Senin, 24 November 2014

tugas 8_etika filsafat_M Hamzah Hasbi_1112051000079_KPI 5C

Nama    : M. Hamzah Hasbi

NIM     : 1112051000079

Kelas    : KPI 5C

 

 

 

 

Fenomena Media Komunikasi Terkini dan Etika Komunikasi

 

 

Dewasa ini, sekitar lima tahun terakhir  (2008, 2009, 2010, 2011, 2012)  terjadi perkembangan yang cukup pesat dalam bidang  komunikasi informasi dan teknologi, hal yang dimaksud adalah google, friendster, facebook, twitter, youtube, kaskus, Tumblr, kompas.com dan sebagainya.


Apa makna media sosial tersebut bagi kehidupan kita sehari-hari? Tentu saja, hal ini sangat membantu kita dalam memperoleh informasi, secara cepat dan akurat, informasi tersebut dapat kita dapatkan tidak hanya melalui surat kabar atau koran, tetapi melalui perangkat telepon seluler atau gadgetsehari-hari. Dewasa ini semakin banyak varian produk telepon seluler yang tidak hanya mengedepankan fitur dasar yaitutelepon dan sms. Karena fitur internet sebagai hal yang sangat esensial saat ini sudah termasuk kedalam produk tersebut dan hal ini sudah menjadi lifestyle tersendiri bagi para penggunanya.

Kehidupan terus berputar, proses perkembangan teknologi pun berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman.
Pada kurun waktu (tahun 1999,2000, 2001) mungkin kita masih menggunakan surat sebagai sarana komunikasi dan telepon rumah sebagai suatu sarana yang cukup esensial. Memang pada saat itu, sudah tersedia internet, tetapi mayoritas masyarakat pada saat itu belum begitu aktif menggunakannya.

Ada juga televisi, dan peran televisi pun saat ini tidak bisa dikesampingkan begitu saja, televisi sebagai sarana komunikasi cukup esensial dan berpengaruh. Mengapa demikian? Karena saat ini, di setiap rumah di   Indonesia, mayoritas memilki televisi, bahkan ada yang mempunyai televisi di setiap ruangan kamarnya, televisi begitu mudah menyentuh langsung ke dalam masyarakat.....
Namun, yang saya amati akhir-akhir ini..... sungguh ironi... televisi menjadi sasaran empuk nan strategis untuk berpromosi. Entah itu dalam produk makanan, minuman, jasa, dan lain sebagainya. Terlalu banyak iklan komersil yang sering tampil. Hal ini sudah menjadi lumrah karena televisi begitu melekat dengan masyarakat sehari-hari...porsi acara-acara di televisi pun sedikit dikorbankan demi iklan komersil yang begitu derasnya mengalir. Karena semakin banyak iklan yang tampil, maka akan semakin besar pula pendapatan untuk stasiun televisi swasta tersebut.


Lalu.... apa kaitannya media sosial dengan televisi? tentu saja ada, media sosial dan juga televisi sama-sama berhubungan langsung dengan masyarakat luas dan menjangkau orang banyak. Hal itu memunculkan  sebuah fenomena akhir-akhir ini dengan ditandai adanya program-program televisi ataupun produk dari iklan komersil  yang mencantumkan logo dari facebook dan twitter. Hal ini dinilai sebagai langkah strategis karena cepat menyebar luas ke masyarakat dan dapat menaikkan popularitas ataupun nilai jual produk iklan tersebut.


Satu hal yang perlu kita sikapi bersama adalah..... kita perlu menggunakan media komunikasi sosial tersebut secara bijak. Jangan sampai teknologi informasi yang kita gunakan saat ini disalahgunakan untuk kepentingan yang kurang baik, dan tetap sadar menerima kenyataan bahwa kita hidup di dunia nyata, tidak semata-mata hal tersebut mengurangi esensi dari silaturahim sesama manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini