Senin, 10 November 2014

Tugas Revisi 6_ Sari Setianingrum_KPI 5 C_ 1112051000065_ LINE

Nama: Sari Setianingrum
NIM    : 1112051000065
Kelas   : KPI 5C
 
Line Aplikasi Chatting
LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.
Aplikasi instant messaging (IM) bernama Line, kini sedang naik daun. Aplikasi ini telah diunduh setidaknya 20 juta kali dengan pengguna lebih dari 30 juta. Sama seperti WhatsApp, Line menggunakan sistem nomor telepon seluler penggunanya untuk saling berhubungan. Line saat ini tersedia untuk iOS dan Android, dan bisa diunduh secara gratis di App Store dan Google Play. Jika dibandingkan dengan aplikasi populer WhatsApp, Line memang memiliki beberapa keunggulan.
Pertama, Line memberikan layanan free call. Ini adalah layanan telepon tanpa menggunakan pulsa,melainkan dengan koneksi data internet. Line akan menghubungkan panggilan ke server mereka.Kedua, grup yang dibentuk dalam aplikasi Line bisa menampung 100 anggota. Sementara WhatsApp maksimal hanya 11 orang.Yang membuat Line berbeda dari aplikasi IM lainnya  adalah emoticon yang bervariasi. Ada Emoji yang menggambarkan kepala dengan bermacam ekspresi, lalu Emoticons berupa susunan karakter teks yang juga membentuk ekspresi, serta ada Stickers. Nah, Stickers inilah yang cukup unik untuk Line, karena gambar ikonnya lucu-lucu, berukuran besar dan lebih ekspresif. Selain itu, Line juga menyediakan layanan untuk memblokir seorang teman yang ada di kontak.
Naver, perusahaan asal Jepang yang mengembangkan aplikasi ini, melengkapi Line dengan beberapa aplikasi tambahan, yakni Line Camera dan Line Card untuk kartu ucapan. Keduanya sudah tersedia untuk iOS dan Android.
LINE menggunakan nomor telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna untuk memudahkan orang mengundang anda. Anda juga dapat menyembunyikan nomor telepon untuk melindungi privasi anda. LINE menyediakan fitur Blocked List pada tab privacy setting, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan anda.

Sejarah Line
LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu Pada awal April 2012, Naver memperluas penggunaan Line ke perangkat komputer. Line kini sudah tersedia untuk  Mac dan Windows.
Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Indonesia dan lain-lain.
LINE akan membuka kantor di Indonesia secara resmi pada pertengahan 2012, dan lokalisasi konten aplikasi Indonesia direncanakan akan selesai tahun 2013.

Fitur-Fitur
LINE menawarkan fitur-fitur unggulan, yaitu:
  1. Sticker, merupakan gambar yang merupakan bagian dari IM smiley. Anda dapat menggunakan sticker pada tab sticker. Terdapat 255 sticker menarik untuk mengekspresikan perbincangan dalam bentuk gambar.
  2. Attachment, anda dapat melampirkan file untuk anda kirim ke teman LINE anda seperti suara, gambar, dll.
  3. Call, dengan sesama pengguna LINE anda dapat menelpon teman LINE anda tanpa bayar karena memanfaatkan jaringan internet.
  4. Dapat menggunakan QR code. anda bisa scan QR code dengan aplikasi ini. QR code ini berfungsi untuk menambah teman di aplikasi LINE ini. Begitu juga sebaliknya.
Kelebihan

1.      LINE mempunyai nomor telphone sebagai Account ID seperti Whatsapp,tapi juga bisa mempunyai User ID untuk mempermudah orang meng-invite ID kita dan menyembunyikan nomor telphone kita jika itu privacy.
  1. Line memberikan layanan free call , artinya kita dapat telepon gratis ke pengguna line lain tanpa dipotong biaya pulsa,hanya menggunakan data internet.
  2. Merupakan aplikasi lintas platform.
  3. Dapat diinstall pada computer.
  4. Banyak sticker-sticker lucu yang dapat mewakili perasaan anda, dan bisa digunakan.
6.      Grup Messenger bisa sampai 100 anggota
7.      Selain itu LINE juga menyediakan Add friend melalui QR code dapat dibuat gratis melalui LINE,sesuatu yang jarang di aplikasi serupa.
8.      Di LINE selain menyediakan emoticon dan autotext juga menambah tambahan baru yaitu Stickers, hampir serupa dengan emoticon tapi dengan expresi lebih banyak dan besar,dan juga ringan.
9.      LINE menyediakan fitur Block/Black List ID atau No HP yang tidak kita inginkan, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan kita.
10.  LINE memungkinkan digunakan di OS Windows/MacOS, jd yang belum mempunya Smartphone Ber OS IOS (Iphone) atau Android bisa Coba lewat PC
                                                                                 
                                                                                 
Animasi
Aplikasi ini telah mengilhami dua anime & tujuh animasi, menjadi satu animasi yang normal-panjang (23-26 menit per episode, ditayangkan satu per minggu) dan animasi web. Anime ini memiliki karakter dari stiker nya: Moon, James, Brown, dan Cony.
                                                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini