Kamis, 17 September 2015

Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

Nama               : Anida Najiyah Siti Solehah

NIM                : 11150510000160

Jurusan            : Jurnalistik 1A

Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 

Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

Definisi Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial


Komunitas adalah sekelompok manusia yang hidup dan bekerja sama cukup lama, sehingga mereka dapat mengatur diri mereka dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial dengan batas-batas yang dirumuskan dengan jelas. Dapat disimpulkan secara singkat bahwa komunitas adalah suatu wilayah kehidupan sosial yang ditandai oleh suatu derajat hubungan sosial yang tertentu. Dasar-dasarnya adalah lokalitas dan perasaan dari diri mereka tersebut.

Organisasi adalah adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (Organizational Studies), perilaku organisasi (Organizational Behaviour), atau analisa organisasi (Organization Analysis)

Kelompok sosial atau social group adalah himpunan atau kesatuan manusai yang hidup bersama, karena adanya hubungan diantara mereka. Hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal balik yang saling memengaruhi dan juga suatu kesadaran untuk saling menolong.


Perbedaan dan Persamaan Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial


Perbedaan


Komunitas :

Sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya.


Organisasi:

Sekumpulan orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.


Kelompok Sosial:

Sekumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok  sosial biasanya diciptakan oleh anggota masyarakat yang memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi


Persamaan


Komunitas, organisasi maupun kelompok sosial sama-sama merupakan suatu kajian dan bagian yang tak dapat dipisahkan dari sosiologi. Objek kajian ini memiliki kesamaan yakni tergabung dalam suatu kelompok kajian Kelompok-Kelompok Sosial dalam masyarakat. Yang intinya adalah suatu hubungan timbal balik antar individu. Yang tidak mungkin dapat dikaji bila hanya menyangkut perorangan saja. Ada dua hasrat yang dimiliki manusia sejak dilahirkan yakni keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain disekelilingnya serta ingin menjadi satu dengan suasana alam disekelilingnya


Contoh Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial


Komunitas

-Masyarakat desa                    -Suku Bangsa


Organisasi

-OSIS              -Koperasi Unit Desa


Kelompok Sosial

-Kerumunan                -Publik                         -Paguyuban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini