Rabu, 11 Maret 2015

TUGAS MENDESKRIPSIKAN KAMAR TIDUR

TUGAS MENDESKRIPSIKAN KAMAR TIDUR

 

Nama               : Siti Nur Afriyanti                  Mata Kuliah    : Metodologi Penelitian Kualitatif

Jurusan            : Bpi-6                                     Dosen              : Tantan Hermansyah, M.Si.

Menurut saya kamar tidur adalah tempat yang paling pribadi, selain sebagai tempat untuk beristirahat setelah melakukan rutinitas harian, saya pun lebih nyaman berada dikamar tidur, karena saya bebas berekspresi disana tanpa perlu ada yang mengomentari.

Kamar tidur saya adalah sebuah kamar yang saya sewa di daerah Pesanggrahan samping kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tidak begitu luas memang hanya berukuran 3 x 3 meter, namun itu sudah cukup luas karena saya menyewa kamar itu sendirian. Kamar kost saya berwarna kuning gading, mempunyai pintu berwarna hijau, ada dua buah jendela yang warnanya pun hijau didalam kamar kost saya, saya sering membuka jendela itu agar udara dapat masuk kekamar jadi tidak terlalu sumpek.

Meski saya belum terlalu lama menempati kamar kost yang saya sewa ini, saya sudah beberapa kali merubah posisi barang-barang, karena saya memang tipe orang yang suka mengotak-ngatik kamar apalagi kamar kost ini lumayan besar jadi saya bisa geser sana geser sini tidak seperti kamar ynag saya miliki dirumah yang memang lenih kecil dibanding kamar kost saya.

Kemudian, dalam ruangan yang cukup luas bagi saya yang tinggal sendirian, saya menata beberapa barang-barang yang saya dapat sebagai fasilitas sewa kamar kost dan yang saya bawa dari rumah, seperti:

1.      Ketika saya baru masuk kamar, disebelah kanan saya menaruh sebuah galon air minum  untuk kebutuhan saya sehari-hari, galon itu saya bawa dari rumah karena galon tidak termasuk pada fasilitas kamar yang saya sewa. Warna galonnya sama seperti warna galon kebanyakan, biru transparan.

2.      Kemudian di samping galon saya menaruh sebuah lemari yang cukup besar yang saya dapatkan sebagai salah satu fasilitas kamar kost, warna lemari itu hampir sama seperti warna lemari pada umumnya, berwarna coklat tua. Dan memang lemari itu sudah cukup tua, terbukti karena sudah banyak rayap yang menggerogoti lemari itu, tapi lemari itu sangat berguna untuk saya untuk menaruh barang-barang lain seperti piring, sendok dan lain-lain.

3.      Di samping lemari tua yang sangat berguna itu, saya menaruh sebuah kardus yang berisi kumpulan fotocopy-an makalah dari semester 1-5.

4.      Di depan kardus itu saya menaruh tempat sampah plastik, namun saya tidak menggunakan itu untuk tempat sampah melainkan untuk menaruh gantungan baju dan peralatan mandi serta sabun cuci.

5.      Di depan tempat plastik itu saya menaruh meja belajar anak-anak yang ukurannya 2x lebih besar yang saya hadapkan ke tembok, di atas meja tersebut saya menaruh beberapa buku bacaan, kalender, sebuah gelas yang berisi beberapa pulpen dan pensil, dan terkadang saya juga menaruh laptop di meja tersebut.

6.      Di depan meja itu saya memasang sterofom berwarna biru tua, yang sering saya gunakan untuk menempel memo tentang materi kuliah, jadwal kuliah, pembagian kelompok dan sebagainya.

7.      Di atas sterofom itu, saya menempelkan wall sticker tentang fotografi.

8.      Beralih ke samping meja belajar, tepat di tembok paling pojok saya menaruh sebuah lemari yang tidak terlalu besar yang saya bawa dari kostan lama saya. Sama seperti lemari yang pertama warnanya coklat tua, tapi isinya berbeda lemari yang ini berisi semua pakaian saya. Di atasnya saya gunakan untuk menaruh beberapa buku perkuliahan dan alat make-up saya.

9.      Di depan lemari itu saya menaruh kasur yang saya dapatkan sebagai fasilitas kostan, kasur itu berwarna biru tua, namun saya melapisinya dengan seprai bermotif kotak-kotak hitam biru yang saya bawa dari rumah.

10.  Tepat di atas kasur ada 3 buah bantal yang salah satunya saya dapat sebagai fasilitas kost, sedang yang lain saya bawa dari rumah, waran sarung bantalnya pun sama seperti waran seprainya motif kotak-kotak hitam biru.

11.  Selain bantal ada 2 buah boneka di atas kasur saya, yang satu boneka kambing berwarna merah hitam, sedang yang satu lagi boneka kelinci dengan badan panjang berwarna putih merah muda.

12.  Di samping kasur saya menaruh kipas angin yang dibawa dari rumah, kipas angin itu berwarna putih biru.

13.  Saya memasang beberapa paku di tembok kamar dan di belakang pintu untuk menaruh gantungan baju dan tas.

14.  Di luar ruangan dekat kamar mandi saya menaruh tempat baju kotor yang berwarna biru.

Kurang lebih seperti itulah deskripsi tentang kamar tidur saya di kamar kost, namun sayangnya sekarang saya sudah tidak lagi menyawa kamar itu. Orang tua saya meminta saya untuk pulang pergi saja ke kampusnya, jadi beberapa hari ini sayapun sudah tidur di kamar lama saya. Tentu gambaran kamar saya yang di rumah berbeda dengan kamar kost yang saya sewa, karena kamar saya di rumah lebih kecil di banding kamar kost, hanya berukuran 2 x 3,5 meter.

Kamar saya dirumah mempunyai pintu berwarna putih, di kamar inipun terdapat dua buah jendela berwarna coklat dan mempunyai teralis bercorak bunga, dihias gorden berwarna dominan biru muda denga corak polkadot. Kamar saya berwarna putih tanpa ada warna cat lain.

Karena saya pindah dari kost ke rumah, jadi barang-barang saya bawa dari rumah ke kostan saya bawa lagi ke rumah dan ada beberapa yang saya letakan di kamar saya, seperti:

1.      Meja belajar, meja belajar saya letakan di pojok dekat jendela. Hampir sama seperti masih di kostan saya menaruh beberapa buku perkuliaha,kalender, gelas berisi pulpen dan pensil, laptop, tapi sekarang saya menambahkan beberapa pelatan make-up saya, dan saya tambahkan 2 bingkai foto, yaitu foto saya sewaktu kecil dan foto keluarga saya.

2.      Di samping sebelah kanan meja saya menaruh printer merk hp yang saya pikir masih dapat dipergunakan, namun ternyata printer tersebut rusak, mungkin karena terlalu lama tidak digunakan, jadi saya harus memperbaikinya dulu.

3.      Berbeda dengan di kostan dulu, saya tidak menggunakan kasur di kamar yang sekarang ini, karena kasur yang ada terlalu besar tidak cukup jika harus di gunakan di kamar saya, jadi saya hanya menggunakan kasur lantai berwarna merah. Saya biasa langsung melipatnya ketika sudah tidak digunakan, saya pun memiliki beberapa bantal yang saya gunakan, namun sarug bantalnya tidak seragam, ada yang biru polos, kotak-kotak, bunga-bunga, dan warna-warni.

4.      Di kamar ini pun saya memiliki lemari, ada 2 lemari di sini. Yang pertama lemari kayu djati yang sudah lumayan tua tapi tetap kokoh, dan yang satu lagi lemari plastik. Di lemari kayu saya gunakan untuk menaruh baju dan beberapa buku saya, sedang lemari plastik saya gunakan untuk kumpulan makalah dan beberapa sepatu saya.

5.      Tak lupa di kamar saya yang ini pun saya memiliki kipas angin, hanya yang ini berwarna putih merah muda.

Kurang lebih seperti itulah gambaran kamar tidur yang saya miliki, baik yang kamar kostan maupun kamar saya di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini