Rabu, 17 Oktober 2012

umi Kulsum jurnalistik 1a

Metode sosiologi

Metode Kuantitatif dan Kualitatif

Metode kuantitatif dan kualitatif merupakan metedo penelitian yang bisa digunakan dalam pengembangan dan penelitian ilmu sosiologi. Seperti perbedaan yang ditarik antara sosiologi positivis dan sosiologi pemahaman, sering ada perbedaan yang antara dua jenis penyelidikan sosiologis: kuantitatif dan kualitatif.

Penelitian sosiologi menggunakan metode kuantitatif mendekati fenomena sosial dari perspektif bahwa fenomena sosial dapat diukur dan/atau dikuantifikasi. Misalnya, dengan mengikuti pendekatan kuantitatif, kelas sosial dapat dibagi ke dalam kelompok yang berbeda – atas, menengah, dan kelas bawah – dan dapat diukur dengan menggunakan salah satu dari sejumlah variabel atau kombinasi darinya: pendapatan, pencapaian pendidikan, prestise, kekuasaan, dll. Sosiolog kuantitatif cenderung menggunakan metode khusus pengumpulan data dan pengujian hipotesis, termasuk: desain eksperimental, survei, analisis data sekunder, dan analisis statistik.

Penelitian sosiologi menggunakan metode kualitatif cenderung mendekati fenomena sosial dari perspektif pemahaman. Mereka menggunakan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam terhadap suatu fenomena tertentu. Mereka juga sering sengaja menyerah pada kuantitas – yang diperlukan untuk analisis statistik – untuk mencapai kedalaman dalam analisis dari fenomena yang dipelajari. Meski begitu, metode kualitatif dapat digunakan untuk menyelidiki hubungan antara variabel. Sosiolog kualitatif cenderung berorientasi menggunakan metode yang berbeda dalam pengumpulan data dan pengujian hipotesis, termasuk: observasi partisipan, wawancara, kelompok fokus, analisis isi dan perbandingan sejarah. Meskipun ada sosiolog yang mempekerjakan dan mendorong penggunaan hanya satu atau metode lainnya, sosiolog banyak melihat manfaat dalam menggabungkan kedua pendekatan ini. Mereka melihat pendekatan kuantitatif dan kualitatif sebagai saling pelengkap. Hasil dari satu pendekatan dapat mengisi kesenjangan dalam pendekatan lainnya. Misalnya, metode kuantitatif dapat menggambarkan pola besar atau umum dalam masyarakat, sementara pendekatan kualitatif bisa membantu menjelaskan bagaimana individu memahami pola-polanya.

Tujuan vs Kepentingan

Sosiolog, seperti semua manusia, memiliki nilai, keyakinan, dan bahkan praduga-praduga dari apa yang mereka temukan dalam melakukan penelitian mereka. Karena sosiolog tidak kebal terhadap keinginan untuk mengubah dunia, dua pendekatan untuk penyelidikan sosiologis telah muncul. Sejauh ini yang paling umum adalah pendekatan objektif seperti yang dianjurkan oleh Max Weber. Weber mengakui bahwa ilmuwan sosial memiliki pendapat, tetapi menentang ekspresi pendapat yang non-profesional atau non-ilmiah di kelas tempatnya mengajar. Weber mengambil posisi ini karena beberapa alasan, tapi yang utama diuraikan dalam diskusi tentang Sains sebagai Panggilan di mana ia menyatakab bahwa tidak tepat jika seseorang dalam posisi otoritas (dosen) memaksa mahasiswa untuk menerima pendapatnya agar mereka dapat lulus. Weber tidak membantah bahwa pendapat ini tidak dapat diterima oleh para ilmuwan sosial yang mengekspresikan pendapat mereka di luar kelas dan menganjurkan agar para ilmuwan sosial terlibat dalam politik dan aktivisme sosial lainnya. Pendekatan objektif untuk ilmu sosial tetap populer dalam penelitian sosiologis dan jurnal penelitian karena ia menolak untuk terlibat dalam isu-isu sosial di tingkat pendapat dan bukannya berfokus perhatian pada data dan teori. Pendekatan objektif kontras dengan pendekatan kritis, yang berakar pada karya Karl Marx tentang struktur ekonomi. Siapa pun akrab dengan teori Marxis akan mengakui bahwa Marx memberikan gambaran masyarakat dalam advokasinya tentang perubahan. Marx tidak menyukai kapitalisme dan analisis sistem ekonomi termasuk tantangan untuk mengadakan perubahan. Pendekatan sosiologi sering menyebutnya sebagai sosiologi kritis (lihat juga penelitian tindakan). Beberapa jurnal sosiologi berfokus pada sosiologi kritis dan beberapa pendekatan sosiologis memiliki pandangan inheren yang kritis (misalnya, feminisme, pemikiran feminis kulit hitam).

Etika Dalam Sosiologi

Pertimbangan etis ini sangat penting untuk sosiolog karena subjek penyelidikan – orang. Karena pertimbangan etis sangat penting begitu banyak, sosiolog mematuhi seperangkat ketat pedoman etika. Pertimbangan etis yang paling penting dari penelitian sosiologis adalah bahwa peserta dalam penyelidikan sosiologis tidak dirugikan. Sementara apa ini memerlukan dapat bervariasi dari studi untuk belajar, ada pertimbangan yang diakui secara universal beberapa. Misalnya, penelitian pada anak-anak dan remaja selalu memerlukan izin orang tua. Penelitian pada orang dewasa juga memerlukan informed consent dan peserta tidak pernah dipaksa untuk berpartisipasi. Kerahasiaan dan anonimitas adalah dua praktek tambahan yang menjamin keamanan peserta ketika informasi sensitif disediakan (misalnya, seksualitas, pendapatan, dll). Untuk menjamin keamanan peserta, sebagian besar universitas mempertahankan papan review kelembagaan (IRB) yang meninjau studi yang meliputi peserta manusia dan menjamin kekakuan etis.

 

Hal ini tidak selalu terjadi bahwa para ilmuwan tertarik mempelajari manusia telah mengikuti prinsip-prinsip etika dalam penelitian mereka. Beberapa penelitian itu, ketika dibawa ke cahaya, menyebabkan pengenalan prinsip-prinsip etika membimbing penelitian manusia subyek dan Dewan Ulasan Kelembagaan untuk memastikan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip, yang perlu diperhatikan, termasuk percobaan Tuskegee sifilis, di mana 399 laki-laki hitam yang miskin dengan sifilis diobati untuk melacak kemajuan penyakit dan eksperimen Nazi pada manusia. Sebuah kertas baru-baru ini oleh Susan M. Reverby menemukan bahwa percobaan tidak etis seperti itu lebih luas dari sekedar studi Tuskegee dikenal secara luas dan bahwa Pemerintah AS mendanai studi di mana ribuan tahanan Guatemala terinfeksi dengan sifilis untuk menentukan apakah mereka bisa disembuhkan dengan penisilin. Pengawasan etika dalam ilmu dirancang untuk mencegah pelanggaran mengerikan seperti hak asasi manusia saat ini. Sosiolog juga memiliki prinsip-prinsip etika profesional mereka ikuti. Jelas kejujuran dalam penelitian, analisis, dan publikasi sangat penting. Sosiolog yang memanipulasi data mereka dikucilkan dan akan memiliki keanggotaan mereka dalam organisasi profesi dicabut. Konflik kepentingan juga disukai. Konflik kepentingan dapat terjadi ketika seorang sosiolog diberikan dana untuk melakukan penelitian tentang masalah yang berhubungan dengan sumber dana. Misalnya, jika Microsoft adalah untuk mendanai seorang sosiolog untuk menyelidiki apakah pengguna pengguna produk Microsoft lebih bahagia daripada para pengguna perangkat lunak open source (misalnya, Linux, Openoffice.org), sosiolog akan perlu untuk mengungkapkan sumber pendanaan karena menyajikan konflik kepentingan yang signifikan. Penjelasan komprehensif pedoman sosiologis disediakan di situs Asosiasi American Sociological.

 

 

Maimunah Permata Hati Hasibuan Jurnalistik 1a

v
Sosiologi
Kuantitatif
            Metode penelitian sosiologi kuantitatif melakukan pendekatan terhadap fenomena sosial dari perspektif yang dapat ditakar dan/atau diukur. Umpamanya, kelas sosial, ketika dilihat dari pendekatan kuantitatif maka dapat dibagi menjadi tiga kelompok yang berbeda, yaitu kelas atas, tengah, dan bawah. Selain itu, untuk melihat fenomena ini metode kuantitatif dapat mengukur dengan menggunakan sejumlah variabel yang terdapat di dalamnya. Misalnya, pendidikan, prestise kekuasaan, penghasilan, dan lain-lain. Metode penelitian kuantitatif cenderung menggunakan metode pengumpulan data dan uji hipotesis yang spesifik, termasuk: survei, analisis statistik, analisis data sekunder, dan desain eksperimental.
Kualitatif
Metode penelitian kualitatif dalam cenderung mendekati fenomena sosial dari perspektif verstehen (pemahaman). Perspektif tersebut digunakan untuk pemahaman yang lebih dalam terhadap sebuah fenomena. Metode kualitatif sering dengan bebas mengabaikan kuantitas—yang sering digunakan dalam analisis statistik—untuk mencapai kedalaman analisis fenomena yang diteliti. Bahkan, metode kualitatif dapat digunakan untuk melihat hubungan di antara bebagai variabel. Para sosiolog yang berorientasi kualitatif cenderung menggunakan berbagai metode pengumpulan data dan uji hipotesis, termasuk: observasi partisipatoris, wawancara, focus groups, analisis isi, dan perbandingan sejarah. Sementara ada sosiolog yang cenderung menggunakan salah satu dari metode kualitatif atau kuantitatif, banyak sosiolog yang melihat keuntungan dari kombinasi kedua pendekatan tersebut. Mereka melihat metode kuantitatif dan kualitatif sebagai metode yang saling melengkapi. Hasil dari kedua pendekatan tersebut dapat mengisi celah di antara keduanya. Sebagai contoh, metode kuantitatif dapat menjelaskan pola umum di masyarakat. Sementara pendekatan metode kualitatif dapat membantu memahami bagaimana individu di dalam pola-pola tersebut.

Cari Blog Ini