Senin, 10 November 2014

Revisi tugas ke_6_Noni wildasari_KPI5D

Nama : Noni wildasari

KPI 5D

APLIKASI FILSAFAT DALAM KOMUNIKASI

Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 : 13).

Media merupakan alat yang digunakanoleh satu pihak untuk menyebarluaskan informasi (Komunikasi Massa) yang nantinya akan di nikmati oleh masyarakat. Pengertian media menurut Eoin Devereux, yaitu media dapat berupa institusi, media sebagai wadah berkomunikasi antara pengirim dan penerima, media sebagai agen sosialisasi dan menjadi sumber yang kuat. Media memiliki beberapa fungsi yakni informasi, hiburan, persuasi, dan edukasi.

Media memiliki berbagai jenis, diantaranya: media cetak, media online, dan media elektronik.

Media yang saya angkat pada contoh aplikasi filsafat pada komunikasi adalah media online atau social media Instagram.

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Pada aplikasi instagram ini pengguna dapat berkomunikasi lewat coment coment yang diberika pada foto yang di upload.

Aplikasi filsafat dalam komunikasi

-          Ontology , merupakan cabang filsafat yang membicarakan hakikat (segala sesuatu) berupa pengetahuan tentang tentang hakikat segala sesuatu.

Dalam peranannya terhadap kajian Ilmu Komunikasi, Ontologi berupaya melihat realitas Ilmu Komunikasi sebagai sarana atau proses penyampaian pesan antar manusia.

 

Contohnya ; Instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata "insta" berasal dari kata "instan", seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan "foto instan". Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata "gram" berasal dari kata "telegram" yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan Internet, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram merupakan lakuran dari kata instan dan telegram.

Aplikasi instagram dikemukakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, awalnya mereka hanya hendak mengurangi fitur-fitur yang sudah ada di aplikasi iphone , lalu mereka memutuskan untuk memfokuskan pada bagian foto, komentar dan menyukai bagian foto, lalu teriptalah instagram.

 

-          Epistimologi merupakan cabang filsafat yang membicarakan cara memperoleh pengetahuan itu.

-          Dalam peranannya terhadap ilmu komunikasi, epistimologi melihat cara terjadinya proses komunikasi tersebut.

Contohnya : pada penggunaan instagram komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya. Pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting, dan jumlah tanda suka dari para pengikut sangat mempengaruhi apakah foto tersebut dapat menjadi sebuah foto yang populer atau tidak. Untuk menemukan teman-teman yang ada di dalam Instagram, dapat menggunakan teman-teman mereka yang juga menggunakan Instagram melalui jejaring sosial seperti Twitter dan juga Facebook.

 

-          Aksiologi

Merupakan cabang filsafat  yang membicarakan guna pengetahuan itu.

Dalam peranannya terhadap komunikasi aksiologi berupaya melihat kegunaan dari produk komunikasi tersebut

Contoh : dalam penggunaan instagram, Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di album foto di iDevice tersebut. Lalu sesame pengguna instagram dapat berinteraksi dengan mengomentari foto yang diunggah pada kolom coment.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini