Senin, 10 November 2014

tugas 7 (perbaikan tugas 6)_Savinatun Naja

Savinatun Naja

KPI 5D

112051000120

 

Aplikasi Filsafat dalam Komunikasi

 

Louis O. Katsoff dalam bukunya "Elements of Philosophy" menyatakan bahwa kegiatan filsafat merupakan perenungan, yaitu suatu jenis pemikiran yang meliputi kegiatan meragukan segala sesuatu, mengajukan pertanyaan, menghubungkan gagasan yang satu dengan gagasan yang lainnya, menanyakan "mengapa", mencari jawaban yang lebih baik ketimbang jawaban pada pandangan mata. Filsafat sebagai perenungan mengusahakan kejelasan, keruntuhan, dan keadaan memadainya pengetahuan agar dapat diperoleh pemahaman.
            Tujuan filsafat adalah mengumpulkan pengetahuan manusia sebanyak mungkin, mengajukan kritik dan menilai pengetahuan ini. Menemukan hakekatnya, dan menerbitkan serta mengatur semuanya itu dalam bentuk yang sistematik. Filsafat membawa kita kepada pemahaman dan pemahaman membawa kita kepada tindakan yang lebih layak.

Dalam berkomunikasi amat berbahaya jika kita menelan mentah-mentah informasi atau pesan yang disampaikan pigak komunikator. Perlu dipertanyakan aspek ontologis, epistomologi dan aksiologi atas pesan yang disampaikan. Hal ini diperlukan agar tercipta sebuah alur komunikasi yang kritis dan membangun. Berpikir filosofis adalah berpikir kritis dalam menangkap suatu fenomena dan pesan.
berikut ini adalah pertanyaan pertanyaan utama filsafat mengenai ilmu komunikasi yang berfungsi untuk mengingat ulang mengenai dasar dasar keyakinan, yakni

·      ontologis: what is communication? Secara harfiah komunikasi merupakan sebuah proses dalam menyamakan persepsi suatu hal diantara pihak pihak yang melakukan kontrak.

·      epistemologis: how to get communication? Komunikasi dapat dilakukan dengan mengunakan bahasa verbal dan nonverbal.

·      aksiologis: what communication for? Kegunaan komunikasi adalah untuk membuat dua pihak yang melakukan kontak memiliki suatu pesan dengan pengertian yang sama.

Pada saat ini media massa telah menjadi fenomena tersendiri dalam proses komunikasi massa dewasa ini bahkan ketergantungan manusia pada media massa sudah sedemikian besar. Media komunikasi massa abad ini yang tengah digandrungi masyarakat adalah televisi. Menonton televisi merupakan "aktifitas" utama masyarakat yang seakan tak bisa ditinggalkan. Realitas ini sebuah bukti bahwa televisi mempunyai kekuatan menghipnotis pemirsa, sehingga seolah-olah televisi telah mengalienasi seseorang dalam agenda settingnya.

Fenomena ini tentu saja menggembirakan karena idealnya masyarakat indonesia memiliki banyak alternatif dalam memilih suguhan acara televisi. Namun realitasnya, yang terjadi adalah stasiun-stasiun TV di Indonesia terjebak pada selera pasar karena tema acara yang disajikan hampir semua saluran TV tidak lagi beragam tetapi seragam di mana informasi yang sampai kepada publik hanya itu-itu saja tidak menyediakan banyak alternatif pilihan. Fenomena ini menandakan satu permasalahan di dalam kehidupam nilai-nilai "filosofis" televisi di Indonesia. Televisi Indonesia makin hari makin memperlihatkan kecenderungan mencampuradukan berita dan hiburan melalui format tayangan ""infotainment". Kebergunaan berita menjadi berkurang bahkan menyimpang. Hal ini disebabkan di antaranya oleh tekanan pasar yang makin meningkat.

Berita infotainment dalam kajian filosofis akan meneropong lingkup persoalan di dalam disiplin jurnalisme, sebagai sebuah bahasan dari keilmuan komunikasi, yang telah mengalami degradasi bias tertentu dari sisi epistemologis, ontologis bahkan aksiologisnya terutama dalam penyajian berita infotainment di televisi.

 

Produk komunikasi (Apple)

Apple Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April, 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari, 1977. Pada 9 Januari, 2007, kata "Computer" dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pascapeluncuran iPhone.Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya komputer meja iMac, komputer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone.

 

Tahapan Perkembangan Apple

 

1976-1980: Tahun-tahun Awal

Apple I

Merupakan produk yang pertama kali diproduksi oleh Apple, Apple 1 merupakan computer yang sederhana, tetapi design dari apple 1 dianggap sebagai sebuah masterpiece pada zamannya. Ini dikarenakan Apple 1 menggunakan komponen yang jauh lebih sedikit dari computer sejenisnya pada masa itu. Apple 1 keluar di pasaran pada Juli 1976 dan mendapat market price di US$666,66

Apple II

Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977. Perbedaan utama dengan Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Dengan cara ini monitor tidak hanya bisa menampilkan teks juga bisa menampilkan gambar dan pada akhirnya warna.

Apple III

Kesuksesan Apple II dilanjutkan dengan Apple III yang diluncurkan pada Mei 1980, dan untuk dapat menyaingi IBM dan Microsoft di bisnis computer, produk terbaru Apple diluncurkan yaitu Apple III+ yang diperkenalkan pada tahun 1983.

 

1981-1989: Lisa dan Macintosh

 

Apple Lisa dilepas pada bulan January 1983 dengan harga AS$ 10.000. Sekali lagi, Apple mengenalkan produk yang tergolong sangat maju pada saat itu, tetapi terlalu mahal (kesalahan ini akan terus diulang Apple selama beberapa tahun kedepan), dan sekali lagi Apple gagal meraih pasaran yang tersedia. Apple Lisa kemudian diberhentikan pada tahun 1986.

Kegagalan Apple Lisa menjadi sebuah pengalaman bagi Apple, sehingga pada tahun 1984 Apple mengeluarkan produk terbaru yang diberi nama Apple Macintosh.

 

1989-1997

 

Setelah kegagalan Macintosh Portable di tahun 1989 Apple mencoba memperkenalkan sebuah komputer portabel yang lebih populer PowerBook di awal dekade 1990. Generasi pertama produk ini dirancang bersama Sony dan memberikan layout untuk komputer portabel yang masih dipakai sampai saat ini.

Di tahun 1994, Apple memperbarui produk Macintosh mereka dengan mengenalkan seri Power Macintosh, yang menggunakan prosesor PowerPC hasil kerjasama IBM, Motorola dan Apple. Prosesor ini menggunakan arsitektur RISC, yang jauh berbeda dengan seri Motorola 680X0 sebelumnya. Sistem operasi milik Apple disesuaikan agar piranti lunak yang dikembangkan untuk prosesor yang lebih tua bisa berjalan dengan seri prosesor PowerPC.

Pada tahun 1997 Macworld Expo, Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple akan bekerjasama dengan Microsoft dan mengeluarkan versi baru Microsoft Office untuk Macintosh, dan pada tanggal 10 November 1997 Apple mengeluarkan Apple Store.

 

1998-sekarang

 

Pada periode ini Apple membeli beberapa perusahaan . Pada tahun 1998 Apple bahkan mengumumkan pembelian perangkat lunak Macromedia's Final Cut yang menandakan ekspansinya ke pasar editing video digital.Pada tahun 2001, Apple membuka kantor resmi Apple Retail Stores di Virginia dan California, dan telah membuka lebih banyak took di US dan berbagai Negara. Dan pada tahun yang sama Apple memperkenalkan iPod digital audio player.

 

Analisis

 

Apple adalah suatu produk dalam suatu program computer yang bermulanya berevolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. Apple terkenal akan perangkat keras ciptaannya, seperti iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam iPhone.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini