Kamis, 17 September 2015

Sulistyowati jurnal 1A Komunitas,organisasi, dan Kelompok sosial

Kepada : Dr.Tantan Hermansah

"Komunitas ,Organisasi dan Kelompok Sosial"

 

A.Komunitas

      Komunitas berasal dari bahasa latin (communitas) berasal dari kata "communis" yang berarti "masyarakat,publik atau banyak orang". Komunitas adalah kelompok social dari beberapa organisme yang berbagai lingkungan,umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.Memiliki maksud,kepercayaan,sumber daya,preferensi,kebutuhan,resiko,dan sejumlah kondisi ain yang serupa dan saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya,saling berinteraksi dan mempengaruhi bagi yang lainnya.

"Komunitas adalah sebuah identifikasi dan interaksi social yang dibangun dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional." Soenarno (2002)

 

" Komunitas adalah sekolompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya,didalamnya terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas karena kesamaan interest atau values" Kertajaya Hermawan (2008)

 

contoh komunitas dalam sehari-hari adalah komunitas perumahan Griya Serpong Asri yang didalamnya ada banyak jumlah RT, dalam habitat yang sama dan saling berinteraksi satu sama lain, dan saling peduli satu dengan yang lainnya. Atau contoh lainnya adalah komunitas keluarga kita,yang terdiri dari beberapa orang,dalam satu habitat dan saling bermanfaat satu dengan yang lainnya.

 

 

B.Organisasi

       Organisasi berasal dari Bahasa Yunani (opyavov,organon – alat) yang berartikan Suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama,digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul,berkerjasama secara rasional dan sistematis,terencana,terpimpin dan terkendali,dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

1.Organisasi formal

            Kumpulan dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tuuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.Contohnya:Sekolah

2.Organisasi Informal

          Kumpulan dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifias serta tujuan bersama yang tidak disadari.Contohnya:Arisan ibu-ibu sekampung.

 

Contoh dari organisasi ialah organisasi karang taruna,organisasi arisan ibu-ibu.

" organisasi adalah suatu pla hubngan yang melalui mana orang-orangdibawah pengarahan

Atasan mengejar tujuan bersama" Stoner

"Organisasi adalah suatu system aktifitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih" Chester I. Bernard

               

"organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama"

James D. Mooney.




 C.Kelompok Sosial

            Kelompok social adalah kumpulan manusia yang memiiki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Atau dalam perkata berartikan (kelompok : sekumpulan manusia) sedangkan (social : masyarakat) jadi bisa juga diartikan dengan kumpulan manusia yang lebih dari dua orang untuk melakukan suatu interaksi dalam masyarakat.

"Kesatuan manusia yang hidup bersama,hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi"

Soerjono Soekanto.

 

"Kelompok social adalah kumpulan nyata,teratur,dan tetap dari sejumlah individu yang melakukan peran perannya yang saling berkaitan" Hendro Puspito.

 

"Sekumpulan individu yang melakukan kegiatan bersama,saling berinteraksi,dan terorganisasi"Georga Homas.

 

"Kumpulan orang yang memiliki kesadarn bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi"Horton.

 

Contohnya  kelompok pemuda masjid .

 

            Dari kesipulan diatas, persamaan antara Komunitas,Organisasi, dan Kelompok social adalah sama – sama terdiri atas 2 atau lebih dan saling berinteraksi satu sama lain.

Perbedaanya adalah:

  1. Komunitas adalah sekelompok manusia,hewan atau tumbuhan yang hidup dalam satu habitat yang sama,dan dapat berinteraksi.

  2. Organisasi adalah beberapa orang dua atau lebih yang berkumpul dalam suatu wadah atau tempat untuk berkerjasama,atau memecahkan permasalahan untuk tujuan bersama.

  3. Kelompok social adalah rasa kesadaran untuk berorganisasi dan keanggotaan dan juga saling berinteraksi

  4.  

     

     

    Demikian hasil tugas yang saya kerjakan mohon maaf bila terdapat kata atau penulisan yang salah,

     

     

    Sulistyoawati

    11150510000126

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini