Senin, 14 Maret 2016

Nubdzatus Saniyah_Biografi ust Asman Abdurrahim_Tugas 2

Nama : Nubdzatus Saniyah

NIM : 11140530000040

Kelas : Manajemen Dakwah 4B

 

Biografi Ustd.H. Asman AbdurRahim

Ustd.H. Asman AbdurRahim lahir di Jakarta, 06 Desember 1962, Ia merupakan anak ke tujuh dari Sembilan bersaudara, namun kakak pertama sampai dengan ke enam telah meninggal dunia serta kedua orang tuanya telah meninggal dunia pula. Maka dari itu ustd. Asman menjadi panutan untuk adik-adiknya. Nama orang tua beliau adalah Ibu Hj. Salmah dan ayah nya bernama Bapak H. AbdurRahim. Ustd Asman memiliki empat orang anak diantaranya 1 laki-laki dan 3 perempuan, istrinya bernama Ustdzah Mariyatul Qibtiyah. Beliau alumni MI Al-Hikmah , SMP nya di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jakarta (MTSN-1),SMA nya di Madrasah Aliyah As-Syafiiyah serta Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fakultas Syariah dan Hukum (S1).

Sebelum beliau masuk ke sekolah dasar tepatnya berumur lima tahun beliau belajar mengaji dengan kakeknya bernama Kiyai haji Abdurrahman bin H. Sholihun sampai Sekolah menengah pertama. Selanjutnya ketika di sekolah menengah pertama (SMP) beliau juga mengaji kitab fathul muin dan kitab nahu alfiah dengan kiyai haji Ali Sibro Malisi dan ketika menginjak sekolah menengah atas (SMA) di Pesantren as-syafiiyah tersebut beliau belajar berbagai  kitab  dengan Kiyai H. Hasanuddin, kiyai H. Abdullah Syafi'i, dan ustd. Abdurrahman serta ustd. Syafi'i munandar. Selanjutnya, ketika kuliah Belajar Kitab Tafsir Munir dengan Kiyai H. syafi'i Azami.

Selain sebagai ustd di daerah tempat beliau tinggal, beliau juga mengajar sekolah dasar di MI At-Taqwa mata pelajaran aqidah,Fiqih,dan Ski. Selanjutnya beliau juga mengajar ngaji sukarelawan di pengajian yang terletak dirumahnya sendiri. Jadi, anak-anak disekitar rumahnya bisa membaca Al-qur'an dan mengerti akan agama. Menurut keluarganya beliau adalah seseorang yang tegas dan disiplin dalam hal apapun terutama agama. Beliau adalah sosok ayah yang patut dijadikan contoh, karena selama beliau menimba ilmu beliau mencari biaya sekolah bahkan kuliah dengan jerih payahnya sendiri dengan menjual prakarya dan mengajar privat pelajaran kepada teman-temannya. Menurut warga disekitar pula beliau memanglah seseorang yang tegas dan disiplin serta dermawan dalam membantu sesama, bahkan beliau suka menolong orang yang tidak beliau kenal baik berupa uang atau semacamnya.

Menurut cerita anaknya beliau pantas untuk di jadikan panutan bagi anak-anaknya, bagaimana tidak selama beliau bersekolah  beliau adalah orang yang berprestasi dalam bidang seni ataupun Pendidikan, beliau selalu juara kelas dan sering mendapatkan penghargaan.

Dalam hal berdakwah, terutama berceramah beliau selalu berceramah mengenai kisah Rasul atau kisah para nabi atau kisah para sahabat, karena bagi beliau berceramah mengenai hal lain selain yang saya ucapkan tadi merupakan hal yang berat menurut beliau. Karena ketika berceramah mengenai sikap atau perilakuan dan lain sebagainya harus memulai berceramah kepada diri kita sendiri dan keluarga, baru menerapkannya kepada orang banyak. Karena apabila kita tidak memulai dari diri kita dan keluarga, maka kita berdosa besar jika hanya bercuap-cuap tetapi tidak mengamalkannya dikehidupan sehari-hari.

Metode yang digunakan beliau dalam mengajar ialah metode bercerita, jadi pembelajaran yang ingin disampaikan diperumpamakan lewat cerita, maksudnya agar murid dapat memahami pelajaran yang disampaikan. Terkadang beliau juga menggunakan metode gambar, karena dengan menggambar juga dapat menarik perhatian anak didiknya. Dan sampai saat ini beliau masih melakukan aktifitasnya meskipun beliau sudah tidak muda lagi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini