Senin, 10 November 2014

REVISI TUGAS-6 (APLIKASI FILSAFAT DALAM KOMUNIKASI)



Nama  : Wiji Lestari (1112051000093)
Kelas : KPI 5C

APLIKASI FILSAFAT DALAM  KOMUNIKASI ( ADVERTASING / PERIKLANAN)
 
Aplikasi Filsafat dalam Komunikasi
Ilmu komunikasi adalah ilmu yang amat luas. Maka dari itu, komunikasi memiliki cakupan yang amat penting apabila kita mulai meniliknya terutama dari segi filsafat ilmu, dan bukan hanya sebagai komunikasi dari pengertian harfiahnya saja. Filsafat ilmu ialah bagian filsafat yang mempertanyakan mengenai pengetahuan dan bagaimana kita mengetahui pengetahuan tersebut. Melalui tilikan filsafat ilmu, kita dapat memulai upaya penstrukturan ranah komunikasi yang beragam.
Komunikasi merupakan bagian dari kajian filosofis, sehingga di dalam praktek komunikasinya di terapkan pemikiran filosofis. Filsafat ilmu komunikasi mengkaji ilmu komunikasi dari segi ciri-ciri, cara perolehan, dan pemanfaatannya, komunikasi juga dapat menjadi kajian ilmu yang bermetode, bersistem, dan berlaku universal karena memiliki objek kajian formal (tingkah laku) dan material (manusia)
Dalam berkomunikasi dipertanyakan aspek ontologis, epistemologis dan aksiologis atas konteks pesan yang disampaikan. Hal ini diperlukan agar tercipta sebuah alur komunikasi yang kritis dan membangun. Berpikir filosofis adalah berpikir kritis dalam menangkap suatu fenomena dan pesan.
Berdasarkan teori komunikasi Lasswell yaitu media komunikasi, alat komunikasi atau produk komunikasi sangat dibutuhkan pada saat komunikasi. Produk komunikasi dibuat untuk mengemas simbol-simbol atau makna yang ingin disampaikan. Pesan tidak disampaikan langsung tetapi dituangkan terlebih dahulu dalam media komunikasi, seperti Televisi, radio, buku, film, spanduk, dan sebagainya.
 
 
Produk Komunikasi
Media massa telah menjadi fenomena tersendiri dalam proses komunikasi massa, bahkan ketergantungan manusia pada media massa sudah sedemikian besar, dengan adanya media massa di manfaatkan oleh advertising agency dalam memasarkan produknya.
            Advertising atau periklanan adalah suatu bentuk komunikasi ke konsumen dan biasanya mengandung makna persuasive (ajakan). Pada dasarnya iklan telah ada sejak jaman purba. Hal ini bisa dilihat dari lukisan-lukisan di dinding-dinding kota kuno atau bentuk-bentuk barang yang mengandung unsur ajakan terhadap suatu benda, anggur atau makanan misalnya.
            Advertising diawali dengan munculnya teknologi cetak pada tahun 1455, maka muncul lah media iklan baru saat itu, yaitu dengan menggunakan kertas, yang dapat diproduksi massal, misalnya dalam bentuk handbill (selebaran iklan). Surat kabar yang diterbitkan oleh Johann Carolus (1575 – 1634) diakui sebagai penerbit surat kabar yang pertama. Surat kabarnya yang disebut Relation aller Fürnemmen und gedenckwürdigen Historien di akui oleh asosiasi surat kabar dunia sebagai surat kabar yang pertama.
Selanjutnya iklan di masa colonial muncul di Pennsylvania Gazette milik Benjamin Franklin. Franklin adalah orang pertama yang mengaplikasikan kemampuan menulis berita iklan (copywriter) dan juga orang pertama yang menggunakan ilustrasi atau gambar di samping tulisan-tulisan tersebut. Penggunaan iklan sebagai media komersil pertama muncul di New York Sun, juga milik Benjamin Franklin. Dengan perkembangan zaman iklan bermunculan di Radio  dan Televisi hingga saat ini.
Jika kita membicarakan mengenai manfaat iklan,manfaat iklan itu sendiri sangat besar dimana dengan iklan konsumen akan mengetahui produk yang produsen tawarkan, membantu meningkan penjualan dll. Manfaat iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan kepada konsumen dan khalayak ramai oleh produsen. Nilai ekonomis suatu iklan sangat tergantung pada daya jangkau media yang digunakan. Iklan membantu produsen menimbulkan kepercayaan bagi konsumennya. Iklan dijadikan sumber pemasukan kas dalam media elektronik maupun cetak, tanpa iklan media tidak akan berkembang.
Iklan-iklan yang secara gagah tampil dihadapan masyarakat dengan ukuran besar dan logo yang menarik menimbulkan kepercayaan yang tinggi bahwa perusahaan yang membuatnya bonafid dan produknya bermutu, itulah strategi produsen dan advertising agency untuk menarik perhatian konsumen.
 
Referensi                                                                                  
Bambang Q-anees dan Elvinaro Ardianto. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
 
http://hotmarkohot.wordpress.com/2011/01/21/asal-usul-periklanan-advertising-di-dunia/ diakses pada 10-November-2014.

Revisi Tugas 6 JAUZA HIBATULLAH MAJID 1112051000066

Nama     : Jauza Hibatulloh Majiid
Kelas     : KPI 5C
NIM      : 1112051000066
 
(Revisi tugas ke 6) 
Aplikasi filsafat komunikasi (KASKUS)
Kasak kusuk atau yang biasa kita kenal dengan Kaskus ialah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 di Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Diawali dengan sekedar hobby dan untuk tugas kuliah dahulu kaskus yang hanya memiliki beberapa member saja sekarang Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar dan setiap harinya akan terus bertambah. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya.[7]Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting. Menurut Alexa.com, pada bulan Juli 2014 Kaskus berada di peringkat 285 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Kaskus secara Ontologi
            KASKUS didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. MulanyaAndrew Darwis, Ronald, dan Budi membuat KASKUS untuk memenuhi tugas kuliah mereka. KASKUS sendiri bertujuan untuk mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan.
Di tahun 2006 KASKUS terpaksa berubah domain dari .com menjadi .us karena penyebaran virus Brontok yang menyerang situs-situs besar Indonesia termasuk KASKUS. Sejak saat itulah alamat situs KASKUS berubah menjadi kaskus.us, yang juga sekaligus mengartikan bahwa KASKUS adalah us atau kita.
Pada tahun 2008, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata memutuskan untuk mengelola KASKUS secara profesional. Situs KASKUS, personel & infrastuktur yang terkait akhirnya diboyong ke Indonesia pada tahun ini. Di Indonesia, kantor KASKUS pertama berlokasi di daerah Mangga Besar. Di tahun 2009, untuk mengimbangi kebutuhan akan hal ini, maka kantor KASKUS pindah ke daerah Melawai. Disini tenaga profesional KASKUS bertambah hingga lebih dari 60 orang. Sejak tahun 2009, KASKUS menjadi pemain penting di ranah online Indonesia. KASKUS menerima banyak penghargaan diantaranya "The Best Innovation in Marketing" dan "The Best Market Driving Company" oleh Marketing Magazine, dan "The Greatest Brand of the Decade" (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. KASKUS dengan bangga berada di peringkat 1 untuk kategori situs komunitas, dan merupakan situs lokal nomor 1 di Indonesia, menurut Alexa.
Tahun 2011 KASKUS memulai kemitraannya dengan Global Digital Prima, sebuah perusahaan Indonesia yang berfokus untuk mengembangkan industri digital dan konten lokal Indonesia. Kemitraan ini mendorong pertumbuhan KASKUS yang lebih besar lagi, baik dari sisi infrastuktur, tenaga profesional &jaringan bisnisnya dalam usaha menjadi situs lokal nomor 1 di Indonesia serta pemain global online di dunia. Mengimbangi ekspansi, KASKUS pun memindahkan kantor utamanya ke Menara Palma dan menamakannya KASKUS Playground. Tanggal 26 Mei 2012 menjadi saksi perjalanan KASKUS dimana KASKUS kembali menggunakan alamat situs resmi kaskus.com dan kaskus.co.id, ini dilakukan untuk kembali memperkuat citra KASKUS sebagai situs yang bervisi global namun tetap memiliki identitas Indonesia.
Agar senantiasa relevan dengan tren dunia digital, pada Mei 2014 KASKUS kembali meluncurkan versi baru yang dinamakan KASKUS Evolution. Pada versi ini KASKUS tampil lebih fresh, classy dan clean. Membuat navigasi yang lebih intuitif, fitur search yang lebih berkualitas di Forum serta Forum Jual Beli (FJB). Ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan member KASKUS yang telah mencapai lebih dari 6,5 juta member.
Kaskus Secara Epistimologi
                  Epistimologi merupakan cabang filsafat yang membicarakan cara memperoleh pengetahuan itu.Dalam peranannya terhadap ilmu komunikasi, epistimologi melihat cara terjadinya proses komunikasi tersebut. Jika kita kaitkan dengan Kaskus di dalam forum kaskus kita bisa melihat proses komunikasi yang terjadi karena ini murapakan situs dimana semua orang yang mungkin memiliki hobby yang sama atau pekerjaan yang sama dapat berkumpul membicarakan berita yang tersedia di kaskus, di kaskus tidak hanya menyediakan forum jual beli tetapi juga memiliki banyak sekali forum contohnya saja ada forum untuk game, pencinta hewan, gadget, IT, dan masih banyak lagi. Kaskus murpakan suatu wadah dimana kita bisa menemukan orang baru atau bisa share pengalaman kita bersama orang lain
Kaskus Secara Aksiologi
Aksiologi merupakan cabang ilmu filsafat yang membicarakan bagaimana manusia menggunakan ilmu nya (manfaatya). sejak pertama kemunculannya, Kaskus menyediakan informasi-informasi terkini yang ada di Indonesia untuk mahasiswa yang sedang belajar di Seattle. Setalah itu semakin hari membernya pun makin bertambah dan akhirnya di buat lah berbagai macam forum untuk saling berdiskusi dan sharing pengetahuan. Adapun manfaat yang bisa kita dapat dari Kaskus
1.      Banyak forum
Dengan adanya berbagai macam forum dari A sampai Z, memberikan kebebasan pengguna memilih forum apa yang sesuai dengan keinginannya. Dengan begitu informasi yang di kumpulkan pun jadi tidak acak-acakan. Apabila kita ingin menegetahui inforamasi gadget terkini kita bisa masuk ke forum gadget, dan apabila kita ingin update informasi tetang dunia politik kita pun bisa langusng masuk ke forum politik. Dan kita pun bisa mengomentari dan saling sharing pengetahuan dari berita-berita yang di sajikan di kaskus. Selain mendapatkan ilmu kita pun bisa sekaligus menambah pertemanan.
 
2.      FJB
Forum Jual Beli (FJB) ini lah salah satu yang menjadi daya pikat kaskus dengan adanya forum ini kita bisa sekaligus jualan dengan mudah tanpa berbayar. Sudah banyak para seller yang laku keras daganganya yang di jual online di kaskus. Tetapi tidak jarang juga adanya kaskus penipuan. Maka dari itu kita wajib mewaspadai sebelu belanja online
 
3.      Member yang banyak
Dengan banyaknya member di kaskus menjadikan kaskus semakin produktif. Situsnya pun berada di tingkat ke 7 dunia, artinya kaskus sudah cukup terkenal di kancah internasional. Maka dari itu jaringanya tidak hanya di indonesai tetapi tersebar di seluruh pelosok dunia.
 
 


Revisi Tugas 6 JAUZA HIBATULLAH MAJID 1112051000066


revisi tugas 6 etika filsafat_Dani Perdana_KPI 5D_111205100025

Dani Perdana Sya'bani
111205100025
KPI 5D

                                    APLIKASI FILSAFAT DALAM KOMUNIKASI

Dalam berkomunikasi, pasti memerlukan sebuah informasi atau pesan yang disampaikan oleh pihak komunikator. Mempelajari ilmu komunikasi secara menyeluruh, dan mendalam berarti mempelajari filsafat komunikasi. Karena sifatnya yang luas itu, maka kajian filsafat komunikasi sebagai langkah penelusuran akar ilmu komunikasi membutuhkan referensi dalam berbagai varian dan jenisnya menurut ruang lingkup akar komunikasi itu sendiri.
Selanjutnya dalam ilmu filsafat ada tiga aspek yakni aspek ontologis, epistimologis dan aksiologis. Hal ini diperlukan agar tercipta sebuah alur komunikasi yang baik dan sistematis. Jika melihat pada konteks informasi pesan yang disampaikan, maka produk komunikasi sangat dibutuhkan pada saat berkomunikasi. Produk komunikasi dibuat agar komunikan dapat menagkap simbol-simbol atau makna yang ingin disampaikan oleh komunikator. Pesan disampaikan biasa melalui berbagai macam produk komunikasi seperti: media sosial yakni Skype.

a.      Skype secara ontologi
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.
Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar, hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

b.      Skype secara epistemologi
Pada saat menggunakan Skype maka pengguna yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya Lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam feature yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon selular.
Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype, pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi.

c.       Skype secara Aksiologi
Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pemilik akun hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet. Serta kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis.

Cari Blog Ini