Senin, 10 November 2014

revisi tugas 6 etika filsafat_Dani Perdana_KPI 5D_111205100025

Dani Perdana Sya'bani
111205100025
KPI 5D

                                    APLIKASI FILSAFAT DALAM KOMUNIKASI

Dalam berkomunikasi, pasti memerlukan sebuah informasi atau pesan yang disampaikan oleh pihak komunikator. Mempelajari ilmu komunikasi secara menyeluruh, dan mendalam berarti mempelajari filsafat komunikasi. Karena sifatnya yang luas itu, maka kajian filsafat komunikasi sebagai langkah penelusuran akar ilmu komunikasi membutuhkan referensi dalam berbagai varian dan jenisnya menurut ruang lingkup akar komunikasi itu sendiri.
Selanjutnya dalam ilmu filsafat ada tiga aspek yakni aspek ontologis, epistimologis dan aksiologis. Hal ini diperlukan agar tercipta sebuah alur komunikasi yang baik dan sistematis. Jika melihat pada konteks informasi pesan yang disampaikan, maka produk komunikasi sangat dibutuhkan pada saat berkomunikasi. Produk komunikasi dibuat agar komunikan dapat menagkap simbol-simbol atau makna yang ingin disampaikan oleh komunikator. Pesan disampaikan biasa melalui berbagai macam produk komunikasi seperti: media sosial yakni Skype.

a.      Skype secara ontologi
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.
Sejak diluncurkan skype telah mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya yang populer maupun pengembangan perangkat lunaknya, jasa yang ditawarkan pun menjadi beragam mulai dari penggunaan gratis maupun berbayar, hanya dalam beberapa tahun saja pada bulan April 2006 Skype memiliki 100 juta pengguna.

b.      Skype secara epistemologi
Pada saat menggunakan Skype maka pengguna yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya Lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam feature yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon selular.
Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype, pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi.

c.       Skype secara Aksiologi
Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. Penggunaannya yang mudah. Untuk pengguna yang telah biasa menggunakan pengirim-penerima pesan instan internet, perangkat lunak skype akan dirasakan mudah. Pemilik akun hanya diharuskan untuk memiliki komputer dengan spesifikasi teknis tertentu, headset (yang memiliki mike dan speaker), serta sambungan internet. Serta kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya. Kegunaan dasar pembicaraan telepon melalui komputer di mana pun pengguna berada (dengan koneksi internet) secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini