Kamis, 17 September 2015

Tugas individu

Shaleha Nurudina_11150510000224_Jurnalistik 1_B

Definisi Komunitas,organisasi.dan kelompok sosial.beserta perbedaan dan persamaannya.

Komunitas adalah satuan sosial yang didasari oleh lokalitas, mempunyai ikatan solideritas yang kuat antar anggotanya sebagai akibat kesamaan tempat tinggal, memiliki perasaan membutuhkan satu sama lain, serta keyakinan tanah di mana tempat mereka tinggal memberikan kehidupan kepada mereka (Community Sentiment). Unsur-unsur sentimen komunitas terdiri dari: Unsur perasaan, unsur sepenanggungan dan unsur memerlukan.

 Contoh,   *Komunitas pecinta sepeda ontel.

                 *Komunitas blogger.

Organisasi adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.

Contoh,    * HMI (himpunan mahasiswa islam).

                 *Pramuka.

                 *Oppm(organisasi pelajar pondok modern).

Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan & saling berinteraksi atau himpunan kesatuan manusia yang hidup bersama ,karena adanya hubungan di antara mereka.

Contoh,    *Karang taruna Komplek halim perdana kusuma.

                 *Kelompok belajar.

Persamaan dari ketiganya :

Ketiganya sama sama membutuhkan interaksi satu sama lain,hubungan timbal balik,dan tidak bisa dilakukan perorangan.ketiganya sama sama mempunyai peran dalam mempererat kebersamaan dan kekompakan antar makhluk sosial.

Perbedaan dari ketiganya :

Kelompok : adalah merupakan sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda atau barang, hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu.

Organisasi : adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.

 

Komunitas :  adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini