Selasa, 17 Maret 2015

AHMAD ALI NIDAULHAQ

1113054000027

Apa itu Antropologi budaya? Kata Antropologi sendiri merupakan kombinasi dari dua kata yang di ambil dari bahasa yunani yaitu anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti ilmu. Secara singkat Antropologi budaya adalah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu.

Kenapa kita harus mempelajari Antropologi budaya di PMI? Pmi adalah suatu jurusan yang mengarahkan mahasiswa/i nya belajar mengenai masyarakat, karena sudah jelas dari nama jurusannya adalah PMI ("pengembangan masyarakatr Islam)."jadi sebagaian besar mata kuliahnya mengajarkan ilomu sosial, yang nantinyaakan bermanfaatdan sangat dibutuhkan ketika kita terjun ke masyarakat.

Ketika kita terjun ke masyarakat, kita akan banyak melihat banyak sifat, karakter, bahkan budaya mereka yang berbeda-beda. Jika kita belajar Antropologi budaya, sangat menolong kita, karena ketika kita terjun ke masyarakat nanti tidak akan merasakan kaget atau kesusahan menghadapi banyaknya budaya masyarakat.

Defenisi dan Kajian Antropologi budaya

antropologi berasal dari Bahasa Yunani "anthropos" yang artinya manusia dan "logy" atau "logos" yang berarti ilmu yang mempelajari tentang manusia. Sedangkan pengertian secara harfiah adalah ilmu yang mempelajari tentng manusia yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri, dan memberikan pengertian tentang budaya, tradisi, bahasa, adat istiadat dll.

"Antropologi" berarti "kajian manusia" akan tetapi, yang jelas para pakar antropologi bukan satu-satunya pakar yang berurusan dengan manusia, karena ada juga berbagai spesialis tentang Beethoven, Euripides, Oedipus kompleks dan Perang Boer. Juga bukan berarti bahwa para ahli antropologi hanya mengkaji manusia, sebagian menghabiskan waktunya menerobos rimba Afrika untuk mengkaji primat berbulu.

            Anthropology berarti "ilmu tentang manusia" dan dalam istila yang sangat tua. Dahulu istilah itu di gunakan dalam arti yang lain yaitu "ilmu tentang ciri-ciri tubuh manusia". Dalam perkembangan fase ketiga sejarah perkembangan antropologi, istilah itu mulaui dipakai terutama di Inggris dan Amerika dalam arti yang sama dengan ethnology pada awalnya. Di inggris kemudian di inggris istilah Anthropology malahan yang mendesak istilah ethology dan di Amerika istilah Anthropology di pakai dalam arti yang amat luas, karena meliputi baik bagian-bagian fisik maupun sosial dari "ilmu tentang manusia".

Di Eropa Barat dan Tengah istilah Anthropology dipakai dalam arti khusus, yaitu ilmu tentang ras-ras manusia dipandang dari ciri-ciri fisiknya.

Sedangkan menurut para ahli ialah:

ü Ralf Beals dan Harry Holjen adalah Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dan semua apa yang dikerjakannya.

ü Darwin adalah The drigin species "antrpologi fisik berkembang pesat dengan melakukan penelitian-penelitian terhadap asal muladan perkembangan manusia. Manusia aslanya monyet karena makhluk hidup mengalami evaluasi antropologi ingin membuktikan dengan melakukan berbagai peneliti terhadap kita dan monyet diseluruh dunia".

ü William A Haviland adalah Antropologi adalah yang mempelajari ummat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.

ü David Hunter adalah Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang ummat islam.

Kajian Antropologi

            Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman dan lain sebagainya, objek kajian Antropologi adalah manusia didalam masyarakat suku bangsa kebudayaan dan perilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam masyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri. Ilmu antropologi juga mempunyai beberapa kategori, yaitu : 1. Antropologi fisik Yaitu arti khusus dari ilmu antropologi yang mencoba mencapai suatu pengertian tentang sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia dipandang dari sudut ciri-ciri tubuhnya, yang memakai sebagai bahan penelitian ciri-ciri tubuhnya, baik yang lahir ( fenotip ) seperti warna kulit, bentuk rambut, indeks tengkorak, bentuk muka, warna mata, maupun dalam ( genotip ) seperti golongan darah. Antropologi fisik berdasarkan ciri-ciri diatas dapat dikembangkan lagi menjadi dua, yaitu : a. Paleoantropologi, yaitu ilmu bagian yang meneliti tentang asal-usul atau proses terjadinya evolusi makhluk manusia dengan mempergunakan sisa-sisa tubuh yang telah membatu atau fosil-fosil manusia dari zaman dahulu yang tersimpan didalam lapisan-lapisan bumi yang harus didapat para peneliti dengan berbagai metode sebagai bahan penelitian. b. Somatologi, yaitu ilmu yang membicarakan variasi diantara makhluk hidup/ keberagaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik. 2.

Antropologi Budaya Karena tidak ada kebudayaan tanpa adanya manusia, maka pekerjaan ahli antropologi fisik merupakan kerangka yang diperlukan oleh ahli antropologi budaya. Antropologi budaya, dibedakan lagi menjadi 5, yaitu : a. Etholiguistik yaitu yang mempelajari tentang bahasa-bahasanya b. Prehistori yaitu mempelajari tentang sejarah perkembangandan penyebaran semua kebudayaan manusia mengenal tulisan. c. Etnolog yaitu Ilmu yang mempelajari kehidupan suku-suku bangsa misalnya adat, agama, dan kebudayaan masa kini. d. Antropologi spesifikasi yaitu ilmu antropologi yang melakukan perkembangan dari ilmu antropologi murni. e. Antropologi terapan yaitu berusaha mengaplikasikan temuan-temuan antropologi dalam pemecahan masalah yang dihadapi manusia, misalkan membuat bahan makanan yang mempunyai nilai jual yang tinggi[2]. C. Hubungan antara Antropologi dan Ilmu-ilmu Lain Hubungan antara Antropologi dengan ilmu geologi. Bantuan ilmu geologi yang mempelajari ciri-ciri lapisan bumi serta perubahan-perubahannya, terutama dibutuhkan oleh sub ilmu paleoantropologi dan prehistori untuk menetapkan umur-umur relatif dari fosil-fosil makhluk primat dan fosil-fosil manusia zaman dahulu, serta artefak-artefak dan bekas-bekas kebudayaan yang digali dari dalam lapisan bumi. Hubungan antara Antropologi dengan Anatomi. Seorang sarjana Antropologi fisik sangat perlu akan ilmu Anatomi, karena ciri-ciri dari berbagai bagian tengkorak dan ciri-ciri dari bagian tubuh manusia pada umumnya, menjadi objek penelitian yang terpenting untuk mendapat pengertian tentang soal asal mula dan penyebaran manusia serta hubungan antara ras-ras didunia.

Hubungan antara Antropologi dengan Ilmu Paleontologi. Bantuan dari paleontologi sebagai ilmu yang meneliti fosil makhluk-makhluk dari dahulu kala untuk membuat suatu rekonstruksi tentang proses evolusi bentuk-bentuk makhluk dari dahulu kala hingga sekarang, tentu juga sangat diperlukan ilmu paleoantropologi dan prehistori. Hubungan antara Antropologi dengan Ilmu Psikiatri. Hubungan antara ilmu psikiatri dengan ilmu antropologi telah tersebut diatas, dan merupakan suatu perluasan dari hubungan antara antropologi dan ilmu psikologi, yang kemudian mendapat fungsi yang praktis Ilmu Antropologi dengan ilmu sejarah. Sejarah menyumbang bahan yang berupa fakta dan data masa lampau yang dapat dijadikan sebagai pola ulang dalam menentukan masa depan. Sejarah dan Antropologi merupakan satu kesatuan yang mana antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dengan kebudayaan dan sejarah masuk didalamnya

 

KESIMPULAN

 Antropologi adalah studi tentang umat manusia dengan menggunakan pendekatan ilmiah, antropologi berusaha menyusun pendeskripsian tentang makhluk hidup dan perilakunya dan untuk mendapat pengertian yang tidak berprasangka tentang keanekaragaman manusia. Bidang besar dalam antropologi yaitu Antropologi fisik dan Antropologi budaya. Antropologi fisik memusatkan perhatiaanya pada manusia sebagai orgasme biologis, sedangkan penekanan utama Antropologi fisik adalah melacak evolusi perkembangan makhluk manusia dan mempelajari variasi-variasi biologis dalam jenis ( spesies ) manusia. Sedangkan Antropologi Budaya mempelajari manusia melalui kebudayaanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini