Minggu, 15 Maret 2015

sarah fauziah audina_PMI'4_tugas 1_pengertian antropologi budaya

NAMA: SARAH FAUZIAH AUDINA
NIM: 1113054000010
PMI'4
Antopologi Budaya
A.    Pengertian dan kegunaan mempelajari antropologi
Secara etimologi, antropolgi berasal dari dua kata, yaitu Antrop dan Logos. Antrop berarti manusia, sedangkan Logos berarti kajian, diskusi, atau ilmu. Ilmu pengetahuan antropologi mengkaji manusia dalam bermasyarakat, berperilaku, dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri. Objek dari antropologi adalah manusia di dalam suatu masyarakat suku bangsa, kebudayaan, dan perilakunya. Sedangkan pengertian antropologi menurut para ahli :
Menurut Haviland (1985) antropologi ialah studi tentang manusia dan perilakunya dan melaluinya diperoleh pengertian lengkap tentang keragaman manusia.

Menurut Koentjaraningrat (1990) antropologi memperhatikan lima masalah mengenai manusia yaitu:
1)      Masalah perkembangan manusia sebagai makhluk biologis
2)      Masalah sejarah terjadinya aneka warna manusia dipandang dari sudut cirri-ciri tubuhnya
3)      Masalah sejarah asal, perkembangan serta penyebaran berbagai macam bahasa di seluruh dunia
4)      Masalah persebaran dan terjadinya aneka kebudayaan manusia di seluruh dunia
5)      Masalah dasar-dasar dan aneka warna kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat-masyarakat dan suku-suku bangsa yang tersebar di seluruh bumi pada zaman sekarang ini.[1]
Tujuan Mempelajari Antropologi
Sebagai ilmu yang membahas tentang manusia, antropologi mempunyai 3 tujuan utama, yaitu;
1.      Mendeskripsikan selengkap mungkin tata cara kehidupan kelompok manusia dari berbagai sudut belahan bumi pada setiap periode dan karakter fisik manusia yang hidup pada kelompok itu.
2.      Memahami manusia sebagai kelompok tertentu secara keseluruhan.
3.      Untuk menemukan prinsip-prinsip umum tentang gaya hidup manusia serta bagaimana gaya hidup itu terbentuk.[2]
Dari beberapa tujuan mempelajari Antropologi diatas menurut saya mengapa kita harus mempelajari antropologi ialah kita bisa memahami berbagai macam kelompok, suku dan berbagai macam budaya yang ada di Indonesia, dan dengan belajar antropologi kita juga bisa memahami bagaimana kita bermasyarakat.
B.     Pengertian dan ruang lingkup antropologi budaya
Antropologi budaya adalah antropologi yang mempelajari asal usul kebudayaan manusia, penyebaran, dan sejarahnya. Antropologi budaya secara umum mempelajari karateristik tingkah laku manusia sebagai hasil kebudayaannya, baik dahulu, sekarang dan yang akan datang. Antropologi budaya mempelajari kebudayaan pada umumnya dan kebudayaan berbagai bangsa didunia.[3] 
Ruang lingkup Antropologi budaya lebih memfokuskan perhatiannya pada kebudayaan manusia ataupun cara hidupnya dalam masyarakat. Antopologi budaya juga merupakan studi praktik-praktik sosial, bentuk ekspresif, dan penggunaan bahasa, dimana makna diciptakan dan diuji sebelum digunakan oleh masyarakat. Menurut Haviland (1992:12) cabang antropologi dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
1)      Antropologi Prehistori
2)      Antropologi Etnolinguistik
3)      Antropologi Etnologi.[4]

Berdasarkan pengertian dan tujuan antropologi budaya diatas. Antropologi budaya sangat berfungsi dalam proses pengembangan masyarakat. Antropologi budaya mempelajari asal usul kebudayaan baik yang ada saat ini, maupun yang akan datang sebelum di gunakan. Antropologi budaya erat hubungannya dengan pengembangan masyarakat. Dengan antropologi budaya seorang pengembang masyarakat akan tahu asal usul baik kebudayaan, adat isti adat, suku bangsa serta sejarah manusia dan budaya itu sendiri. Seorang pengembang masyarakat akan menelitih terlebih dahulu pada masyarakat maupun dan budaya yang ada di daerah tersebut barulah melakukan proses pengembangan masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini