Selasa, 21 April 2015

PENDAPATAN DAN KONSUMSI RUMAH TANGGA_Ahmad Yusuf dan Nurfi Lain

LAPORAN GATHERING DATA
PENDAPATAN DAN KONSUMSI RUMAH TANGGA
Oleh: AHMAD YUSUF AFIFURROHMAN dan Nurfi Laila
A.     Latar Belakang
Pada dasarnya setiap keluarga sangat membutuhkan adanya rekapitulasi  tentang pelaksanaan manajemen yang dilakukan sehari-hari di dalam rumah tangganya. Untuk itu kegiatan pencatatan sangat diperlukan. Rumah tangga baik ditingkat keluarga maupun pemerintahan pasti membutuhkan biaya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Biaya tersebut diperoleh dari pendapatan seluruh anggota keluarga tersebut. Pendapatan dan pengeluaran dalam suatu rumah tangga pasti berbeda-beda. Pendapatan dapat dipergunakan untuk pengeluaran konsumsi maupun tabungan. Pengeluaran untuk konsumsi tersalur ke pengeluaran pangan, sandang, perumahan, bahan bakar, pengangkutan, hiburan dan perawatan kesehatan, sedangkan bagian yang tidak dikonsumsi masuk kedalam tabungan.. Dengan mengetahui hubungan-hubungan antara pendapatan dan konsumsi maka diharapkan kita menjadi lebih mampu dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh suatu perekonomian pada rumah tangga keluarga.
B.     Perumusan Masalah
Dari penelitian yang dilakukan dirumuskan masalah yaitu mengenai bagaimana hubungan antara pendapatan dan pengeluaran konsumsi rumah tangga keluarga bersangkutan. Masalah yang sering dihadapi oleh suatu rumah tangga pada umumnya adalah bagaimana membelanjakan pendapatan mereka agar dapat mencukupi semua kebutuhan keluarga.
C.     Tujuan
Tujua mengenai pendapatan dan konsumsi rumah tangga keluarga bapak syamsul, bapak miftahul amin, bapak hendra hidayat, bapak suwito dan bapak bachtiar adalah untuk mengetahui tingkat kesejahteraan keluarga dengan meninjau pendapatan dan pengeluaran sementara selama bulan Maret 2015 dan untuk melihat bahan pokok apa yang sangat di prioritaskan.
D. HASIL WAWANCARA
1.      Pendapatan dan Pengeluaran Rumah Tangga Keluarga Syamsul
Dari hasil wawancara yang saya lakukan pada tanggal 19 april 2015 bahwa pendapatan keluarga bapak Syamwari perbulan sebesar 1.500.000 rupiah. Sedangkan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok perminggu rata-rata 450.000 rupiah. Jika di jumlahkan selama satu bulan maka pengeluarannya sebesar 1.800.000 rupiah. Artinya terjadi ketidak seimbangan antara pendapatan dan pengeluaran.
Menurut keluarga pak syamsul 5 bahan pokok kebutuhan keluarga paling utama ialah :
a.       Beras
b.      Minyak
c.       Gula pasir
d.      Biaya sekolah
e.       Bahan bakar minyak kendaraan
2.      Pendapatan Rumah Tangga Keluarga Miftahul Amin
Dari hasil wawancara yang saya lakukan pada tanggal 19 april 2015 bahwa pendapat keluarga bapak Miftahul Amin perbulan sebesar 2.000.000 rupiah. Sedangkan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok perminggu kira-kira 500.000 rupiah, jika di jumlahkan selama satu bulan maka pengeluarannya sebesar 2.000.000 rupiah. Jadi, pemasukan dan pengeluaran keluarga bapak Miftahul Amin seimbang.
Menurut keluarga pak Miftahul Amin 5 bahan pokok kebutuhan keluarga paling utama ialah:
a.       Beras
b.      Biaya sekolah
c.       Bumbu dapur
d.      Ikan / Ayam
e.       Gas elpiji
3.     Pendapatan Rumah Tangga Keluarga Hendra Hidayat
Dari hasil wawancara yang saya lakukan pada tanggal 19 april 2015 bahwa pendapat keluarga bapak Hendra Hidayat perbulan sebesar 5.000.000 rupiah. Sedangkan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok perminggu kira-kira 750.000 rupiah, jika di jumlahkan selama satu bulan maka pengeluarannya sebesar 3.000.000 rupiah. Jadi, pengeluaran tidak melebihi pemasukan dan masih banyak sisa untuk di tabung.
Menurut keluarga pak Miftahul Amin 5 bahan pokok kebutuhan keluarga paling utama ialah:
a.       Beras
b.      Gas elpiji
c.       Daging/ Ayam/ Ikan
d.      Bumbu dapur
e.       Biaya asuransi
4.     Pendapatan Rumah Tangga Keluarga Suwito
Dari hasil wawancara yang saya lakukan pada tanggal 19 april 2015 bahwa pendapat keluarga bapak Suwito perbulan sebesar 1.750.000 rupiah. Sedangkan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok perminggu kira-kira 350.000 rupiah, jika di jumlahkan selama satu bulan maka pengeluarannya sebesar 1.500.000 rupiah.
Menurut keluarga pak Miftahul Amin 5 bahan pokok kebutuhan keluarga paling utama ialah:
a.       Beras
b.      Bumbu dapur
c.       Telur
d.      Sayuran
e.       Gas elpiji
5.     Pendapatan Rumah Tangga Keluarga Bachtiar
Dari hasil wawancara yang saya lakukan pada tanggal 19 april 2015 bahwa pendapat keluarga bapak Miftahul Amin perbulan sebesar 4.000.000 rupiah. Sedangkan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan pokok perminggu kira-kira 750.000 rupiah, jika di jumlahkan selama satu bulan maka pengeluarannya sebesar 3.000.000 rupiah. Jadi, pemasukan dan pengeluaran keluarga bapak Miftahul Amin seimbang.
Menurut keluarga pak Miftahul Amin 5 bahan pokok kebutuhan keluarga paling utama ialah:
a.       Beras
b.      Minyak
c.       Daging/ ayam/ ikan
d.      Gula pasir
e.       Buah-buahan
E. Kesimpulan
Dari hasil wawancara tentang pendapatan dan konsumsi dapat disimpulkan antara lain:
1.      Besarnya pendapatan keluarga pak hendra lebih besar dari keluarga pak samsul, pak miftahul amin, pak suwito dan pak bachtiar.
2.      Semua keluar yang menjadi informan sepakat bahawa kebutuhan paling prioritas adalah  beras.
  1. Semakin tinggi pendapatan maka pengeluaran konsumsi juga semakin besar.
  2. Besarnya pendapatan yang tidak dikonsumsi dapat dijadikan sebagai  tabungan keluarga.
F.  Saran
Dari hasil yang diperoleh dalam menggunakan pendapatan, diberikan beberapa saran sebagai berikut :
  1. Pengeluaran jangan sampai melebihi pendapatan yang diterima.
  2. Menghemat pendapatan untuk pengeluaran, jika kebutuhan tidak begitu penting tidak perlu mengeluarkan uang.
  3. Tidak baik, jika keluarga terlalu mengkonsumsi barang yang tidak dirasa penting (konsumtif), lebih baik digunakan untuk keperluan penting di masa yang akan datang.
  4. Sisa pendapatan sebaiknya ditabung untuk menjaga jika ada kepentingan mendadak yang membutuhkan uang segera.
  5. Melakukan rekapitulasi pendapatan dan pengeluaran setiap bulan agar pendapatan dan pengeluaran dapat diketahui tiap anggota keluarga sehingga dapat mengontrol semua kebutuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini