Selasa, 08 September 2015

TiyniWahazalBaladilAmiyni_PengantarSosiologi_KPI1B_Tugas1

Apa itu sosiologi ....
Semua bidang intelektual dibentuk oleh setting sosialnya.Hal ini terutama berlaku untuk sosiologi yang tak hanya berasal dari kondisi sosialnya, tetapi juga menjadikan lingkungan sosialnya sebagai basis masalah pokoknya.
Comte adalah orang pertama menggunakan istilah sosiologi ia yakin bahwa studi sosiologi akan menjadi ilmiah sebagaimana keyakinan teoritis klasik dan kebanyakan sosiolog kontemporer.
Comte mengembangkan fisika soscial atau yang pada 1839 disebutnya sosiologi. Ilmu baru ini yang menurut pandangannya adalah ilmu yang mempelajari social statics ( statika socila atau struktur sosial yang ada) dan social dynamis (dinamika sosial atau perubahan sosial).
Dalam The Rule Of Sociologi Method Durkheim menekankan bahwa tugas sosiologi adalah apa yang ia sebut sebagai fakta fakta sosial secara garis besar sosiologi menurut Emile Durkheim ialah ilmu yang mempelajari fakta fakta sosial.
Tokoh tokoh utama sosiologi ........
Revolusi industri , kapitalisme dan reaksi kapitalisme yang menjadi bagian dari perkembangan teori sosiologi ini telah mempengaruhi para sosiolog. Empat tokoh utama dalam sejarah awal teori sosiologi yaitu Marxyang mendukung aktif penghancuran sistem kapitalisme dan hendak menggantikannya dengan sistem sosialis.
Tak hanya Marx  sebagian tokoh teoritisi seperti Weber dan Durkheimmenentang sosialisme (menentang sosialisme seperti yang diimpikan Marx). Kendati mereka menyadari adanya berbagai masalah dalam masyarakat kapitalis namun , menurut mereka, mencoba melakukan reformasi didalam sistem kapitalisme akan jauh lebih baik ketimbang mengadakan revolosi sosial seperti yang didesakkan Marx. Mereka lebih mengkhawatirkan sosialisme daripada kapitalisme.
Selain mereka Georg Simmel sezaman dengan Weber dan bersama-sama mendirikan masyarakat sosiologi jerman. Ia adalah teoritisi sosiologi yang kuar biasa.Kita tak bisa meninggalkan Simmel tanpa membiacarakan sesuatu mengenai Philosophy of moneykarena terjemahan inggrisnya membuat karya Simmel dikenal oleh para teoritisi baru yang berminat terhadap kultur dan masyarakat..Menurut Simmel, kuktur dalam masyarakat modrn dan seluruh kompenennya yang beraneka ragam itu (termasuk ekonomi mata uang) akan berkembang ,dan begitu sudah berkembang maka arti penting peran individu mulai menurun.
Auguste comte  juga memiliki teori sendiri mengenai sosiologi yakni teori evolusinya atau hukum tiga tingkatan.menurut Comte tak hanya dunia yang akan melalui proses ini,tetapi juga kelompok masyarakat,ilmu pengetahuan, individu dan bahkan pemikiran berkembang melalui tiga tahap yang sama. Pertama, tahap teologis dalam tahap ini sistem gagasan utamanya menekankan pada keyakinan bahwa kekuatan adikodrati,tokoh agama dan keteladanan kemanusiaan menjadi dasar segala sesuatu. Kedua , tahap metamafisikyang ditandai oleh keyakinan bahwa kekuatan abstraklah
yang menerangkan segala sesuatu, bukannya dewa-dewa personal. Ketiga , tahap posivistik yang ditandai oleh keyakinan terhadap ilmu sains .
Teori teori dasar Sosiologi ....
          Dari penjelasan yang sangat detail dan rumit diatas maka teori teori sosiologi dasar bisa disimpulkan menjadi sangat mudah sebagai berikut :
Auguste comte dengan teori teori sosiologi dasarnya ialah
·         Social statics dan social dynamis
·         Hukum tiga tahap yaitu tahap teologis , tahap metafisik dan tahap positif
Emile durkheim dengan teori teori sosiologi dsarnya
·         Kenyataan fakta sosial , Durkheim menekankan bahwa tugas sosiologi adalah mempelajari apa yang ia sebut sebagai fakta fakta sosial. Ia membayangkan fakta sosial sebagai kekuatan (forces) dan struktur yang bersifat eksternal dan memaksa individu. Studi tentang kekuatan dan struktur berskala luas ini  misalnya , hukum yang melembaga dan keyakinan normal bersam dan pengaruhnya terhadap individu menjadi sasaran studi banyak teoritisi sosiologi dikemudian hari (misalnya Parsons)
·         Karakteristik fakta sosial
·         Fakta social material dan non material meski ia membahas keduanya dalam karyanya perhatian utamanya lebih tertuju pada fakta sosial nom material (misalnya kultur ,institusi sosial) ketimbang pada fakta material (birokrasi,hukum). Upayanya membuat analisis komparatif mengenai apa yang membuat masyarakat bisa dikatakan berada dalam keadaan primitif atau modern. Ia menyimpulkan bahwa masyarakat primitf disatukan terutama oleh fakta sosial non material,khususnya kuatnya ikatan moralitas bersama, atau oleh apa yang ia sebut sebagai kesadaran kolektif yang kuat
Georg Simmel teori teori sosiologi dasarnya
·         Uang dan  nilai
Simmel terutama memusatkan perhatian kepada kemunculan perekonomian uang dalam masyarakat modern yang terpisah dari individu dan mendominasi individu .menurut Simmel kultur dalam masyarakat modern dan seluruh kompenennya yang beraneka ragam itu termasuk ekonomi uang
Philips Abrams berpendapat bahwa sosiologi inggris dibentuk pada abad 19melalui tiga sumber yang sering berbenturan – Ekonomi politik, Ameliorisme , dan evolusi sosial,ketika masyarakat Sosiologi London didirikan disana terdapat perbedaan pendapat sangat besar tenta g definisi sosiologi.Ekonomi politik : Para sosiolog inggris,seperti ekonom politik berbeda dengan Marx melihat pasar sebagai kekuatan positif ,sebagai sumber keteraturan , harmonis dan pemersatu dalam masyarakat.Ameliorisme : Adalah keiinginan untuk menyelesaikan masalah sosial melalui reformasi individu.
Referensi: George Ritzer-Douglas J. Good Man

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini