Rabu, 11 Maret 2015

Tugas Metodologi Penelitian Kualitatif-Firdha Aulia Rahmah


NAMA : FIRDHA AULIYA RAHMAH

PRODI : BPI

NIM  : 1112052000021

MATKUL : METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF

 

 

Pada tanggal 27 Juli tahun 2012 saya menempati tempat tinggal sementara lebih tepatnya sebuah kostan. Terletak di jalan Kertamukti gang Abdul Majid, no. 115 RT/RW: 01/08, Kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Universitas Islam Negeri Jakarta adalah tempat saya menimba ilmu dengan segala macam wawasan yang terdapat di dalamnya. Berada jauh dari kota asal, saya memutuskan untuk mencari tempat tinggal agar memudahkan menuju kampus. Jarak antara kampus dengan kostan kira-kira kurang lebih 500 meter dan letaknya cukup strategis. Arah jalan menuju kostan di apit oleh sebuah rumah sakit bersalin Hermina dengan masjid Al Muhajirin. Pagar hitam yang cukup tinggi dengan terdapat 13 kamar kostan disitulah saya tinggal.

Saya menempati kamar nomor 9 yang letaknya sebelah kanan pojok dari pintu utama kostan. Sebelum menuju kamar terdapat lorong sempit yang sedikit pengap dan gelap. Tidak jarang di lorong yang sempit itu hampir setiap sore penghuni kostan berkumpul untuk bertukar informasi. Warna coklat tua, berbahan dasar jati, menjadi salah satu ciri khas pintu kamar kostan saya. Tempat yang saya huni berukuran 3 x 3 meter persegi, yang hanya cukup ditempati maksimal dua orang, memiliki lantai bersih, berwarna coklat muda, tembok kamar dilapisi cat berwarna putih, tiga ventilasi kamar untuk keluar masuknya udara, dan dilengkapi dengan jendela nako dengan gorden yang berwarna biru. Salah satu bagian dari konstruksi bangunan kostan terdapat kusen yang berwarna coklat tua membentuk hubungan baik antara sebuah dinding pasang bata, beton ataupun kayu dengan pintu jendela yang membuat kamar kostan kokoh. Fasilitas yang saya dapatkan ketika menempati kamar, yaitu lemari berukuran panjang 1 meter, tinggi 2 meter material kayu jati berwarna coklat tua yang mempunyai empat rak di dalamnya. Rak lemari yang pertama digunakan sebagai tempat menyimpan tas, rak yang ke dua, ke tiga untuk menyimpan pakaian, dan di dalam rak terkhir digunakan untuk menyimpan buku. Fasilitas selanjutnya, di sediakan kasur busa (springbed) untuk kapasitas dua orang lengkap dengan dua guling dan bantal. Terdapat kamar mandi dalam yang berkeramik biru dengan cat tembok berwarna kuning pucat dan memiliki pintu berwarna biru, dilengkapi wc, satu kran air, satu buah gantungan baju, ember, plus gayung di dalam kamar mandi dan meja, kaca rias yang terdapat dalam kamar kostan.

Selain fasilitas yang di sediakan masih banyak barang yang terdapat dalam kamar, diantaranya adalah dispenser lengkap dengan galon, dua lemari exel berwarna putih dan biru di setiap exelnya memiliki empat rak digunakan untuk menyimpan pakaian, dua box buku yang berwarna biru, meja lipat merah bergambar mobil, mejikom berwarna putih yang berfungsi untuk menanak nasi, terdapat dua rak yaitu rak sepatu dan rak piring yang masing-masing tentu berbeda kegunaannya. Rak sepatu memiliki empat tingkatan ke satu, ke dua digunakan untuk meletakkan sepatu sandal, sedangkan tingakatan ke tiga, ke empat berfungsi untuk meletakkan sepatu. Jenis rak ke dua yaitu rak piring yang memiliki tiga tingkatan. Tingkatan pertama terdapat enam buah buah gelas yang disusun berjajar, dan tingkatan ke dua ke tiga diisi oleh empat piring, tiga mangkok dan beberapa sendok, garpu. Setelah fasilitas yang terdapat dalam kostan kini beranjak pada ciri khas kamar kostan saya. Cat tembok yang berwarna putih dan ditempeli wall sticker dengan motif bunga dan binatang menjadi salah satu ciri khas kamar kost saya. Tidak hanya wall sticker dalam kamar saya terdapat white board yang digunakan untuk menulis tugas dan hal penting.

Fasilitas yang di sediakan sudah cukup memadai dan barang-barang yang terdapat di dalam kamar termasuk lengkap. Semua yang terdapat dalam kostan mempunyai kegunaannya masing-masing. Posisi kamar yang saya tempati sangat strategis, dari tempat pintu utama masuk kostan dan tempat berkumpul penghuni kamar untuk bertukar pikiran. Letak barang-barang yang terdapat dalam ruang kamar saya teratur dan rapi. Pintu utama kostan yang tepatnya berada dalam kamar terdapat sebuah televisi yang berantena orange, material besi dan alumunium, terdapat di atas televisi, meja yang terbuat dari besi yang mempunyai empat kaki untuk menopang televisi yang berukuran 21 inch.

Letak barang-barang yang terdapat di kamar tersusun rapi dan menempati ruangnya masing-masing. Mulai dari arah pintu masuk kamar sebelah kanan terdapat dua buah lemari exel berwarna putih dan biru, bersebelahan dengan dua box yang berwarna biru yang menumpuk jadi satu letaknya sebelah barat dari arah pintu kamar, kipas angin dengan meja berada sebelah barat berdampingan dengan dua lemari exel dan dua box yang berwarna biru. Lemari yang berukuran panjang 1 meter, tinggi 2 meter berwarna coklat tua letaknya sejajar dengan pintu arah barat dari pintu kamar, dan rak piring bersebelahan dengan lemari yang cukup tinggi itu. Kamar mandi letaknya berhadapan dengan lemari dan rak piring, sebelah timur dari arah pintu kamar. Tempat tidur saya berhadapan dengan lemari exel dan box buku. Dispenser plus galon letaknya bersebelahan dengan tempat tidur. Terakhir letak rak sepatu sebelah utara dari arah pintu kamar. 


Terkirim dari Samsung Mobile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini