Minggu, 15 Maret 2015

Ajeng dwi rahma putri_PMI 4_Tugas 1_Pengertian Antropologi Budaya dan ruanglingkupnya

Nama: Ajeng dwi rahma putri

Nim: 1113054000019

Tugas: 1

 

A.    Mengapa kita harus belajar Antropologi Budaya.

Antropologi budaya merupakan cabang ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia,sikap, cara berfikir, pandangan hidup, serta penilaian baik buruk seseorang. Dengan kita belajar antropologi budaya kita dapat mengetahui budaya masyarakat yang berbeda-beda selain itu kita dapat memahami perbedaan budaya terebut.

Mengapa kita harus belajar antropologi budaya di jurusan pengembangan masyarakat islam? Karena, jurusan pengembangan masyarakat islam lebih merujuk pada masyarakat maka dengan kita belajar antropologi budaya kita akan memahami budaya-budaya di masyarakat sebelum kita terjun ke masyarakat nantinya. Antropologi budaya adalah ilmu yang mempelajari budaya-budaya manusia. Karena setiap manusia memiliki budaya yang berbeda dengan manusia lainnya. Itulah sebabnya mengapa kita jurusan pengembangan masyarakat islam harus mempelajari ilmu antropologi budaya agar kita mengetahui dan memahami setiap perbedaan budaya manusia di masyarakat nantinya.

B.     Pengertian dan ruang lingkup antropologi budaya.

Antropologi berasal dari Bahasa Yunani "anthropos" yang artinya manusia dan "logy" atau "logos" yang berarti ilmu yang mempelajari tentang manusia. Sedangkan pengertian secara harfiah adalah ilmu yang mempelajari tentng manusia yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat bagi manusia itu sendiri, dan memberikan pengertian tentang budaya, tradisi, bahasa, adat istiadat dll.

"Antropologi" berarti "kajian manusia" akan tetapi, yang jelas para pakar antropologi bukan satu-satunya pakar yang berurusan dengan manusia, karena ada juga berbagai spesialis tentang Beethoven, Euripides, Oedipus kompleks dan Perang Boer. Juga bukan berarti bahwa para ahli antropologi hanya mengkaji manusia, sebagian menghabiskan waktunya menerobos rimba Afrika untuk mengkaji primat berbulu.

            Anthropology berarti "ilmu tentang manusia" dan dalam istila yang sangat tua. Dahulu istilah itu di gunakan dalam arti yang lain yaitu "ilmu tentang ciri-ciri tubuh manusia". Dalam perkembangan fase ketiga sejarah perkembangan antropologi, istilah itu mulaui dipakai terutama di Inggris dan Amerika dalam arti yang sama dengan ethnology pada awalnya. Di inggris kemudian di inggris istilah Anthropology malahan yang mendesak istilah ethology dan di Amerika istilah Anthropology di pakai dalam arti yang amat luas, karena meliputi baik bagian-bagian fisik maupun sosial dari "ilmu tentang manusia". Di Eropa Barat dan Tengah istilah Anthropology dipakai dalam arti khusus, yaitu ilmu tentang ras-ras manusia dipandang dari ciri-ciri fisiknya.

            Istilah antropologi budaya terdiri dari dua patah kata yaitu : antropolgi dan budaya atau kebudayaan. Istilah Antropologi berasal dari kata anthropos yang berarti manusia ; dan logos yang berarti ilmu atau teori. Jadi Istilah antropologi berarti ilmu tentang manusia. Ilmu, Antropologi atau ilmu tentang manusia ini dapat dibagi – bagi lagi menjadi dua anak cabang yaitu antropologi ragawi (fisik) dan antropologi budaya. Antropologi ragawi mempelajari raga atau segi – segi jasmani manusia. Sedangkan Antropologi budaya mempelajari segi – segi kebudayaan manusia. Antropologi budaya sendiri dibagi lagi menjadi tiga anak cabang ilmu, yaitu etnolinguistik, prehistori dan etnologi. Menurut antropologi budaya yang dimaksud dengan kebudayaan adalah kebudayaan itu tidak hanya berupa benda – benda hasil kesenian dan bermacam – macam bentuk kesenian saja. Tetapi juga sikap, tingkah laku manusia, cara berfikir, pandangan hidup, peneliaian tentang baik buruk, semua itu termasuk pengertian kebudayaan. Secara singkat dan sederhana antropologi budaya memberi arti istilah – kebudayaan sebagai cara orang bersikap dan bertingkah laku yang di pelajari yang sudah menjadi adat kebiasaan masyarakat beserta hasil – hasilnya.

Ruang lingkup Antropologi

Berbagai cara manusia untuk meraih hidup dan perkembangannya dari masa kemasa. Sehingga perkembangan struktur fisik dan pengaruhnya terhadap kehidupan mereka.

Studi tentang manusia berkaitan dengan:

Berbagai macam cara hidup manusia dan perkembangan dari masa kemasa

Bertugas menyelidiki semua aspek manusia untuk memahami manusia secara utuh.

Perkembangan fisik dan pengaruhnya terhadap kehidupan mereka.

Social Science meliputi Bentuk-bentuk persekutuan hidup manusia dalam kelompok. Bagian-bagian individu hidup dalam kelompok yang berbeda-beda. Segala sesuatu yang berkaitan dengan perbedaan hidup dalam berbagai kelompok itu muncul, tumbuh, bertahan dan berubah. Study Biology Berhubungan deengan evolusi manusia dan berbagai perbedaan ragam dan bentu fisik manusia di berbagai tempat dimuka bumi. Hubungan Antropologi dengan ilmu-ilmu lain.

C.    Fungsionalitas antropologi budaya dalam pengembangan masyarakat.

 Fungsi mempelajari antropologi budaya dalam pengembangan masyarakat yakni kita dapat mengetahui sikap, cara berfikir, serta cara pandang seseorang. Dengan itu kita dapat memahami perbedaan-perbedaan budaya yang terdapat dalam masyarakat Sehingga ketika nanti  terjun ke masyarakat kita sudah mengerti dan memahami dengan adanya perbedaan-perbedaan budaya yang ada pada masyarakat. Ilmu ini berstatus penting bagi seorang developer jadi wajib untuk memahami dan mengetahui ilmu antropologi budaya ini.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini