Senin, 08 Juni 2015

TOR SOSPED_DESA CIDOKOM_DAIMATUL MAWADDAH_PMI 2

NAMA           : DAIMATUL MAWADDAH
NIM                : 11140540000020
BAB I
DASAR PEMIKIRAN
Pembangunan pertanian tidak terlepas dari pengembangan kawasan pedesaan yang menempatkan pertanian sebagai penggerak utama perekonomian. Lahan, potensi tenaga kerja, dan basis ekonomi lokal pedesaan menjadi faktor utama pengembangan pertanian. Saat ini disadari bahwa pembangunan pertanian tidak saja bertumpu di desa tetapi juga diperlukan integrasi dengan kawasan dan dukungan sarana serta prasarana yang tidak saja berada di pedesaan.
Sektor pertanian mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Peranan tersebut antara lain: meningkatkan penerimaan desa negara, penyediaan lapangan kerja, perolehan nilai tambah dan daya saing, pemenuhan kebutuhan konsumsi dalam negeri, bahan baku industri dalam negeri serta optimalisasi pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan. alam jangka panjang, pengembangan lapangan usaha pertanian difokuskan pada produk-produk olahan hasil pertanian yang memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional, seperti pengembangan agroindustri.
 
BAB II
METODOLOGI PENELITIAN
A.    Paradigma
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma kualitatif. Paradigma kualitatif ini juga merupakan paradigma penelitian yang menekankan pada pemahaman mengenai masalah-masalah dalam kehidupan sosial berdasarkan kondisi realitas yang kompleks dan rinci. Paradigma ini menggunakan pendekatan induksi yang mempunyai tujuan penyusunan konstruksi teori melalui pengungkapan fakta. Paradigma ini disebut juga dengan pendekatan konstruktivis.
B.     Metode
Subyek penelitian                    : Masyarakat Desa Cidokom
Sumber data                            : Hasil wawancara dari aparatur Desa Cidokom
Teknik pengumpulan data       : Observasi, wawancara dan dokumentasi
Jenis sumber data                    :
1.      Data primer yaitu data yang diperoleh dari penduduk langsung dengan mengajukan pertanyaan secara tertulis untuk mendapatkan jawaban diperlukan peneliti
2.      Data sekunder yaitu data penunjang yang diperoleh dari lembaga pemerintah setempat dan instansi terkait
C.     Waktu dan Lokasi
Penelitian ini dilaksanakan pada 2 minggu kedepan, di Desa Cidokom, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa barat.
BAB III
PERTANYAAN PENELITIAN
1.      Bagaimana pentingnya lahan pertanian bagi masyarakat Desa Cidokom?
2.      Apa penyebab sebagian masyarakat Desa Cidokom untuk menjual lahan pertaniannya?
3.      Apa yang dilakukan masyarakat ketika lahan pertanian telah terjual?
4.      Sejak kapan masyarakat Desa Cidokom mulai menjual lahan pertanian tersebut?
BAB IV
TINJAUAN TEORITIS
Konstruktivisme merupakan landasan berfikir (filosofi) pembelajaran konstektual yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak secara tiba-tiba. Pengetahuan bukanlah seperangkat fakta-fakta, konsep, atau kaidah yang siap untuk diambil dan diingat. Manusia harus mengkontruksi pengetahuan itu dan memberi makna melalui pengalaman nyata. Menurut Slavin (2006) teori konstruktivistik adalah teori yang menyatakan bahwa peserta didik secara individual harus menemukan dan mentransformasi informasi kompleks, mengecek informasi yang baru terhadap aturan-aturan informasi yang lama, dan merevisi aturan-aturan yang lama bila sudah tidak sesuai lagi.
BAB V
RUANG LINGKUP  PENELITIAN
Berikut adalah ruang lingkup kegiatan terkait dengan :
1.      Sosialisasi
2.      Pelaksanaan survey oleh Kepala Desa, RW dan RT Desa Cidokom
3.      Pelaksanaan wawancara kepada warga sekitar Desa
Setelah data terkumpul saya akan membuat laporan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini