Senin, 14 Maret 2016

LUSRIADI_ PROFIL DAN KONDISI OBYEKTIF MADRASAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA_TUGAS 2

Nama : Lusriadi

NIM : 11140530000001

Kelas : Manajemen Dakwah 4A

PROFIL DAN KONDISI OBYEKTIF MADRASAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA

1.    Letak Geografis Madrasah Pembangunan UIN Jakarta

Madrasah Pembangunan UIN Jakarta terletak di Jl. Ibnu Taimia IV Komplek UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tangerang Selatan, Banten 15419 Indonesia. Secara geografis, letak Madrasah Pembangunan UIN Jakarta sangat strategis karena mudah untuk diakses.

  Hal ini semakin memposisikan betapa lokasi madrasah-madrasah yang berada di kota Tangerang Selatan dan Jakarta ini menjadikan salah satu tujuan utama bagi mereka-mereka yang bertujuan untuk menuntun ilmu dan mendalami ilmu keislaman, sains, dan bahasa. Karena Madrasah Pembangunan UIN Jakarta ini menjadi lembaga pendidikan Islam tingkat dasar dan menengah yang unggul dan terkemuka dalam pembinaan keislaman, keilmuan, dan keindonesian, dengan mengapresiasi potensi peserta didik serta perkembangan era global.

2.      Sejarah Berdirinya Madrasah Pembangunan UIN Jakarta

Lahirnya Madrasah Pembangunan UIN Jakarta berawal dari keinginan akan adanya lembaga pendidikan Islam yang representatif dari para tokoh di Departemen Agama dan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada awal tahun 1972, Panitia Pembangunan Gedung Madrasah Komprehensif dibentuk oleh Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. H.M. Toha Yahya Omar (alm).[1]

Bulan Juni 1972, bertepatan dengan Lustrum III IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dimulai pembangunan gedung madrasah yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Menteri Agama RI pada masa itu, yaitu Prof. H.A. Mukti Ali dan Rektor IAIN Syarif Hidayatullah.

Tahun 1974, pertama kali Madrasah Pembangunan membuka tingkat Ibtidaiyah. Jumlah muridnya baru 58 orang, terdiri dari Kelas I: 43 orang, Kelas II: 8 orang, dan Kelas III: 7 orang. Permulaan kegiatan belajar mengajar dimulai pada tanggal 7 Januari 1974. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai "Hari Kelahiran" Madrasah Pembangunan.

Pada awal tahun 1977, Madrasah Pembangunan membuka tingkat Tsanawiyah, peserta didik angkatan pertama berjumlah 19 orang. Bulan Juli 1991, dibuka kelas jauh tingkat Ibtidaiyah di Pamulang, bekerja sama dengan Yayasan Al Hidayah sebagai penyedia lahan.

Tahun pelajaran 1991/1992 Madrasah Pembangunan membuka tingkat Aliyah. Peserta didik yang diterima pertama kali sebanyak 32 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 22 perempuan. Seiring dengan perubahan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, sejak tahun 2002 Madrasah Pembangunan IAIN Jakarta mengikuti perubahan nama menjadi Madrasah Pembangunan UIN Jakarta.

3.      Tokoh pendiri Madrasah Pembangunan UIN Jakarta

Berdirinya Madrasah Pembangunan UIN Jakarta tidak lepas dari jasa-jasa para tokoh yang peduli terhadap pentingnya pendidikan islam yang berkualitas di Indonesia, yakni tokoh-tokoh IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Departemen Agama pada masa itu, antara lain:

A.    Drs. H. Kafrawi Ridwan, M.A. (Wakil Rektor III IAIN Syarif Hidayatullah dan Direktur Perguruan Tinggi Depag. RI)

B.     Prof. Dr. H. A. Rahman Partosentono (Wakil Rektor I IAIN Syarif Hidayatullah)

C.     Drs. H. A. Muzakir (Kasubid II Direktorat Pendidikan Departemen Agama RI)

D.    Drs. H. M. Ali Hasan (Kepala Seksi Pembina Tenaga Guru dan Pengawasan Subdit V Direktorat Pendidikan Agama, Departemen Agama RI).[2]

 

4.      Pilar Keunggulan

Sains, Bahasa, dan Akhlakul Karimah

5.      Motto

Cerdas – Terampil - Unggul

6.      Slogan Mutu

More than just an Islamic School

7.      Kebijakan Mutu

 

a.       Menerapkan sistem manajemen mutu.

b.      Mewujudkan kepuasan pelanggan.

c.       Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.

d.      Menjalin komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak.

e.       Mewujudkan peserta didik yang unggul dalam keislaman, keilmuan, dan keindonesiaan.[3]

 



[1] Buku Panduan Peserta Didik Baru Madrasah Pembangunan UIN Jakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, (Jakarta), Hal. 1-3.

[2] Buku Panduan Peserta Didik Baru Madrasah Pembangunan UIN Jakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, (Jakarta), Hal. 3-4.

[3] Hasil Wawancara dengan Tenaga Kependidikan Madrasah Pembangunan UIN Jakarta : Bpk. Ahmad Fadhlan, S.Pd. dan Bpk. Hanafi Harris, S. S (Kasubag Umum MP UIN Jakarta). (hari Jumat, 11 Maret 2016. Pukul: 9.42 am).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini