Senin, 08 Juni 2015

TOR SOSPED_Desa Cogrek_Ilmam Fachri Zen_PMI 2

Nama        :     Ilmam Fachri Zen
NIM          :     11140540000017
Prodi        :     PengembanganMasyarakat Islam
 
Infrastruktur Jalan Sebagai Penyambung Perekonomian
1.      DasarPemikiran
 
Infrastruktur umum yang dibangun pemerintah pusat sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Infrastruktur yang baik sangat diharapkan oleh masyarakat dalam mencari kemudahan untuk beraktifitas  setiap hari. Infrastruktur seperti jalan raya berperan sangat vital bagi masyarakat,  khususnya masyarakat Desa Cogrek Kecamatan Ciseeng Bogor Jawa  Barat. Jalan raya digunakan setiap hari untuk kelancaran transportasi.
Jalan raya yang dibangun oleh pemerintah pusat di  daerah Desa Cogrek banyak yang tidak terurus, rusak akibat tergerus air dan menyebabkan jalan berlubang sehingga tidak nyaman untuk dilintasi. Jalan raya yang rusak tersebut dapat  mempengaruhi kemunduran perekonomian masyarakat Desa Cogrek. Pemerintah sampai saat  ini belum ada tindak lanjut untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut. Jalan raya yang rusak yang paling  merugikan adalah dapat menyebabkan kecelakaan yang dapat memakan korban jiwa/nyawa seseorang. Salah satu jalan raya di Desa Cogrek itu menghubungkan dengan sektor Pariwisata Gunung Kapur, Gunung Kapur adalah salah satu destinasi Pariwisata Kota Bogor yang alami karena di Gunung Kapur terdapat sumber mata air panas yang ditampung menjadi kolam pemandian air panas.
 
2.      Metodologi Penelitian
 
a.       Paradigma Penelitian
Peneliti menggunakan cara paradigma penelitian kualitatif. Paradigma penelitian kualitatif digunakan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi, datanya verbal, interpretatif, multirealitas dan multitafsir, bergantung konteks, dan untuk mengembangkan teori.
 
b.      Metode
Peneliti menggunakan metode kualitatif karena menjelaskan suatu fenomena terjadi, data yang verbal, interpretatif, multirealitas dan multitafsir, bergantung konteks, dan untuk mengembangkan teori.
 
 
c.       Waktu dan Lokasi
Waktu        :          14-15 Juni 2015
Lokasi        :          Desa Cogrek Kecamatan Ciseeng Bogor Jawa Barat
 
3.      Pertanyaan Penelitian
 
1.      Apa fungsi jalan raya di Desa Cogrek?
2.      Mengapa jalan raya di Desa Cogrek tidak terawat dan tidak terurus?
3.      Apa yang dilakukan masyarakat dan pemerintah dengan melihat kondisi jalan yang rusak?
4.      Apa keuntungan jika jalan menjadi baik dan bagus?
5.      Apa kerugian jalan yang tidak terurus dan rusak?
 
4.      Tinjauan Teoritis
 
Teori Kontruktivis
Konstruktivis sosial merupakan sebuah teori sosiologi kontemporer yang dicetuskan oleh Peter L.Bergerdan Thomas Luckman. Dalam menjelaskan paradigma konstruktivis, realitas sosial merupakan konstruksisosial yang  diciptakan oleh individu. Individu adalah manusia yang bebas yang  melakukan hubungan antara manusia yang satu dengan yang lain. Individu menjadi penentu dalam dunia sosial yang dikonstruksi berdasarkan kehendaknya. Individu bukanlah korban fakta sosial, namun sebagai media  produksi sekaligus reproduksi yang kreatif dalam mengkonstruksi dunia sosialnya.
 
5.      Ruang Lingkup Penelitian
 
Langkah-langkah yang akan dilakukan :
1.      Mengunjungi langsung desa Cogrek dan memperhatikan keadaan jalan sekitar desa Cogrek
2.      Bersosialisasi dengan masyarakat dan memulai pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah :
A.    Observasi
B.     Wawancara
C.     Dokumentasi
3.      Membuat laporan tertulis tentang pengamatan di desa Cogrek
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini