjadi dosen di pusat studi islam, Masjid Universitas Al-Azhar      di Kairo.

 

·         Auguste Comte

     Biografi           : Augus Comte lahir di Montpelier, Prancis, pada                              tanggal19 Januari 1798 (Pickering, 1993: 7).         .Pada tahun 1817 ia menjadi   serketaris  (dan"anakangkat"  [Manuel, 1962:251]) Claude Henri Saint-Simon,          seorang filsuf yang empat puluh tahun lebih tua dari Comte. Pada tahun 1826,      Comte mengolah satu skema yang akan digunakannya untuk menyampaikan          serangkaian 72 kuliah umum tentang filsafatnya. Comte mendapatkan posisi   minor sebagai asisten pengajar pada tahun 1832. Tahun 1837, Comte         mendapatkanposisi tambahan sebagai penguji ujian masuk, danuntuk pertama         kalinya, ini memberikannya pendapatan yangmemadai.Selama kurun waktu            tersebut, Comte mengerjakan 6 jilid karya yang melambungkan namanya, Cours      de Philosophie Positive yang secara keseluruhan terbit pada tahun 1842 (jilid          pertama terbit tahun 1830). Tahun 1851, Ia menyelesaikan 4 jilid buku Systeme     de politique positive yang lebih bertujuan praktis, dan menawarkan rencana             reorganisasi masyarakat.

 

·         Karl Mark

     Biografi           :Karl Mark lahir di Trier, Prussia, pada tanggal 5 Mei 1818. Tahun 1841, Mark memperoleh gelar doctor filsafatnya di Universitas Berlin.     Setelah lulus ia menjadi penulis di koran radikal-liberal dan dalam kurun waktu          sepuluh bulan menjadi editor kepala. Setelah  Koran itu ditutup oleh pemerintah,   ia menikah lalu pindah meninggalkan Jerman. Mark menulis The Economic and   Philosophic Manuscripts of 1844, yang memayungi perhatiannya yang semakin      meningkat ke ranah ekonomi. Tahun 1845, ia diminta menulis satu dokumen       yang memaparkan tujuan dan kepercayaannya. Hasilnya adalah Communist            Manifesto yang terbit tahun1848. Tahun 1852 ia mulai studi terkenalnya tentang kondisi kerja yang kapitalisme di British Museum. Studi ini menghasilkan 3 jilid   Capit,l, jilid pertama terbit tahun 1867 dua jilid lainnya terbit setelah Mark         meninggal dunia. Mark wafat pada tanggal 14 Maret 1883.

 

·         Robert Park

     Biografi           : Park lahir di Harveyville, Pennsylvania pada tanggal 14      Februari 1864. Ketika lulus dari Universitas, ia berkarir sebagai sebagai    wartawan. Ia menulis tentang kehidupan kota secara terperinci. Setahap demi         setahap Park mendapatkan pekerjaan tetap di Chicago.

 

·         Immanuel Wallerstein

     Biografi           : Immanuel lahir pada tanggal 28 September 1930. Tahun 1960-      an ia memperoleh pengakuan sebagai ahli Afrika, sumbangsih terpentingnya         bagi sosiologi adalah buku The Modern World-System (1974) dan sudah             diterjemahkan kedalam 10 bahasa. Ia mendapat penghargaan Prestisius Sorokin      Award atas jilid pertama buku The Modern World-System pada tahun 1975.

 

3.      Teori – Teori Besar Sosiologi

 

·         Teori fungsionalisme structural

Parsons memproduksi pernyataan-pernyataan utamanya yang jelas merefleksikan peralihannya dari teori tindakan kepada funsionalisme structural. Fungsionalisme structural meraih hegemoni dalam bidang sosiologi.

 

·         Teori Marxian

Teori Marxian tidak terlalu diperhatikan oleh para sosiolog utama, ada pengecualian dan yang paling menonjol adalah C. Wright Mills (1916-1962) mills menerbitkan 2 karya utama yang merefleksikan Politik radikil sekaligus kelemahannya dalam teori Marxian.

 

·         Teori Konflik

Teori ini tidak memiliki apa yang justru banyak dibutuhkan-basis yang memadai pada teori Marxian. Pada akhirnya teori ini gagal karena tidak melangkah cukup jauh kea rah teori Marxian. Namun tori konflik membantu dalam membangun awal diterimannya pendekatan pada akhir tahun 1960-an.

 

 

Daftar pustaka

 

Ritzer, George & J. Goodman, Douglas. 2010. Teori Sosiologi Modern, Edisi Ke-6. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

hendrian julisna pmi 3 tugas soskot

Hendrian julisna pmi 3
Drs. K.H  Ahmad syahiduddin
K.H Ahmad syahiduddin adalah seorang yang memiliki  keingina yang sangat kuat,cerdas,dan pandai beretorika. Karna dia memiliki keinginan yang kuat dan pandai beretorika dia menggantikan kakak nya menjadi pemimpin pesantren daar qolam. Tidak jarang ia menjadi sopir kakaknya atau menggantikan tugas-tugas kakaknya itu baik di dalam pesantren maupun di luar pesantren. Seperti pada tahun 1984 ia diutus oleh kakaknya mengikuti penelitian dan study banding para ulama dan pimpinan pondok pesantren se-Indonesia ke sarvodaya institute yaitu Lembaga Pendidikan Agama budha untuk para biksu di srilangka. Kemudian dilanjutkan ke Pusat Aliran darul arqam di Malaysia dan melihat perkembangan Islam dan masjid disingapura. Kegiatan ini disponsori oleh depatermen agamaRI. Selain itu pula kiyai shahiduddin adalah orang yang memiliki watak keras dan tidak sabar untuk menghujutkan kemajuan para santrinya. Diapun menjadi pengaruh bagi para santrinya selain di pintar dalam agama diapun pintar dalam pembangunan sehingga dalam pembangunan pesantrenpun dia yang turun untuk menjadi kuli bangunan sehingga ia pintar menggunakan beko dan lainnya. Sehingga dalam benak santri yang berada disana berpikir bahwa hanya sekedar ilmu agama saja tidak cukup untuk menjadi sukses di dunia tetapi perlu ikut adil di dalamnya dan terjun langsung kelapangan.
 
 
Hj. Nursini sp.d
Hj. Nursini adalah seorang ibu sekaligus seorang yang patut di banggakan bagi orang lain yang berada di sekitarnya. Selain mejadi guru PNS dia juga seorang wirausaha yang bisa dibilang sukses. Karna dengan modal awal 1000.000 bisa membuat usaha yang bercabang. Dia memiliki usaha toserba. Karna dengan kegigihsn yang ia miliki orang-orang berada di sekitarnya yang dulu bisa dibilang lebih bercukupan. Tetapi sekarang menjadi panutan bagi orang lain sehingga banyak yang ingin memulai berwirausaha meminta pendapat kepada ibu saya. Sehingga dari mereka banyak yang mengikuti cara beliau dalam berdagang.
 
 
Kh. Abun bunyamin
 dia adalah seorang pemimpin pesantren al muahjirin purwakarta selain di pemimpin dia pun menjadi ketua umum NU di purwakarta dia adalah sauri teladan bagi keluarga dan masyarakat umum di kabupaten purwakarta. Anak-anaknyapun di didik denngan ilmu al quran sehingga anak-anak beliau adalah seorang tahfiz al quran.. kh abun bunyamin dia memiliki sifat pemimpin yang tegas serta penyabar. Maka tidak heran masyarakat luar banyak yang meninspirasi beliau untuk memnajdi pemimpin yang tegas.
 
 
 
 

AHMAD RIZAL_IBU DJUARNO, BAPAK WINANTO, IBU HJ SITI NUR KHOIRIAH_TUGAS 1 SOSKOT

1.     NAMA : AHMAD RIZAL

NIM : 11140540000012

PRODI : PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM 3

Ibu Djuarno

Melihat kondisi anak-anak di lingkungan tempat tinggalnya sangat memprihatinkan. Ternyata hampir sebagian anak di Jakarta khususnya daerah Cilandak, Jakarta Selatan ternyata tidak bersekolah karena keluarganya tidak mampu dan putus sekolah. Bantuan pendidikan yang pernah diterimanya menambah kepedulian, sekaligus menguatkan niatnya untuk menyelenggarakan pendidikan gratis bagi warga Cilandak, Jakarta Selatan.

Sekolah yang digerakkan Ibu Djuarno beserta tenaga pengajar tersebut mengandalkan pendanaan dari donasi yang didapatkan dari portal infak, lembaga sosial dan perbankan, perusahaan.

Dalam situasi yang serba-terbatas dan prihatin, Ibu Djuarno dan guru-guru pengajar mengikhlaskan diri dan berikhtiar untuk melayani pendidikan anak-anak pemulung. Para guru hanya menerima honorarium sukarela perbulan. Namun, karena kecintaan terhadap anak-anak dan pendidikan mereka, Ibu Djuarno dan tenaga pengajar tetap bertahan dan mendidik anak-anak di Cilandak secara gratis. Ketika itu, banyak anak yang tak berseragam dan mereka belajar beralas tikar.

Selain sekolah paket yang diadakan Ibu Djuarno juga mengadakan Pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga mereka. Lalu ada juga pengobatan tidak gratis namun dikenakan biaya yang relatif murah Rp. 5.000,-.

Ibu Djuarno sukses mendirikan sekolah paketnya karena banyak anak didiknya yang sekarang sudah sukses, itu berkat beasiswa yang diberikan oleh Ibu Djuarno.

Ibu Djuarno menginspirasi bahwa disekitar kita masih banyak yang membutuhkan pendidikan dan memberdayakan mereka.

Ibu Djuarno juga menjadi teladan di lingkungannya ia aktif di lingkungan sekitarnya, mulai dari kelurahan, kecamatan dan LSM.

 

2.      Bapak Winanto

 Berkat usahanya yang tak kenal lelah, pengusaha kerupuk asal Indramayu ini mampu menyekolahkan anaknya hingga menjadi Dokter, TNI, Perias Pengantin. Bapak winanto sukses memiliki pabrik kerupuk serta bisa mempekerjakan warga di kampungnya untuk menjadi pegawai di Jakarta, Bahkan ia membuka lowongan pekerjaan untuk warga sekitar Jagakarsa bila ingin bekerja di pabriknya.

Bapak winanto menginspirasi saya bahwa dengan usaha yang disokong doa, niscaya usaha apa pun akan menuai hasil memuaskan. Keyakinan ini mengantarkan Bapak Winanto menjadi seorang perajin kerupuk cukup mentereng di Jakarta.

Bapak Winanto juga aktif di lingkungannya ia mengikuti semua kegiatan di daerahnya.

 

3.      Ibu Hj Siti Nur Khoiriah

Kepala sekolah merupakan salah satu PTK yang posisinya memegang peran sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolah. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaganya, maka kepala sekolah harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah di tentukan. Kepala sekolah harus mampu melihat adanya perubahan terhadap regulasi pendidikan dan kehidupan globalisasi. Kepemimpinan kepala sekolah sangat menunjang akan tercapainya pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien. Untuk menciptakan sekolah yang efektif dan efisien, kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di tingkatan sekolah dan ujung tombak utama dalam mengelola pendidikan diharapkan mampu memegang tugas dan bertanggung jawab memegang peran aktif dalam memajukan sekolah / lembaga pendidikan.

Ibu Hj Siti Nur Khoiriah selaku kepala sekolah RA Al-Hasanah Jagakarsa seorang kepala sekolah yang sukses dengan mental kepala sekolah yang sangat baik dan disiplin dalam melakukan tugas, terbukti dengan hasil kerjanya menjadikan RA Al-Hasanah yang menjadi RA terbaik di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Ibu Hj Siti Nur Khoiriah menginsprasi para guru RA Al-Hasanah untuk selalu membuat kinerja guru menjadi sangat baik, selalu memberikan motivasi kepada guru RA Al-Hasanah dengan wawasan luas yang ia miliki.

Ibu Hj Siti Nur Khoiriah menjadi teladan di lingkungannya. Ia sering menyampaikan ceramah agama di setiap pengajian.

Daimatul Mawaddah_3Tokoh_Tugas1soskot

NAMA           : DAIMATUL MAWADDAH
NIM                : 11140540000020
PRODI           : PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM 3
 
3 TOKOH SUKSES DALAM MEMBERDAYAKAN
 
1.      SITI NURJANNAH
 
Siti Nurjannah atau yang biasa dikenal dengan nama Anne lahir di Jakarta 08 Mei 1987. Ia merupakan lulusan dari jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Anne adalah seorang wirausahawati muda yang sukses sampai sekarang ini. Usaha dan bisnisnya berkembang mulai dari cellular, usaha laundry, agent travel haji dan umroh, butik busana muslim. Saat ini dia sedang bekerja di salah satu perusahaan swasta di daerah Sawangan Depok. Anne juga menjadi salah satu pengurus di Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren yatim dan dhuafa Al- Manshuriyah Ibnu Shobar Sawangan Depok.
Berkat kepiawaiannya dalam dunia usaha dan bisnis, Anne pernah masuk dalam salah satu kategori finalis wirausahawati muda nasional. Dia merupakan pekerja yang mandiri, tekun dan giat sehingga dia menjadi salah satu acuan dan motivasi bagi sekelilingnya untuk mencoba memulai usaha dan bisnis seperti diriya.
Anne memberi pengaruh yang baik dan positif kepada masyarakat. Dia membuka bisnis untuk memberikan peluang bagi para pengangguran. Karena menurutnya lebih baik bekerja apa saja dari pada harus menjadi pengangguran.
Kegigihan dan ketekunannya dalam membuka bisnis dan usahanya bisa menjadi teladan bagi masyarakat dan patut untuk kita contoh. Karena dengan usaha yang maksimal akan mendapatkan hasil yang baik.
 
2.      CHABIBULLOH
 
Chabibulloh lahir di Jakarta 28 Juni 1990. Ia juga merupakan salah satu mahasiswa lulusan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Jurusan Managemen Dakwah. Ia pernah menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa jurusan Managemen Dakwah periode 2012-2013, Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Dakwah periode 2014-2015. Tahun 2015 ini ia baru saja menyelesaikan gelar sarjananya. Kesibukannya saat ini yakni sedang mengembangkan Home Industri yang bergerak di bidang pembuatan berbagai macam sandal yang berbasic pon.
Usaha yang ia garap saat ini sangat membawa pengaruh positif bagi masyarakat karena membuka lapangan pekerjaan bagi lainnya. Bertujuan untuk terus mengembangakan potensi kreatif, keilmuan dan sosial serta ingin memajukan kehidupan lingkungan dari sektor ekonomi dan sosial. Dengan itu ia menjadi teladan untuk masyarakat agar selalu berkreasi dan mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing.
 
3.      Prof. DR. Asep Usman Ismail, M.A
Prof. DR. Asep Usman Ismail, M.A lahir di Sukabumi 20 Juli 1960. Beliau merupakkan dosen tetap di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Meraih gelar sarjana tahun 1987di IAIN Jakarta jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora dan juga mengikuti program Pascasarjana di IAIN Jakarta tahun 1993 sampai dengan 1995 dan meraih gelar doktor di IAIN Jakarta tahun 2001. Ia juga pernah menjadi ketua jurusan Pengembangan Masyarakat Islam tahun 2006. Pada tahun 2015 ini beliau juga dikukuhkan oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai guru besar Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.
Sukses menjadi guru besar, beliau pun juga menjadi anggota dewan pakar pusat studi Al- Quran dan anggota tim penyusun tafsir tematik kemenag. Semangat dalam mengajar dan sosoknya yang tegas sangat menginspirasi banyak orang untuk selalu menjadi pribadi yang memiliki etika dan moral serta bermanfaat untuk orang lain. Selalu bersikap ramah serta bertutur kata yang baik sangat menjadi sosok yang patut kita teladani. Beliau pun membawa pengaruh yang baik dan positif dalam memberikan pengajaran tentang keagamaan dalam konteks akhlak dan tasawuf.
 
 

Cari Blog Ini