Senin, 14 Maret 2016

Fellasufah Diniyah_Lembaga Tahfidz dan Ta’lim Al-Quran Fathullah_Tugas 2


Fellasufah Diniyah_Lembaga Tahfidz  dan Ta'lim Al-Quran Fathullah_Tugas 2
Nama  : Fellasufah Diniyah
NIM    : 11140530000007
Kelas   : MD 4A
            Lembaga Tahfidz  dan Ta'lim Al-Quran atau yang biasanya disingkat dengan (LTTQ) adalah sebuah kegiatan lembaga pembinaan Al-qur'an dan juga termasuk lembaga dakwah Islam yang bertempat di area Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di Jl.Ir.H. Juanda No.95 Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Lembaga Tahfidz dan Ta'lim Al-Qur'an berdiri sejak tahun 2000, lembaga ini berada di bawah naungan Masjid Fathullah. Lembaga ini memiliki visi dan misi sebagai berikut.
Visi:Menjadikan LTTQ Fathullah sebagai lembaga yang terkemuka dalam pembinaan Al-Qur'an dan pembentuk generasi intelektual Qur'ani dan masyarakat yang peduli terhadap masalah-masalah sosial.
Misi
Menjadikan masyarakat LTTQ sebagai generasi intelektual muslim Qurani
Menjadi lembaga Qur'ani yang peduli terhadap masalah-masalah sosial
Menjadikan masyarakat LTTQ memiliki kualitas yang mumpuni dalam bidang Al-Qur'an
Lembaga Tahfidz dan Ta'lim Al-Qur'an juga mempunyai tujuan umum dan tujuan khusus dari organisasi ini, Tujuan umum dari lembaga tahfidz dan ta'lim al-qur'an adalah menumbuhkembangkan kesadaran terhadap segala aspek yang terkait dengan Al-Qur'an terutama kesadaran membaca, menghafal, dan mengkaji Al-Qur'an selain itu juga tujuan dari LTTQ yaitu pendalaman serta penghayatan terhadap ilmu-ilmu yang dikandung dan berkaitan dengan Al-Qur'an dalam mencetak generasi intelektual muslim Qur'ani. Adapun Tujuan khusus dari LTTQ fathullah adalah 1. Mensosialisasikan tradisi membaca (tahsin), mengkaji (ta'lim), menguasai (tahfidz, dan seni irama Al-Qur'an serta berbagi ilmu sosial kemanusiaan.2. Mengkaji secara intensif aspek-aspek mengenai Al-Qur'an (konstektual dan konseptual)3. Mentadabburu sinyal-sinyal ilahiyah yang dikandung di dalam Al-Qur'an baik teori maupun praktik. 4. Sebagai wadah pemersatu bagi masyarakat umum terutama dikalangan mahasiswa yang ingin, sedang, dan telah hafal Al-Qur'an.
            Di lembaga Tahfidz dan Ta'lim Al-qur'an terdapat banyak program, adapun program-program pembelajaran di LTTQ yaitu ada Tahsin Al-Qur'an, Tahfidz Al-Qur'an, Tilawah Al-Qur'an, Bahasa Arab Qur'ani. Untuk tahsin Al-Qur'an pembelajarannya diobagi menjadi dua kategori yaitu tahsin dasar dan tahsin lanjutan, untuk tahsin dasar itu untuk peserta program yang bacaan qur'annya masih membutuhkan bimbingan yang dibimbing oleh ustadzah iffaty Zamimah, uastadz Arifin Hidayat untuk waktu pelaksanannya setiap hari senin dan rabu pukul 16.00. sedangkan untuk yang tahsin lanjutan itu untuk peserta program yang sudah cukup baik bacaan Qur'annya yang dibimbing oleh ustadzah Muthmainnah dan ustadzah Atiqoh waktu pelaksanaannya setiap hari selasa dan kamis pukul 16.00. Kemudian untuk program tahfidz Al-qur'an atau menghafal Al-Qur'an juga dibagi menjadi dua kategori yaitu tahfidz terbatas dan tahfidz penuh. Untuk tahfidz terbatas itu untuk peserta program yang ingin menghafal Al-Qur'an sesuai surat yang diinginkan sedangkan untuk tahfidz penuh itu untuk peserta program yang ingin menghafal 30 juz. Pembimbing untuk tahfidz putra ustadz Muhammad Lutfi setiap hari senin dan jum'at pukul 16.00, sedangkan untuk pembimbing tahfidz putri adalah ustadzah amilah setiap hari selasa dan kamis pukul 16.00. Untuk program LTTQ selanjutnya adalah Tilawah Al-Qur'an yaitu program pembelajaran membaca Al-Qur'an dengan irama-irama lagu, untuk pembimbing tilawah adalah ustadz Abdul kaafi setiap hari selasa dan kamis pukul 16.00. Program LTTQ selanjutnya adalah Bahasa Arab Qur'ani yang mempelajari tentang kaidah-kaidah bahasa Arab yang terdapat dalam Al-qur'an, yang dibimbing oleh ustadz Milki Aan setiap hari kamis dan jum'at pukul 16.00.
            Selain mempunyai beberapa program, LTTQ juga mempunyai beberapa kegiatan rutin diantaranya adalah tasmi' Al-Qur'an setiap ahad ba'da shubuh, tilawah qobla jum'ah setiap jumat sebelum adzan jum'at, kajian Al-Qur'an dan tafsir setiap dua minggu sekali, Khatmil Qur'an setiap bulan sekali dilaksanakan  pada minggu terakhir di hari minggu, push care setiap bulan sekali, dan gebyar LTTQ setahun sekali.
Struktur Kepengurusan Lembaga Tahfidz  dan Ta'lim Al-Qur'an ( LTTQ) Fathullah Periode 2015-2016:
PEMBINA: Dr.Dede Abdul Fatah, SH, MH, Dra. Hj. Afidah Wahyuni, Dicky Andika, M.Si, Farid Wajdi ,          MA, Nizar, MA , Ali Fachrudin, MA , Ervan Mutawab, MA , Bagus Purnomo, MA , Syaifudin, MA.
PELINDUNG: Dr. Mahmud Jalal, MA. , Dr. H. Isnawati Rais, MA. , Hasani Ahmad Sa
Ketua: Kholilur Rahman
Wakil ketua: Ahmad As'ad
Sekretaris Umum: Sherli Zulianawati
Bendahara Umum: Maisaroh
BID KEWIRAUSAHAAN: Rifda Sabrina dkk
BID Kerumahtanggaan: Azkiyatuttahiyyah, dkk
BID Pengembangan SDM:Faiz Nasrullah
BID Program: An Ukhrija Yaum
BID Keorganisasian: Aldi Syarifullah
BID Humas dan Informasi: Iis Mawati
BID Sosial kemasyarakatan: Nurul Hikmah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini