Rabu, 06 Maret 2013

STRUKTUR SILABUS SOSIOLOGI KOMUNIKASI MASSA


I. Pendahuluan
Komunikasi Massa adalah proses penyampaian informasi kepada khalayak dengan menggunakan beragam salurannya. Agar proses komunikasi itu bisa mengenai sasarannya dengan tepat, maka pemahaman secara sosiologis diperlukan. Oleh karena itu, pada mata kuliah Sosiologi Komunikasi Massa (SosKomMas) ini, aspek-aspek sosiologi (baik teoritis maupun praksis) dimunculkan dengan forsi lebih besar.

II. Metode Perkuliahan
Kuliah SosKomMas menggunakan metode perkuliahan sebagai berikut:
A. Tatap muka di kelas
B.  Penugasan, di mana setiap mahasiswa WAJIB membuat tugas INDIVIDU dan mengupload tugasnya ke Blog ini sesuai dengan petunjuk di kelas.
C. Observasi lapangan dan menuliskan laporannya;
D. Tes tertulis

III. Sistem Penilaian
Sistem Penilaian merupakan akumulasi dari: (1) Tugas harian dan kehadiran; (2) Tugas UTS dan UAS; dan (3) Hasil Tes tulis.

IV. Tema-tema Perkuliahan pada setiap pertemuan
1. Kontrak Belajar, Penjelasan Sistem Perkuliahan.
2. Perspektif Teori Sosiologi untuk Komunikasi Massa
3. Teori Strukturalis  (Pendekatan Institusional)
4. Teori Idealis (Pendekatan Isi / konten)
5. Teori Kritis  (Pendekatan Konteks Kepentingan)
6. UTS
7. Metodologi Studi Media dan Sistem Sosial
8. Media Cetak dan Media Konvensional (Struktur, Sistem, dan Dampak)
9. Media Elektronik dan Media Online (Struktur, Sistem, dan Dampak)
10. Media Sosial (social media), dll. (Struktur, Sistem, dan Dampak)
11. Globalisasi dan Realitas Media
12. Globalisasi dan Dampak Komunikasi Massa
13. UAS

V. Sistematika Penulisan Tugas (Mingguan, semesteran, dll)
I. Pendahuluan
II. Metode Studi (Pustaka atau Lapangan, atau gabungan keduanya)
III. Analisis atau Hasil Studi






Cari Blog Ini