Senin, 10 November 2014

Ahmad Dede Kurniadi_1112051000109_KPI 5D_Revisi tugas ke 6_Etika dan Filsafat Komunikasi


DEFINISI OLX.COM

OLX Indonesia adalah tempat untuk mencari barang baru atau bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa, dan juga lowongan kerja. Pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh OLX Indonesia untuk para penjual. Dalam melakukan transaksi di OLX Indonesia, baik jual ataupun beli, juga tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine seperti google juga akan menemukan iklan tersebut. OLX Indonesia memiliki slogan "Cara Tepat Jual Cepat". OLX merupakan singkatan dari OnLine eXchange. Grup OLX saat ini sudah hadir di 106 negara. Situs-situs e-commerce dan Classified sudah tersedia dalam lebih dari 40 bahasa. Grup OLX didirikan pada tahun 2006 oleh Fabrice Grinda dan Alec Oxenford. Semenjak dirikan pertama kali, perusahaan ini bermarkas di Buenos Aires, Argentina. Namun setelah melakukan ekspansi, OLX memindahkan pusat operasinya di New York, AS. Tahun 2010, Naspers masuk sebagai investor strategis di OLX, dikabarkan melalui investasi sebesar $20 sampai $40 juta. Naspers adalah grup media besar yang bermarkas di Afrika Selatan. Ekspansinya ke Indonesia dilakukan pada tahun 2010 saat berinvestasi di Tokobagus. Sebelum dimerger dengan TokoBagus, OLX Indonesia sebelum sudah ada, sama seperti tokobagus, olx.co.id (sebelum menjadi tokobagus) merupakan situs jual beli gratis. Namun memang, untuk di Indonesia sendiri kepopuleran OLX kalah telah oleh tokobagus.

OLX.COM Secara Ontologi

OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com) merupakan sebuah situs dimana perseorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk serta jasa secara online. Tepat hari ini 20 Mei 2014, TokoBagus memperkenalkan pergantian nama menjadi OLX.co.id. Terhitung sejak pagi tadi, jika anda mengakses situs jual beli terbesar di Indonesia, tokobagus.com maka anda secara otomatis akan di-redirect ke halaman olx.co.id. Pengelola Tokobagus telah mengumumkan secara resmi bahwa nama dan alamat situs tokobagus berganti nama jadi OLX mulai Selasa (20/5/2014). Dalam sebuah pernyataan resmi, OLX menerangkan bahwa perubahan ini hanya terjadi pada nama dan URL baru dan semua aktifitas jual-beli dan pemasangan iklan tetap bisa dilakukan seperti biasa. Begitu juga dengan user dan iklan yang sudah tayang di tokobagus tetap akan muncul, dan user tokobagus pun bisa login seperti biasa. Bahkan domain OLX.co.id jika lihat,  menggunakan NS (name server) tokobagus.com, jadi semua data masih belum dipindahkan masih tetap di lokasi server semula tanpa ada migrasi server. Perubahan ini hanya nama yaitu Tokobagus.com menjadi OLX, termasuk logo dan URL baru. Sementara semua aspek lainnya, yang sudah dirasakan manfaatnya oleh jutaan masyarakat Indonesia saat ini akan tetap sama dan tidak berubah. Misi perusahaan akan terus berlanjut yang digambarkan dalam tagline-nya, yaitu "cara tepat, jual cepat".

Menurut pihak tokobagus, perubahan nama Tokobagus menjadi OLX ini merupakan upaya untuk memperkuat usaha mereka dalam membantu masyarakat Indonesia dalam menyediakan media untuk menjual barang bekas dengan cepat, mudah dan gratis. "Sudah ratusan ribu orang yang menjual barang bekas dan mendapatkan uang tambahan di platform kami saat ini, dan kami ingin melanjutkan usaha tersebut agar dirasakan oleh lebih banyak masyarakat Indonesia"Managing Director OLX.co.id, Michal Klar mengatakan, perubahan nama menjadi OLX setelah sukses dengan Tokobagus.com merupakan langkah besar yang menunjukkan betapa besar keinginan membantu masyarakat Indonesia untuk bisa menjual barang bekas secara mudah. Chief Operating Officer tokobagus, Alif Priyono seperti dilansir dari techinasi mengatakan,  "Kami telah menjadi situs penjualan online terbesar di Indonesia, kini berubah menjadi OLX.co.id dan bergabung dengan merek global yang akan membantu kita untuk memimpin kami lebih jauh karena kami menyediakan cara tercepat dan termudah bagi pengguna untuk menjual dan berbelanja produk bekas dengan kualitas terbaik. OLX, yang bermakna pertukaran online, meluncurkan video untuk mengedukasi pengguna tentang perubahan merek ini. Kunjungan ke Tokobagus.com akan dialihkan secara otomatis ke OLX.co.id."

OLX.COM  Secara Epistemologi

Dalam konten ini yang membahas tentang olx, jadi, olx.com secara epistemologi yaitu bagaimana cara masyarakat memperoleh informasi atau pengetahuan dari olx.com tentang menjual dan membeli barang atau jasa. Olx.com mencantumkan berbagai macam produk (iklan) yang berisi banyak informasi yang dapat diterima oleh masyarakat untuk kebutuhan ataupun keperluannya dalam membeli atau menjual barang dan jasa.

Olx.com Secara Aksiologi

Aksiologi merupakan cabang ilmu filsafat yang membicarakan bagaimana manusia menggunakan ilmu nya (manfaatya).

sejak pertama kemunculannya, TokoBagus telah mengambil hati banyak pengunjung dan pemasang iklan. Fasilitas yang tersedia membuat banyak orang berminat untuk memasang iklan. Sebagai situs jual beli terbesar di Indonesia. Manfaat-manfaatnya diantara lain:

1. Memiliki Lebih Dari Dua Juta Member
Dengan jumlah member sebanyak itu tentunya situs TokoBagus dikunjungi hampir ratusan ribu pengunjung tiap harinya. Mereka yang memasang iklan juga berpeluang menjadi pembeli produk kita. Semakin banyak pengunjung situs  maka semakin besar kemungkinan iklan kita dilihat.
Hingga sekarang toko online ini sudah memiliki lebih dari 2,5 juta member dan kira-kira satu juta iklan aktif. Hal ini menunjukkan kalau TokoBagus sudah dipercaya oleh banyak orang. Pembeli lebih suka berbelanja di disana ketimbang toko online lain.
2. Pasang Iklan Gratis dan Gampang
Biaya memasang Iklan di situs-situs terkenal seperti portal berita misalnya sangatlah mahal. Di TokoBagus anda tidak perlu membayar untuk memasang iklan. Semua transaksi di TokoBagus juga tidak dipungut biaya.
Cara memasang iklan di TokoBagus sangat gampang. Tidak perlu waktu lama untuk belajar memasang iklan di TokoBagus. Asal sudah terdaftar di TokoBagus anda sudah bisa memasang iklan.
3. Iklan Kita Muncul Di Google AdSense
Sebagai situs jual beli terbesar di Indonesia selain memasang iklan di TV juga memasang iklan di Google AdSense.  Walaupun iklan kita tidak secara langsung ditampilkan, dengan adanya katagory iklan kita yang diiklankan di Google AdSense maka semakin banyak pengunjung yang akan melihat iklan kita.
Kita bisa mendapatkan promosi gratis dari pemasangan iklan TokoBagus di Google AdSense. Jangan kaget jika suatu ketika  anda melihat Iklan anda muncul di AdSense.
4. Sistem Point TokoBagus
Jika ingin iklan anda lebih sering dilihat pengunjung belilah promo point TokoBagus. Beberapa fasilitas diberikan bagi pemegang promo point misalnya latar kuning, huruf judul tebal dan lain-lain.
Harga promo point juga tidak terlalu mahal. Anda bisa menukarkan point yang anda punya dengan beberapa fasilitas untuk pemegang promo point. Dengan fasilitas ini iklan anda akan mendapat beberapa perlakuan istimewa sehingga iklan anda lebih sering dilihat.
5. Iklan Terkait
Jika di blog ada artikel terkait, di TokoBagus ada iklan terkait. Saat pengunjung melihat sebuah iklan mobil maka dibawah iklan tersebut akan muncul iklan sejenis. Pengunjung akan disuguhi iklan mobil lainnya, Misalnya anda punya iklan mobil maka iklan anda kemungkinan akan muncul juga di iklan terkait.
6. Ada Form Kirim Pesan
Selain pengunjung bisa menghubungi anda melalui kontak yang anda berikan. Mereka juga bisa berinteraksi melalui form komentar dibagian bawah iklan.
Mereka tentu saja bisa memesan barang anda melalui form komentar . Makanya anda juga harus sering-sering mengecek iklan anda. Siapa tau ada pengunjung yang berminat membeli produk anda dan melakukan penawaran melalui form komentar.
7. Form Keterangan produk dan Kontak
Jangan takut dengan keterbatasan jumlah karakter dalam keterangan produk anda. TokoBagus memberikan kesempatan untuk memberikan keterangan produk selengkap-lengkapnya. Semakin lengkap keterangan produk semakin bagus. Dengan begitu calon pembeli sudah punya gambaran tentang produk anda.
8. Bisa Memasang Gambar Produk
Selain form keterangan produk anda juga bisa melengkapi iklan anda dengan beberapa buah gambar agar iklan lebih menarik. Calon Pembeli bisa mengetahui seperti apa wujud atau kondisi barang kita. Ini sangat membantu mereka dalam mengambil keputusan untuk membeli atau tidak.
9. Punya Toko Sendiri
Walaupun gratisan anda juga bisa punya toko sendiri di TokoBagus. Iklan yang anda pasang akan muncul di toko anda. Alamat toko anda adalah IDanda.tokobagus.com misalnya nama anda Buditech maka toko anda akan menjadi buditech.tokobagus.com
Dengan alamat toko seperti itu anda bisa promosi di Facebook atau Twitter. Cukup memberikan alamat toko pengunjung sudah bisa melihat semua iklan kit adi TokoBagus.
10. Banyak Katagori
TokoBagus punya banyak katagori iklan sehingga anda bisa memasang iklan apa saja kecuali iklan yang dilarang. Katagori yang paling banyak dicari adalah properti, elektronik dan busana. Ada lebih dari tiga puluh katagori iklan di TokoBagus.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini