Sabtu, 14 Maret 2015

Dauatus Saidah_pmi 4_Tugas 1_Pengertian Antropologi Budaya dan Ruang Lingkupnya

Nama   : Dauatus Saidah
Nim     : 1113054000016
Tugas   : 1
 
A.    Mengapa harus Mempelajari Antropologi Budaya di PMI
 
Sebelum beranjak ke sana, kita harus tahu dahulu apa sih antropologi budaya? Kata Antropologi sendiri merupakan kombinasi dari dua kata yang diambil dari bahasa Yunani yaitu anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti ilmu. Secara singkat Antropologi Budaya adalah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu.
Kenapa sih harus mempelajari Antropologi Budaya di PMI? PMI adalah suatu jurusan yang mengarahkan mahasiswa/i nya belajar mengenai masyarakat, karena sudah jelas dari nama jurusannya adalah "Pengembangan Masyarakat Islam", jadi sebagian besar mata kuliahnya mengajarkan ilmu sosial, yang nantinya akan bermanfaat dan sangat dibutuhkan ketika kita terjun ke masyarakat.
Ketika kita terjun ke masyarakat, kita akan melihat banyak sifat, karakter, bahkan budaya mereka yang berbeda-beda. Jika kita belajar Antropologi Budaya, ini sangat menolong kita, karena ketika kita terjun ke masyarakat nanti tidak akan merasa kaget atau kesusahan mengahadapi banyaknya Budaya di masyarakat.
 
B.     Pengertian dan Ruang Lingkup Kajian Antropologi Budaya
 
·         Pengertian Antropologi Budaya
Kata Antropologi sendiri merupakan kombinasi dari dua kata yang diambil dari bahasa Yunani yaitu anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti ilmu.
Dari definisi secara harfiah inilah kita bisa menyimpulkan bahwa antropologi adalah studi ilmu yang membahas tentang manusia dari segi keanekaragaman fisik, serta kebudayaannya baiik itu tradisi, cara berperilaku, dan nilai moral. Antropologi sendiri sangat erat kaitannya dengan sosiologi, karna sosiologi sendiri juga membahas tentang manusia sebagai mahluk sosial serta interaksinya dengan yang lain.
 
·         Ruang Lingkup Antropologi Budaya
Ruang lingkup pelajaran antropologi meliputi semua manusia dan gejala kebudayaan, termasuk proses yang mengakibatkan timbulnya fenomena dan berbagai bentuk persamaan dan perbedaan(keanekawarnaan). Berhubung lingkup pelajaran antropologi meliputi fenomena biologis(manusia) dan sosial.
Antropologi terbagi atas empat cabang ilmu yakni; Prehistori, Etnolinguistik, Etnologi, dan Etnopsikologi.
Ø  Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia mngenal tulisan.
Ø  Etnolinguistik adalah ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang ada di dunia/bumi.
Ø  Etnologi adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia.
Ø  Etnopsikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada bangsa dalam perubahan adat istiadat dan universal dengan berpegang pada konsep psikologi.
 
C.     A.    Fungsionalitas Antropologi Budaya dalam dalam Proses Pengembangan Masyarakat
Jadi, fungsi Antropologi Budaya dalam proses pengembangan masyarakat adalah bisa menghadapi berbagai macam budaya yang ada di masyarakat ketika kita terjun ke masyarakat/ meneliti sesuatu kepada masyarakat.
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini