Selasa, 17 Maret 2015

ZUYIN ARWANI_PMI 6_ (RESUME) EKOLOGI MANUSIA_1112054000020

NAMA        : Zuyin Arwani

NIM             : 1112054000020

JURUSAN   : PMI 6 (enam)

Resume BAB II

TUGAS MATA KULIAH EKOLOGI

MESIN DUNIA A A ALA NEWTON

Dinamika yang mendasari Problem-problem utama zaman kita antaranya adalah: AIDS, Kriminalitas, Perlombaan senjata nuklir, Polusi, Inflasi Krisis energi. Semuanya ini adalah merupakan residu peradaban yang tidak teruduksi oleh sistem yang kita kenal dengan moderisme. Dan sekarang kita sudah sampai pada puncak perubahan yang dramatis dan penuh resiko. Sebuah titik balik bagi keseluruhan Planet.

Pandangan dunia dan system nilai yang melandasi kebudayaan kita dan yang telah dikaji ulang secara seksama telah dirumuskan dalam sketsa penting abad ke enam belas dan tujuh belas.

Sekitar Antara tahun 1500 dan 1700 itu terdapat suatu perubahan dramatis pada cara manusia menggambarkan duniannya dan dalam keseluruhan cara berpikir mereka. Sebelum tahun 1500 pandangan dunia yang dominan di Eropa dan sebagian besar peradaban lain bersifat organic. Manusia hidup dalam dalam komunitas-komunitas kecil dan erat, dan menjalani kehidupan alam raya dalam pengertian hubungan yang organic, yang ditandai saling ketergantungan antara fenomena spiritual dengan fenomena material. Dan yang organic ini didasarkan atas dua otoritas Aristotle dan Gereja.

Pandangan abad pertengahan itu berubah secara mendasar pada abad ke enam belas dan tujuh belas, pengertian alam semesta sebagai sesuatu yang bersifat organic, hidup dan spiritual digantikan oleh pengertian bahwa dunia itu laksana sebuah mesin, dan mesin dunia itu kemudian menjadi metafora yang dominan pada zaman modern. Dan perkembangan ini diakibatkan oleh perubahan-perubahan revolusioner dalam ilmu fisika dan astronomi yang mencapai puncaknya pada prestasi yang dicapai oleh Copernicus, Galileo Galilei dan Newton. Ilmu pada abad ke tujuh belas itu didasarkan atas suatu metode penelitian baru, yang dikembangkan dengan sedemikian kuat oleh Francis Bacon, dengan melibatkan deskripsi alam matematis dan metode penalaran analitik yang disusun oleh si jenius Descartes.

Kami akan paparkan tentang siapa saja yang melakukan kajian ilmiah (Saitifik) dalam perkembangan ilmu sosial, yaitu antaranya adalah:

o  Galileo adalah orang pertama yang memadukan percobaan ilmiah dengan bahasa matematika untuk merumuskan hukum-hukum alam yang ditemukannya dan oleh karena itu ida dianggap sebagai bapak ilmu modern.

o  Kemudian Bacon merupakan orang pertama yang merumuskan teori tengan prosedur induktif dengan sangat jelasuntuk membuat percobaan dan menarik kesimpulan umum dari percobaan –percobaan itu, untuk diuji dalam percobaan lebih jauh dan dia sangat berpengaruh dengan mengembangkan metode baru itu.  Dan semangat Bacon menimbulakan perubahan yang luar biasa pada hakikat tujuan penelitian ilmiah.

o  Kemudian kejeniusan Descartes adalah kejeniusan seorang ahli matematika dan hal ini juga tampak di dalam filsafatnya. Untuk melaksanakn rencananya membangun suatu ilmu alam yang lengkap dan pasti, dia mengembangkan suatu metode penalaran baru yang disajikannya dalam bukunya yang paling terkenal " Discourse on Methode".

Dan inti metode dari Descartes adalah keraguan yang mendasar, dia meragukan segala sesuatu yang dapat diragukannya. Semua pengetahuan traditional, kesan indrawinya danbahkan juga kenyataan bahwa dia mempunyai tubuh hingga mencapai satu hal yang tidak dapat diragukannya lagi, keberadaan dirinya sebagai pemikir. Oleh karena itu dia sampai pada perbyataannya yang terkenal "Cogito, ergo sum"  yang artinya " Saya berpikir, makan saya ada". Bagi Descartes alam semesta materi adalah sebuah mesin dan tidak lebih dari sekadar mesin.

o   Issac Newton adalah sebuah pribadi yang jauh lebih kompleks daripada yang diperkirakan orang bila dilihat dari tulisan-tulisannya. Dia istimewa tidak hanya sebagai ilmuwan dan matematikawan melainkan pada berbagai tahap kehidupannya dia juga seorang ahli hukum, sejarawan dan theology disamping dia jugabanyak terlibat dalam penelitian tentang ilmu ghaib dan pengetahuan esotetik. Pada abad ke delapan belas dan ke Sembilan belas mekanika Newton telah digunakan dengan keberhasilan yang luar biasa. Teori Newton mampu menjelaskan gerak planet, bulan dan komet hinga ke rincian-rincian terkecil, begitu pula dengan aliran gelombang dan berbagai fenomena lainyang berkaitan dengan gravitasi. Kata-kata Newton sendiri menggambarkan " Ruang absolute dalam hakikatnya sendiri tanpa memperlihatkan segala sesuatu di luar selalu tetap dan tak bias digerakkan".

o   Locke megembangkan pandangan masyarakat yang atomistic yang menggambarkannya dalam pengertian balok bangunan dasarnya manusia. Analisis locke tentang hakikat manusia didasarkan atas analisis filsuf sebelumnya, Locke mengadopsi teori pengetahuan ini dan dengan metaforanya yang terkenal membandingkan akal manusia yang baru lahir dengan sebuah tabula rasa, sebuah meja kecil yang kosong sama sekali yang akan ditulisi dengan pengetahuan segera sesudah pengetahuan itu diperoleh melalui pengalaman indera. Menurut locke semua manusia semua laki-laki kalau menurut kata-katanya terlahir sama dan dalam perkembagannya mereka sama sekali tergantung pada lingkungan. Locke percaya bahwa tindakan-tindakan manusia selalu didorong oleh apa yang mereka anggap sebagai minat mereka sendiri. Locke menerapkan teorinya tentang hakikat manusia pada fenomena social, dia dituntun oleh keyakinan bahwa terdapat hokum-hukum alam yang mengatur masyarakat manusia yang sama dengan hukum-hukum yang mengatur alam semesta fisik.hukum-hukum alam ini mencangkup kebebasan dan persamaan individu serta hak memiliki yang merupakan buah kerja seseorang. Konsep-konsep locke menjadi dasar bagi system nilai pencerahan dan mempunyai pengaruh yang kuat pada perkembangan pemikiran ekonomi dan politik.

o   Thomas hobbes yang menyatakan bahwa semua pengetahuan itu berdasarkan persepsi indera.

TerimaKasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini