Selasa, 17 Maret 2015

Tugas Resume1_Ekologi Manusia_Lilisokviyani_1112054000002_PMI 6

Nama : Lilis Okviyani ( 1112054000002)

Pengembangan Masyarakat Islam ( VI)

Resume MK Ekologi Manusia

Mesin Dunia ala Newton

Pandangan dunia dan system nilai yang melandasi kebudayaan kita dan yang telah dikaji ulang secara seksama telah dirumuskan dalam sketsa penting abad ke enam belas dan tujuh belas. Pada tahun sebelum 1500 pandangan dunia yang dominan di Eropa dan sebagian besar peradaban lain bersifat organic. Dimana manusia hidup dalam dalam komunitas-komunitas kecil dan erat, dan menjalani kehidupan alam raya dalam pengertian hubungan yang organic, yang ditandai saling ketergantungan antara fenomena spiritual dengan fenomena material. Dan yang organic ini didasarkan atas dua otoritas Aristotle dan Gereja.

Pada abad ke 16 dan 17, pengertian alam semesta sebagai sesuatu yang bersifat organic, hidup dan spiritual digantikan oleh pengertian bahwa dunia itu laksana sebuah mesin, dan mesin dunia itu kemudian menjadi metafora yang dominan pada zaman modern. Dan perkembangan ini diakibatkan oleh perubahan-perubahan revolusioner dalam ilmu fisika dan astronomi yang mencapai puncaknya pada prestasi yang dicapai oleh Copernicus, Galileo Galilei dan Newton.

Galileo adalah orang pertama yang memadukan percobaan ilmiah dengan bahasa matematika untuk merumuskan hukum-hukum alam yang ditemukannya dan oleh karena itu dia dianggap sebagai bapak ilmu modern. Kemudian Bacon merupakan orang pertama yang merumuskan teori dengan prosedur induktif dengan sangat jelas untuk membuat percobaan dan menarik kesimpulan umum dari percobaan –percobaan itu, untuk diuji dalam percobaan lebih jauh dan dia sangat berpengaruh dengan mengembangkan metode baru itu.  Sementara Galileo, Descartes percaya bahwa bahasa alam adalah matematika dan keinginannya untuk menggambarkan alam dalam pengertian matematika membawa Descartes pada penemuannya yang terkenal.

Newton menyajikan teori tentang dunia secara rinci dalam bukunya mathematical principles of natural philosophy. Secara singkat principia sesuai denganjudul aslinya dalam bahasa latin mencakup suatu system definisi, proposisi, dan bukti-bukti yang komprehensif yang dianggap oleh para ilmuan sebagai gambaran alam yang benar selama lebih dari dua ratus tahun. Alam semesta a la newton adalah sebuah system mekanis yang luar biasa besar  yang bekerja sesuai dengan hukum-hukum matematika yang pasti.

Pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas teori Newton menjelaskan gerak planet, bulan dan komet hingga ke rinci-rinciann yang terkecil, begitu pula aliran gelombang dan berbagai fenomena lain yang berkaitan dengan gravitasi. System matematika newton telah mantap menjadi teori relitas yang benar dengan sedemikian cepatnya dan menimbulkan antusiasme yang luar biasa baik dikalangan ilmuwan maupun orang awam. Teori newton tentang alam semesta dan kepercayaan pendekatan rasional pada masalah-masalah manusia menyebar dengan sedemikian pesatnya dikalangan kelas menengah abad kedelapan belas sehingga keseluruhan era itu menjadi zaman pencerahan.

Perkembangan pada abad kesembilan belas adalah penemuan dan penelitian tentang fenomena listrik dan magnetic yang melibatkan suatu jenis kekuatan baru dan tidak digambarkan secara tepat oleh model makanistik.

Meskipun mencapai perubahan yang sedemikian jauh. Maxwell sendiri menjelaskan hasil-hasil penelitiannya dalam pengertian mekanik yang menafsirkan medan gaya sebagai kondisi tekanan mekanik dalam suatu medium yang sangat ringan dan mampu menembus kemana-mana yang disebut ether dan menjelaskan gelombang electromagnet sebagai gelombang elastic dari ether.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini