Fenomena Media Komunikasi Terkini dan Etika Komunikasi: Facebook
Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi. Media komunikasi merupakan wadah atau sarana di dalam bidang komunikasi, dimana media komunikasi digunakan sebagai perantara untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Proses komunikasi yang selama ini dilakukan hanya melalui komunikasi tatap muka, komunikasi kelompok, komunikasi massa, kini berubah total dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi dewasa, khususnya dengan kemunculan internet. Perkembangan internet adalah fenomena dalam perubahan media komunikasi. Perkembangan internet tersebut membawa banyak perubahan-perubahan tidak saja dalam perangkat penyebaran pesan, tetapi juga perubahan di masyarakat.
Banyak fasilitas untuk media komunikasi yang bermuncul dengan adanya internet. Media komunikasi itulah yang disebut dengan media sosial. Media sosial adalah fasilitas berkomunikasi yang ada di dunia maya dalam memberikan dan mendapatkan informasi tanpa mengenal jarak dan waktu di belahan dunia manapun. Berbagai macam media komunikasi dewasa ini diantaranya facebook, twitter, blog, dan lain sebagainya. di dalam fasilitas telepon genggam sekarang ini juga ada yang namanya bbm, whatsapp, line dan lainnya.
Etika komunikasi sendiri adalah tata cara bagaimana seseorang berkomunikasi sesuai dengan aturan komunikasi yang baik dan benar tanpa menyakiti lawan komunikasi. Di dalam media komunikasi dewasa itu sendiri juga harus memiliki suatu etika komunikasi yang sesuai dengan ketentuan. Salah satu media komunikasi yang paling fenomena dewasa ini adalah facebook. Facebook awal mulanya hanya sebuah situs jejaringan komunitas suatu universitas. Kemudian facebook ini berkembang ke seluruh dunia yang memiliki berjuta-juta pengguna jejaringan facebook ini. pada hakekatnya facebook ini berfungsi untuk berkomunikasi dengan masyarat di berbagai wilayah dalam dunia virtual dan untuk berbagi dan mendapatkan informasi dari para pengguna facebook ini.
Sebagai pengguna facebook tentunya dalam mengaplikasi media komunikasi harus memiliki suatu etika komunikasi yang sesuai agar komunikasi di media internet ini bisa berjalan dengan baik. Banyak aturan atau etika yang harus dilakukan bagi seorang pengguna facebook, diantaranya: yang paling utama seorang user facebook tidak boleh menyebarkan atau membagikan suatu update/status atau informasi yang mengandung unsur SARA, karena di media komunikasi manapun dilarang. Facebook sendiri merupakan suatu yang sudah private bahkan ada sebagian pengguna menjadikan sebagai diari kegiatan yang dibagikan untuk para pengguna facebook lainnya, tentu ini tidak dilarang akan tetapi etika yang sesuai tidak semua rahasia atau privasi pengguna dibagikan kepada orang lain, tapi ada batasan privasi yang harus dirahasiakan seperti data pribadi, masalah keluarga, dsb. Karena hal tersebut bisa menimbulkan suatu tindak kejahatan bagi seorang pengguna lain dan bisa jadi membahayakan si pengguna facebook. Dan seorang pengguna facebook dilarang menggunakan media ini untuk menghujat, merendahkan, menjelekan, menfitnah suatu kelompok atau individu tertentu. Dan dilarang menyebarkan konten pornografi. Dan tentunya berkata dengan baik walaupun hanya dalam sebuah tulisan.
Namun pada kenyataannya etika komunikasi pada media komunikasi facebook tidak sesuai yang diharapkan. Banyak pengguna yang menjadikan facebook sebagai pelampiasan kemarahan, perkataan kasar atau kotor, penyebaran informasi yang mengandung unsur SARA maupun pornografi, privasi tanpa batas sehingga memunculkan kasus penculikan bahkan pembunuhan. Padahal media komunikasi facebook ini mencerminkan bagaimana kepribadian pengguna dalam berkomunikasi dengan pengguna lain, sama halnya seseorang berkomunikasi dengan lawan bicaranya dan lawan bicara tersebut bisa meneriman pesan kita dengan baik.