Senin, 08 Juni 2015

TOR SOSPED_DESA CISEENG_HASYIM ASY'ARI_PMI 2

Nama  : Hasyim Asy'ari

NIM    : 11140540000021

 

1.      Dasar pemikiran

               Infrastruktur merupakan prasarana publik primer dalam mendukung kegiatan ekonomi suatu negara, dan ketersediaan infrastruktur sangat menentukan tingkat efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi. Keberadaan infrastruktur sangat penting bagi pembangunan, sehingga pada fase awal pembangunan disuatu negara.

               Pada infrastruktur yang sangat baik diharapkan oleh suatu desa. Hal itu terjadi terutama di sektor-sektor jalan raya yang tidak merata. Infrastruktur jalan raya diharapkan oleh mayarakat desa khususnya desa ciseeng kecamatan ciseeng kabupaten bogor ini. Jalan raya yang selalu dilewati oleh masyarakat setempat maupun orang lain ini, masyarakat berharap pemerintah untuk memperbaiki jalan yang rusak demi kelancaran transportasi yang sedang lewat.

 

               Hal tersebut dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat desa ciseeng kecamatan ciseeng kabupaten bogor. Pemerinta hingga saat ini belum ada tindakan untuk merenofasi jalan yang sedang rusak didesa ciseeng tersebut. terutama jalan didesa ciseeng yang menghubungkan dengan tempat taman wisata pemandian air panas gunung kapur ciseeng.

 

2.      Metodologi penelitian

 

a.       Paradigma penelitian

 

               Paradigma penelitian ini berbentuk paradigma kualitatif yang lebih berdasarkan pada filsafat fenomenologi yang mengutamakan penghayatan. Metode kualitatif berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkahlaku manusia dalam situasi tertentu menurut persepektif peneliti sendiri. Paradigma kualitatif juga digunakan untuk menjelaskan apa, bagaimana dan mengapa kita mengadakan penelitian.

 

b.      Metode penelitian

 

               Metode penelitian ini berbentuk metode kualitatif yang lebih berdasarkan pada filsafat fenomenologi yang mengutamakan penghayatan. Metode kualitatif berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkahlaku manusia dalam situasi tertentu menurut persepektif peneliti sendiri. Paradigma kualitatif juga digunakan untuk menjelaskan apa, bagaimana dan mengapa kita mengadakan penelitian.

 

               Teknik pengumpulan data pada desa ciseeng kecamatan ciseeng kabupaten bogor ini adalah :

a)      Observasi

b)      Wawancara

c)      dokumentasi

 

c.       Waktu dan tempat

           

            Waktu             : dua minggu yang akan datang.

            Tempat            : desa ciseeng kecamatan ciseeng kabupaten bogor.

 

3.      Pertanyaan penelitian

a.       Apa penyebab jalan yang rusak di desa ciseeng ?

b.      Apa pengaruh dari kerusakan jalan didesa ciseeng ?

c.       Apa kerugian yang disebabkan jalan yang rusak didesa ciseeng ?

d.      Apa yang dilakukan masyarakat dengan melihat jalan yang rusak didesa ciseeng ?

 

4.      Tinjauan teoritis

               Konstruksi sosial merupakan sebuah teori sosiologi kontemporer yang dicetuskan oleh Peter L.Berger dan Thomas Luckman. Dalam menjelaskan paradigma konstruktivis, realitas sosial merupakan konstruksi sosial yang diciptakan oleh individu. Individu adalah manusia yg bebas yang melakukan hubungan antara manusia yang satu dengan yang lain. Individu menjadi penentu dalam dunia sosial yang dikonstruksi berdasarkan kehendaknya. Individu bukanlah korban fakta sosial, namun sebagai media produksi sekaligus reproduksi yang kreatif dalam mengkonstruksi dunia sosialnya (Basrowi dan Sukidin, 2002 : 194).               

 

               Istilah konstruksi sosial atas realitas (sosial construction of reality) didefinisikan sebagai proses sosial melalui tindakan dan interaksi dimana individu menciptakan secara terus-menerus suatu realitas yang dimiliki dan dialami bersama secara subyektif. (Poloma, 2004:301).

 

5.      Ruang lingkup penelitian

a)      Kantor desa ciseeng.

b)      Tokoh masyarakat ciseeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini