Senin, 16 September 2013

Syifa Thoyyibah
PMI 5
Demografi
Populasi Manusia
Video demografi Dr. Joel cohen, menceritakan tentang populasi manusia di masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Menurutnya populasi manusia didunia sekarang sudah mencapai 7 milyar, hal itu disebabkan karena masalah kependudukan yaitu ;
1.      Masih banyak orang di dunia kelaparan.
2.      Masih banyak orang yang tinggal di pemukiman kumuh.
3.      Masih banyak orang yang buta huruf.
4.      Dan jutaan perempuan tidak memiliki akses terhadap alat kontrasepsi.
 
A.    Populasi manusia di masa lalu
Populasi manusia telah dikalikan dengan seribu sejak penemuan pertanian. Dan di tahun 2012 populasi manusia meningkat dengan cepat menjadi 7 milyar manusia di planet bumi ini, dan akan membahayakan kesejahteraan kita sendiri. Demografi memungkinkan kita untuk membayangkan dan membayangkan kembali bagaimanana masa depan nantinya jika tiap tahun populasi manusia makin cepat bertambah. Populasi manusia masih berkembang, tetapi pada tingkat yang masih lambat. Dan meskipun memperlambat pertumbuhan penduduk, pertumbuhan penduduk cepat masih menjadi masalah kependudukan. Dan karena  akses ditemukannya  lahan baru, revolusi industri, dan banyaknya kesempatan kerja, maka menyebabkan orang-orang bermigrasi, dan akhirnya populasi itu tumbuh
B.     Populasi manusia di masa sekarang
Populasi di negara-negara kaya( negara maju) , pendapatan negara mereka mencapai $32000/tahun, sedangkan populasi di negara-negara miskin (negara berkembang) hanya $500/tahun. Kemudian Negara-negara kaya (negara maju) memanfaatkan kemakmuran dari pembangunan negara miskin dengan :
1.      Pertumbuhan Ekonomi.
2.      Kesehatan masyarakat.
C.     Popoulasi manusia di masa depan
Populasi dunia di tahun 2012-2050 dapat diprediksi :
1.      Populasi manusia akan bertambah lebih besar.
2.      Populasi manusia akan tumbuh lebih lambat.
3.      Populasi manusia akan lebih tua.
4.      Populasi manusia akan lebih ke perkotaan.
Populasi manusia di dunia di tahun 2012-2050 yang kurang dapat diprediksi, yaitu :
1.      Migrasi
2.      Struktur rumah tangga
3.      Keluarga
Populasi manusia di masa depan bisa lebih besar, lebih lambat ataupun lebih tua. Pertumbuhan penduduk bisa diakhiri sebelum tahun 2100 jika kita :
1.      Mendidik perempuan
2.      Memberikan kredit untuk perempuan
3.      Memberikan kesehatan produksi
4.      Meningkatkan usia perkawinan.
Jadi, populasi manusia sangat bergantung dengan ekonomi, lingkungan, dan kebudayaan. Dan Demografi memberi alat dan perspektif analisis untuk memahami dunia sekitar, memberi peralatan untuk memecahkan masalah mental dan demografi juga adalah sarana untuk campur tangan lebih bijak dan efektif di dunia nyata untuk meningkatkan kesejahteraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini