Senin, 24 November 2014

TUGAS_FENOMENA MEDIA KOMUNIKASI DAN ETIKA KOOMUNIKASI_SYIFA FAUZIAH_KPI5C

Nama : Syifa Fauziah
Kelas : KPI 5C
NIM : 1112051000081

FENOMENA MEDIA KOMUNIKASI DAN ETIKA KOMUNIKASI


Media komunikasi

Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebardkan dan menyampaikan informasi. Media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman keemasan ini sangat canggih. Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, mudah, murah, efektif dan efisien. Berbagi informasi antar Benua dan Negara di belahan dunia manapun semakin mudah.

Fenomena Media Komunikasi

Fenomena media komunikasi sangatlah bermanfaat bagi kehidupan kita saat ini karena membantu kita dalam memperoleh informasi, secara cepat dan akurat, informasi tersebut dapat kita dapatkan tidak hanya melalui surat kabar atau koran, tetapi melalui perangkat telepon seluler atau gadget sehari-hari. Dengan aemakin banyak varian produk telepon seluler yang tidak hanya mengedepankan fitur dasar yaitu telepon dan sms. Karena fitur internet sebagai hal yang sangat esensial saat ini sudah termasuk kedalam produk tersebut dan hal ini sudah menjadi lifestyle tersendiri bagi para penggunanya. Kehidupan terus berputar, proses perkembangan teknologi pun berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. Pada kurun waktu tertentu mungkin kita masih menggunakan surat sebagai sarana komunikasi dan telepon rumah sebagai suatu sarana yang cukup esensial. Memang pada saat itu, sudah tersedia internet, tetapi mayoritas masyarakat pada saat itu belum begitu aktif menggunakannya. Ada juga media sosial sepert facebook,twitter,path,dan contoh lain sebagainya

Media Sosial

Media soaial adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya ataubinternet. Para pengguna media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi, dan membangun jaeingan sosial. Dua situs jejaring sosial yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat saat ini adalah Facebook dan Twitter. Facebook adalah situs jejaring sosial yang sedang populer saat ini. Didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama temannya sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin.  Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh facebook dan jarang dimiliki oleh situs jejaring sosial lain adalah beragamnya aplikasi yang dapat memanjakan pengguna, baik yang dikembangkan oleh pihak internal maupun eksternal facebook. Twitter merupakan jenis situs jejaring sosial pertemanan yang memungkinkan para penggunanya dapat mendapatkan relasi dengan mendaftarkan dirinya pada situs tersebut. Twitter didirikan oleh Jack Dorsey pada bulan Maret 2006 dan secara resmi diluncurkan pada bulan Juli 2006. Twitter adalah jejaring sosial sejenis micro blogging atau blog ukuran kecil dari sisi jumlah kata yang bisa diupload hanya 140 karakter.

Etika Komunikasi

Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat suatu sistem yang mengatur tentang tata cara manusia bergaul. Tata cara pergaulan untuk saling menghormati biasa kita kenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler, dan lain-lain. Tata cara pergaulan bertujuan untuk menjaga kepentingan komunikator dengan komunikan agar merasa senang, tentram, terlindungi tanpa ada pihak yang dirugikan kepentingannya dan perbuatan yang dilakukan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku serta tidak bertentangan dengan hak asasi manusia secara umum. Tata cara pergaulan, aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam bermasyarakat dan menentukan nilai baik dan nilai tidak baik, dinamakan etika. Istilah etika berasal dari kata ethikus (latin) dan dalam bahasa Yunani disebut ethicos yang berarti kebiasaan norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran baik dan buruk tingkah laku manusia. Jadi, etika komunikasi adalah norma, nilai, atau ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan komunikasi di suatu masyarakat.
Seperti  yang kita ketahui bahwa etika dalam berkomunikasi merupakan ajaran kesusilaan yang melekat  pada diri seseorang untuk berbuat, berucap  dan berkelakuan.  Dengan adanya etika yang dimiliki oleh seseorang  agar bisa mengetahui dan bagaimana bergaul , berbicara, berpenampilan,dan bersikap yang lebih serta memiliki rasa hormat yang kuat pada semua orang. Pemahaman yang berbeda mengenai nilai-nilai etika yang ada membuat setiap orang dapat memiliki penilaian yang berbeda terhadap setiap etika komunikasi. Dalam komunikasi penggunaan etika haruslah berhati-hati karena bukanlah tidak mungkin bahwa pemahaman etika kita berbeda dengan komunikan. Kurangnya pemahaman antar sesama dapat memunculkan miss communication yang akan berujung pada timbulnya berbagai macam prasangka dan salah paham. Dalam berbagai macam perbedaan tersebut, kita harus mampu beradaptasi dengan cepat. Nilai-nilai yang membentuk etika harus kita pahami dengan benar karena sebenarnya tidak ada komunikasi yang tidak menggunakan nilai-nilai etika di dalamnya, setiap bentuk komunikasi selalu menggunakan etika walaupun dalam kadarnya masing-masing sesuai dengan konteks, tujuan dan situasi yang ada. Sebaiknya mulai dari sekarang kita belajar tentang beretika dan berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku dan mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam etika berkomunikasi dengan interpersonal maupun kelompok wajib menggunakan bahasa yang mudah dimengerti (bahasa pemersatu). Karena dengan adanya etika dapat hidup rukun dan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini