Senin, 24 November 2014

tugas 8_etika filsafat_Dani Perdana_1112051000025_KPI 5D

Dani Perdana
1112051000025
KPI 5D

                               FENOMENA MEDIA KOMUNIKASI TERKINI DAN ETIKA KOMUNIKASI

Berkembangnya teknologi komunikasi di zaman modern ini, membuat komunikasi di media internet sangat digandrungi oleh manusia dalam mencari informasi. Salah satu media komunikasi internet yaitu Blog menjadi sumber informasi yang isinya kaya akan informasi. Blogin merupakan cara yang paling cepat dan mudah untuk seseorang yang bukan programmer untuk mendapati pesan online. Kebanyakan sistem dari blog adalah gratis untuk penggunaan hal bebas atau bukan tuntutan profesional. Blog menjadi fenomena komunikasi terkini pada saat ini. Blog ada yang dimiliki dengan tujuan pribadi, seperti Jurnal-kebanyakan situs mendukung blog pribadi yang dapat digunakan sebagai sebuah wadah jurnal atau blog publik untuk berbagi, Minat khusus- menulis subjek atau hobi kesayangan. Seperti berbagi tips memasak, fotografi, bermain game, atau hobi lainnya, dan ada juga blog keluarga- kebanyakan layanan blog mengizinkan untuk membuat beberapa pengguna dengan password, sehingga dapat membuat sebuah blog keluarga. Blog juga ada yang digunakan sebagai blog proffesional. Seperti, digunakan untuk promosi produk; banyak individu-individu perusahaan menggunakan blog untuk marketing secara gratis. Postingan dapat dibuat sebagai ulasan sebuah produk, artikel, berita, atau apa saja; blog untuk pendidikan pelanggan, blog ini digunakan untuk memberitahukan pelanggan tentang tips, berita produk, berita perusahaan dan untuk mendidik pelanggan atau pemegang saham tentang produk, layanan atau kejadian perusahaan.
Namun para pengguna blog (blogger), diharapkan mampu mengantarkan blog sebagai media komunikasi baru atau media alternatif yang berguna bagi masyarakat yang saat ini tidak dapat dipisahkan dengan informasi dan komunikasi. Blog juga diharapkan mampu menjadi media literasi agar minat menulis dan membaca di masyarakat semakin bertambah. beberapa individu, blog juga digunakan untuk kepentingan pribadi sebagai kesenangan seperti menulis hobi, tips, bahkan ada juga blog yang berisikan tentang curahan isi hati. Disisi lain, blog hanya dianggap sebagai alat untuk meraih keuntungan sebesar mungkin, bahkan media terkadang mengorbankan profesionalismenya demi menampilkan sesuatu yang lebih sensasional atau spektakuler agar dapat meningkatkan nilai jualnya. Hal ini menunjukkan betapa kejamnya dunia bisnis terhadap kelangsungan hidup komunikasi melalui media yang sesungguhnya. Bahkan banyak media blog yang datang dari dunia perusahaan bukan dari dunia jurnalisme, dan harus diakui bahwa mereka tidak peka terhadap tuntutan informasi yang sesungguhnya. Pudarnya etika dalam tubuh media menyebabkan fenomena yang tampak seperti logika simulasi, dimana orang tidak akan dapat mencapai kebenaran karena antara realitas, representasi, hiperrealitas, atau tipuan tidak dapat dibedakan lagi (Haryatmoko, 2007: 22). Hal ini pun memacu timbulnya mimitisme, yaitu gairah yang mendorong media blog untuk meliput kejadian karena media lain, yang menjadi acuannya, meliput berita tersebut. Anehnya, dalam situasi ini, berita yang diliput belum tentu penting. Ketergesaan untuk meliput kejadian yang sama ini muncul hanya karena adanya persaingan antarmedia untuk menjadi orang pertama yang memberitakannya.
Dalam kajian etika komunikasi, komunikasi diperlihatkan sebagai ilmu yang berhubungan dengan berbagai macam ilmu pengetahuan yang lain. Etika komunikasi mencoba mengolaborasi standar etis yang digunakan oleh komunikator dam komunikasikan. Dalam etika komunikasi media blog ini bisa dikaitkan dengan presektif sifat manusia. Sifat manusia yang paling mendasar adalah kemampuan berpikir dan kemampuan menggunakan simbol. Ini berarti bahwa tindakan manusia yang benar-benar manusiawi adalah berasal dari rasionalitas sadar atas apa yang dikakukan dan dengan bebas untuk memilih melakukannya. Dalam blog ini juga berkaitan dengan presepektif  utilitarian. Standar utilitarian untuk mengevaluasi cara dan tujuan komunikasi dapat dilihat dari kegunaan, kesenangan, dan kegembiraan. Telah di bahas bahwa oleh beberapa individu blog digunakan untuk kepentingan pribadi sebagai kesenangan seperti menulis hobi, tips, bahkan ada blog yang berisikan tentang curahan isi hati yang seharusnya tidak dipublikasikan.
Dapat kita sadari atau tidak, media sosial memang sudah mengubah gaya hidup. Di era ini sebagain besar remaja dan orang dewasa dapat dikatakan tidak bisa hidup tanpa teknologi seperti internet. akan tetapi jejaring sosial memang meningkatkan rasa ingin tahu yang besar di masyarakat, membuat masyarakat ingin selalu update akan informasi terkini, serta membuat masyarakat lebih membuka diri dan keseharian mereka lewat situs sosial yang dapat dikunjungi oleh semua orang.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini