Rabu, 11 Maret 2015

Assalamualaikum pak, tugas sebelumnya juga sudah saya lampirkan kemarin sore melalui Gmail.

Maria Angelina/ BPI 6/ FIDKOM

1112052000003

Metodologi Penelitian Kualitatif

Deskripsi Kamar


Kamar saya, terletak di kanan belakang di dalam rumah yang bersampingan dengan kamar mandi. Letaknya pun tak jauh dari ruang tamu dan tangga. kamar saya memiliki dua jendela berukuran 1,5x1 meter yang berfungsi sebagai ventilasi udara ke dalam kamar, dilapisi gorden berwarna krem agak kecoklatan. Cat jendela berwarna putih dengan tangkai besi berwarna hijau tua yang berbentuk lingkaran menyerupai bunga di setiap bentuknya.

Kamar yang berukuran  3x4 m dengan tinggi sekitar 2,5 m ini pun memakai warna cat dinding yang lembut yaitu warna putih berpadu dengan warna krem sehingga memberikan kesan sejuk, natural dan tenang. Pada pintu kamar yang berwarna coklat, terdapat beberapa poster boyband korea kesukaan saya, anatara lain boyband EXO-K, EXO-M, Shinee dan juga actor korea favorit saya, Kim So Hyun.

Di samping pintu kamar, terdapat sis dinding yang dihiasi gantungan kaligrafi mungil bertuliskan lafaz Allah dan Nabi Muhammad. Ketika memasuki kamar, maka banyak orang-orang yang memberi kesan bahwa kamar saya mempunyai lampu yang redup, gelap , menyeramkan karena didukung juga oleh nuansa rumah saya yang sepi dikarenakan hanya ditinggali oleh dua jiwa,lampu bercahaya redup itu  dikarenakan ibu saya memasang lampu kamar yang watt-nya tidak besar karena dapat meminimalisir keborosan dalam listrik.

Untuk membaca buku di dalam kamar,  dibutuhkan penerang yang lebih terang,maka dari itu setiap saya membaca buku, saya lebih menyukai membaca di ruang tamu yang berlampu terang. Namun dengan penerangan kamar yang sedikit remang membuat saya lebih cepat mengantuk dan tertidur karena tidak memberikan efek silau pada mata karena tidak perlu mematikan lampu kamar lagi ketika ingin tidur

Di dalam kamar terdapat beberapa perabotan seperti lemari, kasur, meja kursi, rak buku dan tempelan dinding. Ketika memasuki kamar, di sebelah kanan pintu terdapat lemari kecil yang digunakan sebagai tempat penyimpanan album foto dari zaman ibu saya muda hingga sekarang ini, beberapa file tentang resep-resep masakan dan diatas lemari terdapat beberapa pigura foto yang saya pajang, yakni foto keluarga dan teman-teman Aliyah saya.

Di samping itu, terdapat lemari besar berwarna hitam yang memiliki dua pintu berisi pakaian sehari-hari, baik untuk diluar ataupun di dalam rumah. Di kanan ruangan, persis di samping lemari besar hitam terdapat rak kecil berukuran panjang berwarna kuning yang biasanya dipergunakan untuk menyimpan tas, kaset-kaset music,alat-alat melukis dan beberapa buku lama nan using saat ibu saya masih bekerja dulu di kantor.

Bisa dibilang, kamar saya adalah tempat serbaguna untuk banyak menaruh barang-barang seperti dokumen, boneka-boneka, baju-baju saat saya masih bayi,buku-buku lama, dsb. Di hadapan rak tersebut,  terdapat kasur yang biasa saya gunakan untuk tidur. Kasur itu bertingkat dua, yakni kasur atas dan kasur bawah berwarna biru dongker.

Kasur saya saat ini menggunakan seprai berwarna biru muda bergambar animasi sapi. Di atas kasur, terdapat dua bantal,satu bantal imut bergambar kodok keroppi berwarna hijau, satu guling, selimut strawberry shortcake berwarna pink, dan beberapa boneka diantara lain satu boneka monyet, dua boneka perempuan kecil, satu boneka anjing puppy berwarna coklat muda dan tiga boneka babi ukuran kecil dan besar berwarna pink.

Di samping kasur terdapat rak buku yang berisi buku-buku saya yang cukup banyak, mulai dari buku-buku kuliah, kamus-kamus, buku tentang beberapa Bahasa Negara luar, beberapa novel dan juga komik-komik koleksi saya. Di rak paling atas terdapat boneka Barbie berkostum bola yang masih terbungkus rapi dengan kotaknya dan satu buah jam yang berukuran 10x10 cm. Jarak antara rak buku dengan kasurpun hanya berkisar sekitar 30 cm saja.

Lalu di samping kiri sebelah Kasur yang letaknya langsung berlawanan arah dengan pintu, terdapat lemari lagi berwarna biru dan putih berukuran sekitar 1x1,5 meter yang berisi kain-kain seperti taplak meja, seprai, gorden, dan juga berisi beberapa buku saat masih duduk di bangku sekolah menengah. Diatas lemarinya terdapat sebuah kaca yang biasa saya gunakan setiap hari, bedak, lotion, parfum, minyak angin dan berbagai aksesoris wanita lainnya.

Tak jauh dari situ, yakni di sebelah kiri yang sejajar dengan jendela kamar terdapat kipas angin dan sebuah papan tulis yang gunanya sebagai reminder, tempat menulis vocabulary , huruf hiragana, dan catatan penting lainnya. Lalu, di bagian dinding kamar, terdapat beberapa hiasan kamar yakni diatas rak buku terdapat sebuah kaligrafi yang berukuran cukup panjang sekitar 60x40 cm yang bertuliskan lafaz ayat kursi yang dibeli oleh ibu sewaktu pulang dari Makkah.

Di sbelah kanan kaligrafi terdapat lukisan yang saya bingkai dan dibuat oleh teman saya dari bahan cat air. Gambar itu merupakan sebuah pemandangan dalam hutan yang biasanya tergambar dalam buku-buku dongengdan full colour. Di dinding yang tepat di atas kasur saya, adapula wallpaper dinding berupa sepeda ontel yang dihiasi dengan pohon sakura diatasnya, sehingga memberikan kesan nuansa di jepang pada saat musim semi,

Lalu terdapat pula sebuah bingkai yang isinya berupa washi dari bahan kain berbentuk sepasang orang jepang memakai baju kimono yang letaknya berdampingan dengan wallpaper dinding. Kamar yang saya tempati, sebisa mungkin saya sulap dengan hiasan-hiasan gambaran Negara lain sebagai acuan motivasi saya untuk dapat pergi kesana.itulah beberapa deskripsi tentang kamar saya yang terletak di sebuah rumah yang berlokasikan di BSD Tangerang Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini