Senin, 24 November 2014

FENOMENA MEDIA KOMUNIKASI TERKINI DAN ETIKA KOMUNIKASI

Nama   : Wiji Lestari
NIM    : 1112051000093 / KPI 5C
 
FENOMENA MEDIA KOMUNIKASI TERKINI DAN ETIKA KOMUNIKASI
 
Media komunikasi merupakan wadah atau sarana didalam bidang komunikasi. Media komunikasi digunakan sebagai perantara untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Proses komunikasi yang selama ini dilakukan hanya melalui komunikasi tatap muka, komunikasi kelompok, komunikasi massa, berubah total dengan  perkembangan teknologi komunikasi dewasa, khususnya internet. Perkembangan internet adalah fenomena dalam dunia komunikasi. Perkembangan internet tersebut membawa banyak perubahan-perubahan tidak saja dalam perangkat  penyebaran pesan, tetapi juga perubahan di masyarakat. Berkaitan dengan perubahan  perangkat peredaran pesan, muncullah fasilitas seperti blog, e-mail, chatting, e-paper, media sosial (facebook, twitter), bahkan di hp pun adanya aplikasi bbm, whatsup.
Media sosial bisa dijadikan sarana untuk mempromosikan suatu barang dalam rangkaian kegiatan  pemasaran. Lewat media sosial juga suatu brand barang tertentu bisa menerima keluhan, saran dari konsumen dan konsumen dapat mengetahui secara langsung feedback yang diberikan. Media sosial juga dapat memberikan suatu hiburan bagi para penikmat sosmed, dengan ada media sosial seseorang bisa berkomunikasi kapan saja dan dimana saja. Terkadang orang akan terlena dengan kenikmatan berkomunikasi lewat jejaring sosial dan pekerjaan bisa terbengkalai salah satu dampak negatif bagi pengguna sosmed yang tidak bisa mengontrol diri hanya untuk hiburan semata. Dengan kehadirannya sosial media yang sangat cepat berkembang telah merubah proses komunikasi. Bahkan bisa dikatakan proses komunikasi model demikian merupakan ciri khas yang melekat pada masyarakat modern saat ini.
Dalam kajian etika komunikasi, komunikasi diperlihatkan sebagai ilmu yang berhubungan dengan berbagai macam ilmu pengetahuan yang lain. Sifat manusia yang paling mendasar adalah kemampuan berpikir dan kemampuan menggunakan simbol. Ini berarti bahwa tindakan manusia yang benar-benar manusiawi adalah berasal dari rasionalitas sadar atas apa yang dikakukan dan dengan bebas untuk memilih melakukannya. etika dalam berkomunikasi ini merupakan etika sangat dibutuhkan sebagai pedoman dalam melakukan proses menyampaikan dan menerima pesan baik dalam blog maupun media sosial yang digunakan. Pada prinsip etika walaupun kita diberikan kebebasan dalam berkomunikasi melalui jejaring sosial namun harus tetap berdasarkan tanggung jawab dan norma yang berlaku. Fasilitas Sosial media yang digunakan sebagai salah satu media penyampaian informasi internet. Harus menyajikan isi yang bermanfaat untuk sesama, walaupun tidak ada batasan dalam menggunakan fasilitas sosial media seperti facebook, twitter maupun blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini